Senin, 02 Februari 2015

2015 january's read


dimulai dengan karyanya Tasaro G.K. oke, sudah lama penasaran dengan penulisan author yang satu ini dan ketemu dengan karyanya yang jujur aja tertarik saat liat judulnya yang begitu romantis #azeq. Aku Angin, Engkaulah Samudra. berkisah tentang persabatan Maru dan Samu. air dan angin. tentang kisah pencarian jati diri dan persahabatan. ide ceritanya bagus, penjabarannya pun begitu, konflik GAM, tsunami Aceh, semua terasa begitu nyata. sampai akhirnya saya yang, "ini sapa, sih, editornya? kok mengganggu mata sekali typo kata ganti orang pertamanya, antara aku dan nya.". serius, senyambungnyammbungnya sekalipun bagian kakau udah kata gantinya ancur begini tuh bikin emosi, yang tadinya nyaman bacanya jadi harus mikir dulu, kan. selebihnya bagus, kok, tapi typonya bikin, "lu ga usah beli dah, pinjem aja", gitu.

selanjutnya ada 1q84 ((yang lebih sering saya sebut iq84)), sudah dibikin revies -ga jelas-nya di sini sila dicek sendiri, yaa. yang jelas saya bahagia dengan happy ending Tengo dan Aomame, meskipun kesel karena penjelasan atas pertanyaanpertanyaan yang berkecamuk selama ini ga ada, eh, atau guenya aja yang bego? tapi sii intinya saya kepengen baca bukunya kakek Haruki Murakami yang lain, mau mau mau. -___________________-

Lelaki Pendek, Hitam, dan Lebih Jelek Dari Untanya. sebuah buku yang paling cocok dibaca oleh aktivis dakwah kampus, hahahaha. tipetipe buku yang harus kamu bawa kalau kamu ikut forum yang ada tausiyahnya. ini serius. karena tausiyah itu kan ga cuma buat orang lain tapi buat diri sendiri, semakin dibaca, disampaikan, kamu akan semakin paham. dan buku ini salah satu sumber yang bagus.

kemudian ada buku yang ((katanya)) best seller 2014, udah ada filmnya, dan box office sekalipun ga masuk ke Indonesia, plus review yang luar biasa dan juga komentarkomentar media sosial yang ga kalah penuh pujian. salahkan otak gue yang mungkin ga sampe, tapi Gone Girl bukan bagian dari semua itu dalam dunia gue. oke, sisi sikopat dan kekejaman suami-istri yang menarik, penulis membangun image Nick dan Amy pelanpelan, tapi jangan salahkan kebosanan yang melanda pembaca. jujur aja, ga ada sesuatu yang bikin, "heeiiii, apa selanjutnya yang dilakukan Amy ke Nick, apa selanjutnya yang akan terjadi?" plus twits yang mengecewakan. huhuhu, saya berharap Amy melakukan lebih dari penyerahan diri ke suami tukang selingkuhnya itu, sayang semua tidak terjadi karena bukan saya penulisnya, wkwkwkwkwk.

pertama kalinya baca Paulo Coelho. dan ga nyambung. maafkan. mungkin otak saya yang ga sampe sama tulisan bapak ini. Sebelas Menit, menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Maria sebagai seorang pelacur ((apa gue salah pilih tema?)), jangan tanya jalan ceritanya, gue udha puyeng duluan. bye.

Chicken Soup for The Cat Lover's Soul. dari judulnya aja udah ketauan tentang apa. kisahkisah kucing selalu memikat, dan kayaknya kalau di luar negeri itu kucingnya pinterpinter, yaa? berisikan banyak kisah ((biasa, sup ayam kan emang begitu bukunya)), dari yang lucu sampe yang bikin saya nahan air mata di angkot.

kemudian ada Shalahuddin Al Ayyubi, dan Perang Salib III yang tolong jangan ditanya, saya ga nyambung banget kebanyakan tahun dan namanama tokoh, plus tulisannya padat merayap ((kok nyalahain)) jadi saya ga bisa riview. mungkin nanti dimasa tua akan saya baca ulang. ((yha))

Masuk Surga Walau Belum Pernah Shalat. jangan tertipu sama judulnya, ini buku berisi kisahkisah singkat mengenai orangorang shaleh yang mempunyai banyak manfaat.

Sphere. sebuah buku fiksi ilmiah yang sangat fisika sekali. "diculik" Hanif waktu dia maen ke rumah, huhu jahat. agak empet sama endingnya sih, sebenarnya, tapi overall ceritanya asik, banyak pengetahuan di dalamnya, dan bikin kerutan di jidat saya nambah banyak kayaknya. hehehehe.

kemudian ada Muhammad, Para Pengeja Hujan. huhu, akhirnya kebaca juga. buku biografi nabi Muhammad yang bagus banget. aduh, suka banget, beneran. belum lagi kisah Atusa yang keren banget, kan gue jadi ngebayangin Eve Dallas make baju zirah juga, yaa Tuhaaaaan. mungkin bukan yang terbaik dari sekian banyak buku biografi nabi Muhammad, tapi ini jelas satu yang ter-bikin lu ga mau naro bukunya turun dari tangan lu, karena beneran asik banget, dan tolong siapin tissue kalau mau baca buku ini, terlebih dibagian Tasaro G.K. memanggil nabi dengan panggilanpanggilan sayangnya.

berikutnya ada buku yang -ehem- sebenernya saya paksa untuk selesai, karyanya kakek Stephen King, under the dome.kalau versi bahasa indonesianya dijadiin dua buku. buku satu ceritanya asik, beneran bikin penasaran plus sudut pandang dari berbagai tokohnya ada. jadi, kita bisa tahu gimana rasanya waktu kubah itu turun bahkan dari sisi si korban, favorit saya pov hamster sama Barbie. tapi pas udah sampe pertengahan mau abis buku satu, tetiba aja kisahnya jadi monoton, ga asik, dan ngeselin. sedih lah sayanya. ditambah buku keduanya yang huhuhuhu sorry to say, bikin saya ga nyambung. jadi yaa, sudahlah, saya minta maaf yaa kakek Stephen, saya nyerah sama Under The Dome.

Al-asbun, Manfaatulngawur. nah, kalau yang ini asli buku ngawur tapi bener karangan Pidi Baiq. buat yang biasa baca serial Drunken yakinilah bahwa kalian akan kecewa jika tidak siap hati sejak awal membuka buku ini. hehehehe. cara penulisannya kayak nulis kitab suci, yaa dari pembukaannya juga udah dikasih tau sih ini buku apaan, dan yang bikin gemes ((atau kesel)) itu border halamannya, yasaalaaaam kecoa dong, ampun gue, dari mana lah surayah punya ide desain kek gitu.

i swear this is the best book i ever read! sorry for you, my dearest author, Sir Arthur. tapi beneran Buku Pintar Sains dalam Al Qur'an ini adalah buku yang sangat amat layal di baca, i promise when i have time for riview it i will give it for all of you, soon! :)


12 buku bulan ini, not bad laaa.

Tidak ada komentar: