Rabu, 03 Juni 2015

2015 may's read


bulan ini dibuka dengan karya terbarunya Wow Konyol yang memakai nama aslinya, Ronz Imawan, Perfect Mistake. sama dengan project bukunya sebelumnya Truth or Dare, Perfect Mistakes merupakah kumpulan cerpen buatan Onyol dan beberapa karya ciptaan followersnya. menurut wa sih, masih lebih bagus ToD, lebih kena aja dengan jalan ceritanya, dan lebih greget, twistnya lebih dapet. PM ga begitu. ratarata jalan ceritanya mudah ditebak dan dari sisi tulisan terlihat belum matang. dan kisah yang dikarang oleh Onyol sekalipun menurut saya kurang bertaring kali ini, terlalu banyak katakata puitis ((meskipun saya stabiloin juga, sik)) tapi ceritanya kurang kuat, entahlah, saya ngerasa ToD better aja.
☺☺☺

ada Poirot dengan judul Kubur Berkubah kali ini. deeeeenggggg, boring abis, serius. kayak yang, kepanjangan prolog, bikin bosen, sekalipun nih yaa, sumpah endingnya tuh indah banget untuk sekelas novel pembunuhan, tapi yaa ceritanya ngebosenin, saya jadi lompat ke bab akhir karena ga tahan dengan kegaringannya, sementara twist dan pelaku pembunuhan yang terbongkar bikin kaget dan ngenes, sayangnya ga punya cukup kesabaran untuk itu.
☺☺

The Name of The Rose membuat saya kehilangan 87 ribu dengan siasia karena tergiur ratting goodreads. sekesel itu, yaa Tuhan. langsung ngerasa, kenapa sik, bukubuku yang saya pilih bulan ini kacau semua. sayang banget tadinya wa kira ini sejenis Robert Langdon, tapi, duh Kristiani sekali. iya, sih, gue emang lagi kepengen baca -ahem- something like alkitab, atau taurat injil zabur gitu, tapi ga ke kisah pendeta dan biara yang njilimet dan mutermuter kek gasing gini. sedih. tapi lain kali, nanti saat saya punya cukup banyak waktu untuk memakai sisasisa kekuatan otak saya, akan saya re-read dengan baik dan benar. xoxo.


kemudian ada Buli-Buli Lima Kaki. sekumpulan puisi yang bikin otak saya jungkir balik. sedikit vulgar, dan bikin nahan napas untuk beberapa bait yang ada. tapi, gimana, yaa. mungkin karena saya bukan anak sastra, hanya penikmat katakata jadi tidak bisa menilai dengan makna, hanya sebatas suka dan tidak suka #lah #keterusan
☺☺

ada Indonesia X Files yang berhaasil bikin saya penasaran dnegan sinopsis dan janji manisnya. tapi apalah daya, janji hanya tinggal janji tapi kok bukunya begini? saya sedih kenapa sih bulan ini bukubuku yang saya baca bikin sesak, yang mana artinya belum menemukan bahasan pas untuk memberikan ratting lima bintang. IXF buku pertama ini mengisahkan tentang kasuskasus yang diketahui penulis yang merupakan dokter forensik yang terkenal dan salah satu yang terpenting di negeri, kasuskasus yang sekiranya sangat janggal dan membuat kening berkerut karena tidak menemukan penjelasan memuaskan. dan sayangnya, tadinya saya berharap penulis sedikit memberi bocorang pendapatnya untuk pelakupelaku dalam kasuskasus yang ada, namun apa daya rasa penasaran saya digantung begitu saja.
☺☺
 
hallo hallo, ada Diaz di sini! hey, siapa Diaz? calon pengganti Roarke seandainya Cry No More punya mbak Linda Howard ini berseri. serius. kali ini saya nemu yang ada kisah cinta dan ada gaya kriminal di novel yang dari sampulnya aja saya udah tau ini novel dewasa, tapi pas milih pas lagi bazaar dan sinopsis belakangnya kok yaa minta dibawa pulang banget bukunya.
☺☺☺☺

