Senin, 11 Januari 2016


for everytime i wonder, what should i do with this feeling.

Kamis, 07 Januari 2016

red tulip


Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10-70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal yakni merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.
  
Pada mulanya bunga Tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat. Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga Tulip dan mulai membudidayakan bunga tersebut sejak tahun 1000 M. Motif-motif bunga Tulip sudah sejak lama banyak dipakai dalam seni ornamen Persia dan Turki. Nama yang diberikan orang Eropa untuk Tulip berasal dari bahasa Persia untuk sorban (bahasa Persia: دلبنت, dulband) karena bunga Tulip ketika belum mekar sepenuhnya bentuknya terlihat seperti sorban.

Jenis-jenis Tulip yang sudah dikenal sejak zaman dulu mempunyai motif garis-garis, coretan kuas, jilatan api atau mempunyai warna lain pada bagian-bagian tertentu daun bunga, sedangkan jenis-jenis yang lebih baru mempunyai pola aneka warna pada daun bunganya. Sentuhan warna lain pada warna dasar bunga Tulip disebabkan perubahan pigmen di bagian atas dan bagian bawah bunga.

Infeksi virus mosaik yang dibawa serangga sejenis kutu menyebabkan terjadinya jenis Tulip langka dengan motif indah seperti coretan kuas yang diburu orang Belanda sewaktu demam bunga Tulip mania. Virus mosaik menyebabkan tanaman Tulip menderita dan mati perlahan-lahan, walaupun bunga yang dihasilkan menjadi sangat indah. Sekarang ini, virus mosaik dapat dikatakan sudah hampir musnah dari ladang-ladang bunga Tulip.

Di Kerajaan Ottoman dan Belanda, tingginya permintaan atas Tulip yang tidak diimbangi pasokan yang cukup menimbulkan fenomena yang disebut Tulip mania. Permainan harga Tulip oleh para spekulan juga menjadi salah satu sebab kemunduran ekonomi Kesultanan Ottoman.

Belanda setiap tahunnya mengirimkan bunga Tulip untuk ditanam di kota Ottawa sebagai ucapan terima kasih kepada Kanada yang membebaskan Belanda dari Nazi Jerman dan sewaktu zaman pendudukan bermurah hati menyediakan tempat bermukim Ratu Juliana yang pada waktu itu masih puteri mahkota.

Bunga Tulip merupakan suatu simbol cinta dan indahnya kehidupan dunia. Berbicara mengenai keindahan bunga Tulip yang selalu indentik dengan negara Belanda memang tidak ada habisnya. Karena kecantikannya banyak orang yang sulit untuk mengungkapkannya dengan kata-kata. Bahkan hanya untuk melihat pemandangan yang luar biasa indah dari bunga-bunga berwarna segar dan cerah tersebut, banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk berkunjung ke negara Belanda. Negara Belanda adalah surga taman bunga yang memukau sepanjang tahun, bahkan ketika musim semi telah berganti. Anna Paulowna adalah salah satu nama kota di negara Belanda yang menjadi terkenal karena keindahan taman-taman bunga Tulipnya. Kota tersebut terletak di bagian Belanda sebelah utara (Noord Holland). Anna Paulowna adalah nama yang dimiliki oleh istri raja Willem II dari Belanda yang berasal dari Rusia. Kota tersebut dinamakan seperti itu untuk menghormatinya. Wisatawan yang berkunjung ke taman-taman bunga di kota Anna Paulowna akan selalu dapat melihat dan menikmati pemandangan yang tidak terlupakan dari keindahan bunga-bunga ciri khas negeri kincir angin tersebut.

Pada bulan Maret di Belanda, terlebih dahulu mulai mekar bunga-bunga Crocus, lalu setelah itu diikuti dengan mekarnya bunga-bunga atraktif yang bernama Narsis/Dafodil (Narcissus). Pada musim semi yang dikenal sebagai musim yang paling indah dan romantis, dimulai dari bulan April hingga pertengahan Mei, bunga-bunga Tulip dan Hyacinths dengan warna-warna cantik dan cerah mulai terlihat bermekaran sehingga membuat pemandangan di kota menjadi penuh warna yang hidup. Untuk menikmati keindahan dari pesona bunga Gladioli yang manis ada saatnya tersendiri, yaitu di bulan Agustus.

Bunga telah menjadi suatu industri dan komoditas di negara Belanda yang terus mengalami perkembangan yang baik dan pesat sejak abad ke 20. Karena perkembangannya itu, di kota-kota penghasil bunga di negara Belanda banyak bermunculan balai lelang, koperasi petani dan pusat perdagangan bunga. Sejak saat itu Belanda menjadi produsen bunga dalam jumlah besar hingga sekarang. Sehingga banyak negara di seluruh dunia termasuk Indonesia mengimpor bunga dari Belanda.

sumber : ini nih


wahwah, setelah sekian lama, saking lamanya saya sampe lupa kapan terakhir kali ngegombalin pembaca dengan filosofi bebungaan, wkwk. kali ini giliran si kembang Belanda yang jadi korban keisengan saya nambahnambah postingan blog. untuk asal muasal dan info penting bunga Tulipnya sepertinya sudah cukup jelas dengan keterangan di atas, yaa, saya juga tepok tangan pas copas artikelnya, meni cerdas pisan yang buat tulisan :)

lah, terus apa dong yang mau kamu tambahin, Nay, kalau semua info udah dari blog orang? yaa, gue kan bagian gacin-gacin-in sama baper-baper-in yang baca aja, sik, karena yang akan wa bahas adalah........ JENGJET TULIP MERAH, atau RED TULIP ((yaiyalah)) ((tinggal di-Inggris-in aja)).

kenapa milih Tulip Merah? karena :


tuh, gimana ga pilih yang ini, cakep gini. yaa bukan itu juga alasannya, selain karena bunganya yang memang indah, dan cerah, tulip yang berwarna merah lebih berkesan dan apa yaa, i'm sorry to say this, "menggairahkan" bukan konteks seksual, yaa ((yaa Allah, lagi puasa)) tapi lebih ke membuat diri dan jiwa bersemangat aja ngeliatnya. plus kalau dia ada di taman atau kebun bunga, yang sepetak sepuluh petak isinya kembang tulip warna merah semua, kan kayak pengen tiduran di atasnya, sih #gak ((kok malah ngerusak)).

 

plus, si merah ((Liverpool kalik)) ini punya filosofi yang lebih panjang dari warna lain, maksudnya lebih punya cerita, tapi intinya merah melambangkan cinta. 

Bunga Tulip merah digunakan untuk mengungkapkan cinta. Tulip merah adalah lambang keyakinan cinta sehingga cinta sejati dapat dikaitkan dengan bunga Tulip berwarna merah ini. Konon, seorang pangeran Turki bernama Farhad jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Shirin. Kematian Shirin meninggalkan Farhad dalam kesedihan dan putus asa sehingga dia melompat dari atas tebing. Tetesan darah Farhad muncul pada Tulip merah sehingga Tulip ini melambangkan cinta tanpa pamrih.



nah, ngerti, kan? malah ada namanya segala tuh, bonus sekalian, penggamblangan cerita. hkhkhk. jadi, tulip merah ini lebih khusus ke pengungkapkan perasaan, mungkin sejalan dengan red rose kali, yaa, untuk menyatakan cinta. selain karena merah dalam dunia bunga memang menjurus ke sana, sepertinya semangat dalam warna ini juga berpengaruh untuk meluluhkan sekaligus meyakinkan hati pasangan #matek.

after years


aku sudah berjalan begitu jauh
hanya untuk berhenti dan berbalik kembali menujumu
apakah kau sedang tertawa saat ini?
menertawaiku yang tak mampu bahkan beranjak sehastapun dari kenangan bersamamu
yang bahkan sudah kau tutup rapat dan kau sematkan dalamdalam ke sebuah peti mati
untuk kau kubur bersama separuh jiwaku

sementara sekalipun aku tahu rasanya tercabik
hatiku tetap berdebar bahkan saat hanya menemukan namamu
mengapa begitu sulit
sedang aku tak ingin mendendam pada takdir
sedang aku tak mampu melawan segala kehendak pemilik semesta

bertahun berlalu
dan aku masih saja menemukanmu di manapun mataku menjatuhkan pandangannya
padahal bertahun lalu
kau sudah dengan sangat sempurnanya menghancurkan semua inginku
tanpa sekalipun kau tahu

mengapa kau tak pergi jua?
mengapa masih berdiri di tempat yang sama saat aku yakin meninggalkanmu
mengapa kau selalu maju selangkah sementara aku tak mampu mundur
sekalipun aku selalu meyakinkan hatiku untuk berhenti
dari semua kegilaan ini

bertahun yang lalu,
sementara kau mencoba menghapus air matamu
ia menetes di pipiku
menganak sungai
dan menggoreskan jejak yang tak pernah bisa kuhapuskan
 
mengapa mencintaimu begitu sulitnya?
bahkan saat aku tahu, tak ada satupun kesempatan

**yassalam, apa ini? sekalinya balik nulis kok masih aja galau ((udah 2016 juga))

ps. dari sekian banyak kesempatan untuk berhenti dan melupakan, di saat aku yakin pada semua keputusan, mengapa kau selalu ada dihadapanku dan menggagalkan segala keteguhan?