Selasa, 04 November 2014

the purge : anarchy ; save your soul


bagaimana rasanya jika kamu hidup disebuah negara dengan peraturan 12 jam tanpa sistem keamanan apapun, sedang kalian diperbolehkan melakukan tindak kejahatan tanpa harus bertanggungjawab?


***

The Purge : Anarchy tidak bisa dibilang sekuel dari film pertamanya tahun 2013 lalu, The Purge, sekalipun punya ide yang sama. berkisah tentang Amerika pada tahun 2023 yang selama enam tahun sudah memiliki aturan sah mengenai "Hari Permbersihan". hari pembersihan adalah satu hari dimulai dari pukul 7 malam sampai 7 pagi keesokan harinya di mana seseorang bisa melakukan kejahatan apapun -termasuk pembunuhan- tanpa akan dikenai hukuman. film pertamanya menjelaskan tentang bagaimana sistem pembersihan itu terjadi, dengan tokoh satu keluarga kaya, terpandang, dan merupakan bagian dari pemerintah yang mengusulkan hari pembersihan yang justru menjadi korban pembersihan tetangganya sendiri. dengan ending yang, "aduhhhh, ngilungilu asik" :)


The Purge : Anarcy berkisah mengenai tiga kelompok manusia yang berjuang menyelamatkan nyawanya di tengah pengejaran terhadap mereka yang ternyata akan dijadikan korban pembersihan oleh orangorang kaya ((huhuhu, makin kesel sama orang kaya yang sok berkuasa, apalah arti harta yang ga bakal kalian bawa mati itu, cih)). 

pertama ada Eve dan putrinya, kemudian pasangan muda, dan satu lagi lelaki dewasa yang ingin menuntut pembersihan dari seseorang yang sudah membunuh putranya. ketegangan dimulai saat waktu pembersihan dimulai, dan semua orang yang melakukan pembersihan keluar ke jalan, ini lebih kompleks dibanding film pertamanya yang hanya berputar di satu keluarga dan lokasi.

begitu tujuan penangkapan diketahui maka rasa kesal terhadap orang kaya yang sok berkuasa meluap sudah. i mean, mereka ingin ikut dalam ajang pembersihan dengan membunuh orangorang miskin tidak berdosa hanya untuk mempermudah jalan mereka dan menambah kekayaan.

lalu, bisakah mereka berlima mengendalikan situasi, atau justru berakhir seperti kebanyakan orang tak berdaya dibawah pisau dan senjata?

***

saya ngarepin banget kejutan di akhir film seperti yang dikasih sama The Purge pertamanya, dan yah okelah di film ini memang ada kejutan yang sama sekali ga terpikirkan ((atau awa aja yang males mikir, yes? HEHE)), sayangnya film kedua ini jenis film action, gue harap kalau ada film ketiganya itu lebih kayak yang film pertama gitu bunuhbunuhnya, pelanpelan dan meninggalkan bekas kepedihan ((KOK PSYCO, SIK, NAY)).

Tidak ada komentar: