Senin, 02 Maret 2015

2015 february's read


akhirnya saya ketemu juga dengan Naked in Death! rasanya mau teriak pas liat ada buku ini di bazaar, tinggal satusatunya, tidak tersampul. Eve, apakah kita jodoh? huhu, saya ga tau harus lebih cinta yang mana Eve atau Roarke, duaduanya mi favorita! Eve, dengan keteguhannya menjalani kehidupan, ceplasceplosnya, lurus pemikirannya, tidak macammacam, dan huhu sangat saya sekali ((JANGAN NGAKUNGAKU KAMU, NAY!)), dan Roarke? yaa Tuhan, kenapa yang begini cuma ada di dunia fiksi dan tergambar sempurna dalam khayalan? the perfect husband material ever ((tapi kamu masih kalah sama Robert Langdon, mz)) ((YHA)). Eve menemukan Roarke saat pria itu masuk ke dalam daftar tersangka pembunuhan cucu senator Amerika, yang secara brutal dilakukan oleh seorang maniak, "satu dari enam" begitu pesan pembunuh di tempat kejadian perkara, membuat Eve memutar keras otaknya untuk menyetujui nalurinya bahwa Roarke tidak bersalah sekalipun di pembuhunan kedua pria itu tidak punya alibi sama sekali. dan, oh, jangan lupakan kalau ternyata kucing mereka itu milik Eve.

Poirot Investigates. kumpulan kasuskasus pertama Poirot yang menurut saya asik sih, tapi untuk detektif dengan metode kayak Poirot, bagi saya tipe kasus yang pendekpendek lebih cocok buat yang metodenya kayak Holmes ((JANGAN BIASED)) ((ENGGA, KOK)). Poirot lebih seru kalau buat cerita yang satu buku aja untuk satu kasus, yaa cerita di buku ini ga jelek, cuma kurang greget aja, lebih banyak ketawa karena kelauan Kapten Hasting, sih. trus semua kisah lewat pov nya Hasting, bikin saya inget satu hal tentang novel detektif, bahwa kita tidak pernah menemukan pov dari detektif itu sendiri, kalau kalau sudut pandangnya dari peran utama, yaa selevel Sherlock atau Poirot begitu masuk TKP aja kasus udah keburu selesai.

kemudian ada kumpulan cerpen pilihan kompas 2004, Sepi pun Menari di Tepi Hari. yaa sebenernya ga nyambungnyambung amat sama beberapa cerpennya yang kayaknya ga satu tema ini, tapi ada yang bagus, sih. saya suka, sekalipun banyak yang "baca aja, deh. masa mau di skip" hehehehe. HEHEHEHEH.

Avicenna: Dokter dan Filsuf Muslim Abad Ke-11 adalah sebuah buku biografi mengenai Ibnu Sina, atau yang di Eropa dikenal sebagai Avicenna. sebenernya kepengen beli lanjutan seri tokoh muslim lainnya, tapi agak rancu sih sama edisi yang ini, bagus, tapi bukan jenis biografi yang gue suka. terutama pas awalnya ga langsung ke inti, kebanyakan prolog. prolognya bukan yang berhubungan langsung, dan kurang mengupas lebih jauh mengenai karyakarya Ibnu Sina.

terus ada kisah detektif kesayangan, A Study in Scarlet. sebenernya udah baca cerita yang ini, cuma kepengen re-read lagi aja dnegan edisi yang berbeda. kisah pertama Holmes, ditulis 1886, diterbitkan satu tahun kemudian, dan belum menjadi kisah yang sangat populer di Inggris sana, hanya mendapat reaksi yang tidak bisa dibilang hebat. tapi siapa sangka, dari Penelusuran Benang Merah inilah detektif nomer satu di dunia lahir dan memukau setiap orang. ahey!

mampussssss, yang ini gue cinta banget. suka banget. sayang banget sama Eve Dallas. Reunion in Death. sinting! tolong jangan halangi saya mencintai Letnan Divisi Pembunuhan NYPSD ini. sesayang itu sama Eve, kayak, yaa Tuhan, jangankan Roarke, gue pun bakal ngelakuin segala hal untuk ngapus kenangan buruk masa kecil Letnan satu ini. sukaaaa banget sama adegan terakhir di mana Eve ngehajar Julliana, puas bener rasanya itu penjahat babak belur sampe pingsan sama Eve sebelum masuk penjara lagi. nanti saya review lebih lengkapnya, deh, pas waktunya udah dateng ((nunggu lama)) ((gpp, sabar, yaa, hatiku)).

Notes from Qatar. tadinya, saya pikir bukunya "wah" ada tulisan best seller dan punya seri 2 dan 3 nya pula. ga taunya setipe dnegan "bukan untuk dibaca", yaa maafkan. bukan ga suka atau gimana, tapi yaa mungkin karena penasaran aja, sih, akhirnya milih baca buku ini. i mean, kalau untuk level anak sekolah atau mahasiswa iya juga, memang direkomendasikan, dan yah mungkin maksud penulisnya juga begitu.

pertama kalinya baca Agatha Christie selain Poirot. dan dengan ratting lumayan di goodreads, pede banget bakal dapat kejutan dna kesenangan. tapi ternyata, huhuhu. di saat seperti inilah saya jadi penasaran dengan novel ver bhs inggrisnya, yang asli, bukan terjemahan. saya penasaran apakah di novel aslinya ceritanya yaa cuma begini doang? ga jadi saya kasih lima bintang, kecewa, sekalipun idenya menarik. N or M?

ada Tasawuf untuk Kita Semua uwaaaaa, give me more books about this! suka banget. isinya sih monoton, bakal bikin kamu bosen terutama untuk yang udah menyelami dunia sufi. tapi, ini bagus banget. kayak kamus sufi gitu. penjelasan istilahistilah sufi-isme bagi pemula, bagi semua orang yang ingin mengetuk kehidupan sufi. layal kamu punya kalau kamu mau memperdalam kehidupan dan ilmu tasawuf.

Survivor in Death! Tuhankuuuuu, gimana caranya ga jatuh cinta dengan Eve Dallas? seri ke-20 kali ini berkisah tentang pembantaian sebuah keluarga yang harmonis dan menyenangkan, suami, istri, anak lelaki, dan teman anak perempuan, serta pembantu rumah tangga tewar dengan luka sembelih di lehernya. Eve bertugas menemukan tersangka, menyelamatkan anak perempuan yang menjadi saksi tindak kejahatan tersebut, dan menunjukkan keadilan kepada pelaku. duh, soooo complicated dan bertumpuktumpuk. dan satu hal yaa setiap baca in Death series ini, kenapa sik korban pembunuhannya ga cukup satu?

ada kalanya kisah tentang diri sendiri tidak sebegitu harus diungkapkan, bukan? saya pikir ibuk, bukanlah sebuah novel yang berkisah tentang kisah nyata, tapi ternyata....huhu, saya bukannya ga suka, tapi lebih kepengen kalau dia lebih berimajinasi dengan menggambarkan bahwa tokoh dalam buku ini bukanlah keluarganya, tapi yaa sukasuka penulisnya, sih.


PS : sebenernya masih ada satu buku lagi, Api Sejarah. cuma yaa, gue ga tau kenapa giliran baca buku penting yang pake mikir begini gue lambatnya ngalahin siput.

3 komentar:

Loki Arawari mengatakan...

Maaf, ada apa ya?
Sudah 2 mingguan tidak ada update dari Kak Nur'aini. Saya menunggu tulisan-tulisan kakak, hehe

Nur'aini Tri Wahyuni mengatakan...

Hai, Loki, salam kenal ((aduh, saya jadi ingat kucing saya, pernah punya kucing yang saya kasih nama Loki, heheh)). trimakasih sudah mau membaca tulisan di blog ini, baru aja mau update, nih. semoga bermanfaat selalu, yaa.

Loki Arawari mengatakan...

Kenapa jadi kuciing -..-
Dewa penipu yak padahal ..
Iyaw, semangat h-90 Ramadhan Kak!