Ayat-Ayat Semesta. wuaaaahhhh, suka sekali dengan genre seperti ini. kayak dikasih martabak topping kelapa ketan tau, ga? serpihan Firdaus yang turun ke bumi, xoxo. penulis yang merupakan salah satu bagian penting dalam ilmu Fisika di Indonesia dan Jepang ini memberikan banyak sekali ilmunya untuk kita belajar membaca tanda -tanda alam. di buku kali ini dijabarkan apa saja ayat kauniyah yang ada dalam Al Qur'an. tidak dijelaskan satu per satu memang, itulah minusnya. tapi karena beliau adlaah dosen Fisika jadi menghubungkan segala sesuatunya dengan ilmu eksak yang satu itu. mungkin di buku keduanya akan ada penjabaran lebih lanjut.
☺☺☺☺

say hi to Sir Arthur Conan Doyle dengan The Sign of Four nya. sudah pernah dibaca, hanya dalam buku yang berbeda. saya nih penasaran dengan cerita versi panjangnya, ketemulah buku ini. yaa sebenernya banyak, sih, buku cetakan untuk Sherlock. kali ini Holmes akan menjadi salah satu perantara untuk kebahagiaan dr. Watson. TSoF berkisah tentang penyesalan dan balas dendam masa lampau, yang membuat Mary seorang gadis yang ditinggal mati ayahnya mendapat kiriman mutiara setiap tahun di tanggal yang sama, dia yang penasaran menemui Holmes yang sedang senggang dan ga punya kerjaan, membuat mereka bertiga bertemu kisah panjang dan menegangkan.
☺☺☺☺


Ford Country adalah salah satu buku yang saya dapat di bazaar Gramedia awal tahun ini, dan saya bersyukur tidak menghabiskan banyak uang untuk  buku yang sangat membosankan #maafkan saya ga bisa review singkat, yaa gimana, dong, sayanya aja ga baca semuanya.

ada bukunya Ust. Felix Siauw, Ghazi 2. duh, seharusnya para penulis itu berhenti bikin karakter Villain yang menggoda #duhdek dibuku kali ini lebih menceritakan bagaimana kelahiran Vlad Dracula dan Klan Draculesti. ada sih tentang Kesultanan Turki tapi ga mendominasi, saya suka penggambarannya, dan jalan ceritanya. tapi jujur aja kebanyakan deskripsi yang menurut saya ga terlalu penting. kali ini diceritakan tentang kelahiran Vlad dan Mahmed II, bagaimana masa kecil mereka, dan bagaimana mereka bertemu. pengkhianatan ordo naga dan perjuangan kaum muslimin mempertahankan daerah kekuasaan.
☺☺☺

 
Pembunuhan di Sungai Nil. aduh, saya suka sekali dengan yang ini. ga tau, deh, kenapa cerita Poirot yang temanya pembunuhan saat liburan itu selalu bagus. kali ini saat ia memutuskan untuk tur ke Mesir, menghabiskan uang dan masamasa tenang setelah pensiun, ternyata masih saja ada pembunuhan yang mendatangi. resiko jadi tokoh detektif sih, yaa. sebenernya sejak awal dengan penjabaran yang dikasih Agatha Christie udah bisa ketebak siapa pelakunya, kenapa, dan apa motifnya. tapi kali ini benarbenar diputarbalikan sampai kita tidak tega menunjuk seseorang yang sejak awal sudah jelas adalah pelakunya. dan sekali lagi, Poirot menunjukkan kemampuannya menjodohkan orang lain.
☺☺☺☺

and here's come, Norwegian Wood! hell yeah, setelah sekian lama menanti kapan Gramedia akan memunculkan novel ini lagi. ketemu secara ga sengaja ((kayak jodoh aja)) #duhdek akhirnya saya mendalami #sok #gaya kisah hidup Toru Watanabe. bermula dari kisah ia hidup bersama sahabat dan kekasih sahabatnya, sampai sahabatnya tersebut memutuskan bunuh diri dan mengubah semua jalan cerita hidupnya yang sebelumnya normalnormal saja. tenang, nanti saya review lebih lanjut ((ga ad ayang nyari)) setelah saya nonton filmnya ((yang ternyata ada)). ehehehehe. intinya, saya suka sekali novel ini, sekalipun yaaah yaaah yaaah :))
☺☺☺☺

Tidak ada komentar: