Jumat, 31 Oktober 2014

let's start again


i just throw back the memories i had one year ago.
just realize that i still have a heart attack and some hurt till now.
it just because ....


and now i just want to give the last sadness to end.
to the last crying, the last day i will hurting myself.....


and then, after that i can fight again, start again from the first, and feel free for try something new, just handle and control myself until i get what i want.
i just want to be happy.....


because all of us, all of people around this world, worthy to be happy.
it's not fair to hurting yourself, you should being happy and blessed.

just prepare yourself for a better life, for a beauty sunrise, for a perfect time to meet....


and then, you will find....

soulmate.


***

uhuhu, saya lagi suka banget ((dari dulu)) dan keranjingan kakek tersayang ini, Haruki Murakami. iyaa, tau si kakek mah too deep too dark, tapi gimana akunya cinta, ga bisa diatur dong hati maunya milih siapa #JENGJET

gimana captioncaption gue udah miripmirip belum sama si kakek? soalnya gue kan pernah ngakungaku tertereliye, kali aja sekarang awa udah terharukimurakami meskipun sebenernya kepengen terevedallas aja biar bisa dapet Roarke #yha #sudahlah.

Jumat, 24 Oktober 2014

commitment


belakangan ini selalu teringat dengan salah satu part dalam #vsfashionshow ((iyaa gue nonton Victoria's Secret)) ((gimana dong aduh Adriana-Candice)) di mana saat itu diperlihatkan bagaimana Adriana Lima berjuang untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti yang dia inginkan, bagaimana ia berolahraga dan bersemangat untuk mendapat apa yang ia tuju.

bukan soal tubuh ideal yang dia punya, tapi saya tertarik dengan kalimat terakhirnya saat ia berkisah tentang kegiatannya itu,

"when i love something, i commit."

trus yang keinget kalau belakangan ini sering deadlock dengan waktu yang dimiliki. bertemu dengan sebuah ke-tidak-produktifan akan kegiatankegiatan seharihari. yang semakin banyak tidurlah, yang lebih suka browsing dan internetan dibanding baca bukulah, dan halhal kecil lain yang merusak hal besar yang seharusnya saya lakukan.

dan sekarang, saya punya kata motivasi baru, komitmen. sebuah keadaan di mana saat saya ingin sesuatu, saya cinta pada sesuatu, saya harus komintmen dengan itu semua jika ingin mendapatkan hasil maksimal dan memuaskan setidaknnya untuk diri sendiri.

** nb : let me commit to being your favorite because i love you ngepet

Rabu, 22 Oktober 2014

still fallin'


you would think for all the days i’ve known you
that i would have you memorized by now
with every question answered,
every single page turned
but you just keep me on the edge somehow

and every day with you is still a mystery
the sweetest story's falling from your lips
and i hold on to every word,
like it’s the first one that i’ve heard
it’s the only time i’ve ever felt like this

after all this time you’d think i’d be
used to the pull of your gravity
but after flying so high for so long, who would think
i’m still learning, still burning, still falling
still falling

i still reach for your hand because i need it
your kiss is still the spark that lights a fire
you’re still laughing with me,
and we’re still making memories,
i’m still a fool for you, and there’s a million reasons why

after every late night street light drive
and every "Love you", "Miss you", kiss good night
girl, your name is still my favorite
always will be and i’m
still wanting, still all-in, i'm still falling

still falling,
still chasing, still nervous,
still reeling, dreaming about this

and after every sunrise holding you,
after all the crazy we’ve been through
every day and every minute, girl, it’s something new,
i’m still learning, still burning, yeah, still wanting, still all-in, still falling.

still falling.  


**popular by : Hunter Hayes

***

huhuhu, saya jatuh cinta dengan lagu ini. aduh gimana yaa, emang dasar romantic hopless tiap nemu lagu cinta menyemenye langsung jatuh hati ((yha)) ((gpp)).

saya pikir lagu ini harus ada di list lagu pas nikahan gue entar ((duh, dek)). dan kayaknya bakalan manis kalau diputer dalam ingatan pasangan, soalnya kan lagu ini berkisah tentang seseorang yang selalu jatuh cinta sama pasangannya tuh, dia selalu punya alasan untuk mencintai setiap hari.

selalu merasa saling membutuhkan, saling meabadikan kenangan satu sama lain, setiap hari adalah pembelajaran dan setiap hari adalah waktu yang ia habiskan untuk mencintai pasangan hidupnya. #sudahlah #bapersampetahunbaru #bye

Selasa, 21 Oktober 2014

love yourself first, spread the happiness


Vemale.com - Mencintai diri sendiri merupakan salah satu kewajiban penting dalam hidup. Kebahagiaan yang anda rasakan juga bergantung darinya. Jika Anda mencintai diri Anda dengan baik, akan lebih mudah bagi Anda untuk merasakan bahagia.
Agar dapat dengan mudah mencintai diri Anda sendiri, berikut ada beberapa tips, seperti dilansir creativespiritualwomen.com untuk Anda.

  • Mengetahui bahwa mencintai diri sendiri bukan berarti egois

    Cinta pada diri sendiri menjadi dasar bagi Anda untuk mencintai orang lain. Mencintai orang lain tanpa mencintai diri sendiri berarti Anda tidak benar-benar mencintai orang lain. anda justru akan membebaninya dengan pikiran negatif, penyesalan, dan perasaan Anda karena tak mencintai diri Anda sendiri.
  • Tidak mencintai diri sendiri adalah ego

    Tuhan menciptakan Anda dengan sempurna, syukuri nikmat yang telah Dia berikan dengan mencintai diri Anda. Jangan pernah berpikir Anda adalah seseorang yang tak pantas dicintai, padahal Tuhan telah memberikan segala hal yang Anda butuhkan, Tuhan mencintai Anda. Mengapa Anda tak bisa mencintai diri Anda sendiri?
  • Apa yang dipikirkan orang lain bukan urusan Anda

    Jika Anda membenci diri Anda karena orang lain, sebaiknya Anda berpikir ulang. Sebenarnya, apapun jalan yang Anda pilih, pasti ada yang tak sepaham atau sependapat dengan Anda. Karena itu, fokuslah untuk melakukan yang terbaik tanpa menghiraukan para haters yang hampir selalu ada dalam kehidupan.
  • Apa yang Anda pikirkan adalah urusan Anda

    Pikiran Anda ada dalam kendali Anda sendiri. Tetapi, seringkali kita tidak melatih kontrol tersebut dan membiarkan pikiran negatif menguasai Anda. Cobalah mengontrol diri Anda untuk menjadi pribadi yang positif, singkirkan segala penghalang yang ada dalam pikiran Anda sendiri.

    ***

Vemale.com - Hidup bahagia, penuh makna, dan tak terbebani stres berlebihan? Wah, kalau itu sih semua orang juga mau mendapatkannya. Tapi untuk mendapatkan hidup yang terasa lebih ringan dengan tingkat stres yang lebih sedikit, kita pun perlu melakukan beberapa hal. Dilansir dari lifehack.org, ada beberapa hal yang harus kita hentikan jika ingin mendapatkan hidup yang lebih bahagia tanpa stres berlebihan. Simak penjelasannya di bawah ini.
  • Berhentilah Berpikir Berlebihan tentang Sesuatu yang Belum Terjadi

    Nikmati hidup yang Anda miliki saat ini. Berhentilah berpikir berlebihan atau mengkhawatirkan hal-hal yang sebenarnya belum terjadi. Mengantisipasi hal terburuk memang sah-sah saja tapi jangan malah membuat Anda merasa terganggu.
  • Berhenti Mencampuri Urusan Orang Lain

    Anda punya hidup dan masalah Anda sendiri. Begitu pula dengan orang lain. Anda tak bisa terus-terusan mencampuri urusan orang lain. Membantu orang lain untuk menyelesaikan masalahnya sih boleh asalkan Anda juga tak melupakan fakta bahwa setiap orang bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri.
  • Berhenti Mempermasalahkan Masa Lalu dan Masa Depan

    Jangan biarkan diri Anda terjebak di masa lalu. Juga jangan sampai Anda terlalu takut menatap masa depan. Hidup Anda ada pada saat ini, hari ini. Jadi lakukan saja yang Anda bisa dan terbaik dari Anda pada saat ini.
  • Berhenti Terlalu Memikirkan Hal-Hal yang Tak Anda Miliki

    Kita lebih sering terganggu dengan hal-hal yang belum kita miliki dan malah melupakan semua hal yang kita punya. Berhentilah untuk terlalu mempermasalahkan hal-hal yang belum Anda miliki. Syukuri saja semua yang Anda miliki sekarang.
  • Berhenti Berkumpul dengan Orang-Orang yang Tak Membuat Anda Bahagia

    Jangan buat diri Anda makin tersiksa dengan bertemu dan berkumpul bersama orang-orang yang lebih suka menjatuhkan Anda. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menghargai dan bisa membahagiakan Anda.
  • Berhenti Bekerja dari Pekerjaan yang Tak Memberi Anda Masa Depan

    Rata-rata orang menghabiskan waktu 40 hingga 80 jam per minggu untuk bekerja. Dengan kata lain, seseorang bisa menghabiskan waktu 2.000 hingga 4.000 jam untuk bekerja setiap tahunnya. Wow, benar-benar angka yang fantastis. Jadi jika pekerjaan yang Anda lakukan itu tak memberikan kepuasan atau masa depan untuk Anda, waktu dan tenaga Anda mungkin hanya sia-sia saja.
  • Berhenti Fokus Hanya pada Kelemahan yang Anda Miliki

    Kita biasanya akan lebih mudah stres ketika menghabiskan pikiran dan tenaga untuk memikirkan kelemahan yang kita miliki. Padahal setiap orang punya kualitas dan kelebihan tersendiri. Jadi fokuskan perhatian Anda pada kelebihan yang Anda miliki dan tingkatkan terus kelebihan yang Anda miliki tersebut.
Saat Anda sudah mendapatkan hidup yang terasa lebih ringan dengan lebih sedikit stres, maka Anda bisa merasa jadi manusia yang seutuhnya. Memang butuh proses dan upaya untuk pada akhirnya membebaskan diri Anda dari tekanan dan depresi yang berlebih. However, when a veil is lifted, you will definitely see your life with a new perspective.

***


saya selalu suka membahas hal ini, mengenai bagiaman kita membahagiakan diri sendiri. dan saya ga akan pernah bosan untuk bilang ini ke siapapun wanita yang merasa tidak bahagia dalam hidupnya, "ladies, please. we are blessed. kita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sangat Dia sayangi, yang Dia hargai. Tuhan kamu ga menciptakan kamu sampai sejauh ini hanya untuk melihat kamu bersedih akan ketetapanNya. Tuhan kamu mau kamu bahagia. kalaupun kamu ga merasa punya motivasi apapun untuk kebahagiaan kamu, berbahagialah untuk Tuhan kamu."

dan saya dapet artikel menarik di atas ((horrrreee!)). saya suka sekali membaca artikel motivasi begini, apalagi motivasi terhadap perempuan. kehidupan kami, kebahagiaan kami. selalu menyenangkan dan membahagiakan. 

love yourself first. benar sekali. cintai diri kamu sendiri dulu, bahagiakan diri kamu, bikin kamu bisa berdikari dan bahagian dengan diri kamu, baru deh kamu boleh berpikir untuk membahagiakan orang lain. jangan berpikir bahwa kita bisa bahagia dengan orang, jadilah orang yang membahagiakan, bukan yang mencari kebahagiaan melalui keadaan dan seseorang. kalau kita sendiri aja ga bahagia dengan diri kita, mana mungkin kita bisa bahagia dengan orang lain?

and who's not egree with what Bryron Katie said :
 

"Bukan tugas Anda untuk menyukaiku - itu tugasku." --Byron Katie 



soooo, yessss!

bukan tugas siapapun untuk menyukai kita, sebab yang seharusnya menyuaki, mencintai, dan menghargai kita adalah diri kita sendiri. bagaimana bisa kita menginginkan kebahagian sementar kita tidak menerima diri kita seutuhnya, baik buruk fisik kita, keluarga, dan bahkan ketetapan Tuhan yang tidak ((belum)) kita syukuri. Allah love us, He's love is everything in this world. everything.

dan ini ada pesan yang manis banget dari Christoperpontdexter yang isinya tuh beneran ngebuka mata dan hati kita untuk berbuat baik ke alam semesta,

happy for yourself first, and let what universe will do for you, honey :*

Senin, 20 Oktober 2014

rusa dan al-Amin


"aku mencari pemuda bernama Muhammad al-Amin. aku tidak bisa pergi jauh darinya."

"aku adalah seorang pemburu padang pasir yang terkenal karena kemampuanku membuat jebakan. saat itu, aku menangkap seekor rusa yang memiliki titiktitik yang indah. aku tak merasakan penyesalan ketika memandang mata tuanya, tanpa memperhatikan berapa banyak air susu di dadanya. anakanaknya yang akan mencari dirinya pun tidak terbesit di kepalaku. aku meninggalkan rusa itu sendiri dan berburu hewan lain lagi.

setelah kepergianku, datang seorang pemuda yang menghampiri rusa itu karena mendengar tangisannya. pemuda itu kemudian bertanya kepada rusa apa yang terjadi kepadanya,

'mengapa engkau menangis?'

rusa itu menjawab dengan bahasanya, 'ah, Ahmadku, jadilah penjaminku. aku harus pergi ke puncak gunung dan menyusui anakanakku yang kelaparan. setelah itu, aku akan berlari kembali ke jebakan ini.'

'dengan senang hati', ucap pemuda yang memiliki hati yang besar dan penuh kasih sayang itu.

pemuda itu lalu melepaskan jebakan yang mengikat di pergelangan kaki rusa dan memasangkan ke pergelangan kakinya. dia menjadi penjamin bagi rusa dan membiarkan rusa itu menemui anakanaknya.

saat kembali lagi, aku terkejut melihat pergelangan kaki pemuda itu terikat jebakanku.

'apa yang terjadi wahai anak Adam, siapa namamu dan apa pekerjaanmu? aku seorang pemburu padang pasir dan mengapa engkau merusak jebakanku? bawa kembali rusaku atau bayar dengan uang!', seruku.

pemuda yang pergelangan kakinya terikat dengan jebakanku itu pun berdiri.

'aku Muhammad al-Amin. itu adalah namaku. rusa itu berjanji padaku akan kembali lagi. kalau tidak kembali lagi ke sini, jadikanlah aku hasil jebakanmu', ucapnya.

tidak lama kemudian, rusa yang tadi terjebak datang kembali bersama anakanaknya yang belum bisa berlari dengan benar. mereka langsung mencium kaki pemuda yang menjadi penjamin itu. sambil menangis, mereka mengucapkan, "Rasulullahku" ke pemuda itu. ternyata induk rusa itu berpamitan dan membelai anakanaknya setelah menyusui mereka. namun, anakanak rusa itu juga ingin ikut dan mencium kakikaki Rasulullah yang menjadi penjaminnya. setelah melihat mereka mencium pergelangan kaki Muhammad al Amin yang berdarah, aku bertobat dan beristigfar. aku bersumpah tidak akan melakukan perburuan lagi.

itulah ceritaku. aku kemudian mencari pemuda yang terjebak di perangkapku. dan Rasulullah.... apakah aku di bumi atau di langit? berharihari aku mencari jejakjejak kakinya...."

((diambil dari buku Khadijah, ketika rahasia "mim" terungkap))

***


baca bagian di atas dalam buku novel menngenai Khadijah saya langsung teringat dengan nasyid "Tihamah" nya Raihan. sebuah syair tentang Rasulullah yang indah, tentang beliau saw yang mempesona tak hanya bagi manusia tapi juga hewan, tumbuhan, bahkan benda mati, tak hanya menyejukkan bagi penghuni bumi tapi juga langit, yang cintanya tak berbatas dunia namun sampai mengetuk pintupintu Surga.

sedih, ga, sih? sedihnya tuh yang sedih bahagia punya nabi seindah beliau. yang hewan aja sayang, yang bebatuan berbicara di dekatnya, yang mataharipun tak kuasa menyentuhkan panasnya ke kepalanya. semoga Allah selalu merahmatimu, wahai pemilik wajah yang bercahaya layaknya purnama, semoga kelak Rabb kita berkenan memberikan kami rahmat agar bersanding denganmu di negeri akhirat.

nb : saya jadi ingat dengan seseorang yang saya cintai karena Allah, insyaAllah. seseorang yang indah akhlaknya, yang mencintai akhirat baik dalam kata maupun tingkahlaku. semoga Allah selalu mencintaimu, umi....menjaga dan melindungimu sebab ketakwaanmu, sebab engkau selalu memuliakan tamu sebagaimana sabda nabimu, dan sebab engkau mencintai kami karena Allah pula. aamiin.

Kamis, 16 Oktober 2014

divine

they’re way too fragile aren’t they
these feelings that sway ever so lightly
i’m looking for the  answer that
disappears when dawn breaks
this close road that blocks my way
this starlight that becomes my guide
hey, i want you to tell me
the place where i should go

even though it’s so far away that
it seems like this small me will be crushed
i’m waiting for god’s will
this is destiny

so to speak, this small me is powerless against
the raging waves that give their loud roars, but
the sea will surely part
and make a path for me
one day,
we can be divine

atop the ground that grew cold,
i’m going to walk barefooted
and your warmth
will support me
(you always by my side)
i was born alone and yet
it’s as if i was bound to meet you
you, know me
more than anyone else does

i’ll stand up to face
everything grand, fatally
when i’m with you
i can become stronger
 
there wasn’t supposed to be anything i was scared of and yet..
hey.. i don’t want to lose you
until the day comes when
the light shines through the gaps in the clouds
i won’t say goodbye
when various paths

open up to me, at that time
i’ll surely remember
this wish
the journey we both walked together
we’ll make that our proof, forever
we are always one

what will we say we’re capable of
once we stand before the waves that give their loud roars?
we’ll meet this distress, with a gentle intimacy
i believe
we can be divine
our feelings are one
we can be divine


**popular by : SNSD

***

semoga Tuhan memberikan kita waktu untuk bertemu....

Selasa, 14 Oktober 2014

in another way


i just realise kalau aku, kamu, kita, kalian, dan semua orang di dunia ini berhak bahagia. tanpa meminta orang lain membahagiakan kamu. kamu berhak dan wajib bahagia dan membahagiakan orang lain.  

tbh, i just remember i was promise to you, to not push and make you feel bad or whatever. i just need to stop. i won't push you, and i don't want to push myself too. kamu berhak bahagia dan aku tidak berhak menghancurkan kebahagiaan itu sekalipun hanya dalam do'ado'aku.

baru kali ini aku merasakannya, kerelaan yang teramat sangat. kerelaan bahkan sebelum kau melangkah maju, bukan karena aku tak mau memperjuangkanmu, tapi Tuhanku tahu mana yang paling pantas untuk kita. i still love you ((maybe until we have some way to forget -again)), but now in another way. my pray to your happiness, forever.

**nb : ga usah mikir anehaneh, gue cuma galau karena Liverpool will face Real Madrid in UCL yaa udahlah yaa hati wa berceceran.

Senin, 13 Oktober 2014

apa itu cinta ....


"bagaimana aku bisa bilang 'aku cinta padamu', jika aku tahu cinta itu sendiri adalah engkau....? kata 'cinta', baik sebagai kata kerja atau benda, akan musnah di hadapanmu...." 
- Jaques Derrida -

Jumat, 10 Oktober 2014

u never notice?


aku ingin menyentuhmu
merengkuh dalam peluk sehingga mataharipun tak kuasa menyinarimu
lalu menyelipkanmu diantara bintangbintang saat malam
hingga rembulan tak mampu meraihmu sedikitpun

aku ingin membuangmu dari pikiranku
dari semua rindu yang entah kapan menguap dan menyisakan debudebu kenangan

**maaf yaa, saya ini lagi galau. galaunya ngeselin pula. why you never notice my feeling? ((desperate hopeless romantic)) #bye

Rabu, 08 Oktober 2014

selendang pelangi


baru beberapa hari yang lalui menyelesaikan buku ini. antalogi puisi yang dituliskan oleh 17 penyair perempuan Indonesia di awalawal sastra menyentuh hatihati penduduk negeri ini.

ga, saya ga lagi kepengen riview isi buku, saya cuma mau berbagi dengan kalian. berbagi bebrapa syair yang saya suka dari buku ini.

here we go!

Mimpi 

Hidup adalah bagian terbaik dari mati
Dan kau adalah bagian terbaik dari mimpi

-Isma Sawitri

dan nyatakanlah cinta

dan nyatakanlah cinta dengan bahasa tak sempurna
kan tertawa karena seketika menjadi orang tak biasa
menjadi orang yang tak biasanya.................
hah!

dan dengan kata tak sempurna, cinta menujumku
terjaga di tengah malam, menyepi di tengah keramaian
merasa dada penuh ingatan akan dirimu
ola la la....
tahukah, bahkan untuk tanya yang sederhana
aku merasa dunia tengah menindasku
hah! cinta menujumku menjadi manusia penolak dunia

dan nyatakanlah cinta dengan bahasa tak sempurna
dengan gagah aku akan menantang dunia

lihatlah, malam tidak lagi membuatku terpejam, siang tak lagi membuatku terjaga
pikiranku asyik melukis seluruh rasa di dada
mata redup tanpa cahaya
dunia tak berarti apapa
kutolak dunia karena cinta
sebab kau nyatakan cinta dengan bahasa tak sempurna
aku kini manusia yang tak biasa

- Cok Sawitri

karena aku perempuan

bukankah tubuh adalah cahaya
dan jika jalan digelapkan
haruskah aku membutakan mata
agar biasa dalam kegelapan

hidup yang digelapkan 
karena aku perempuan
dengan tulus aku katakan : gelapkanlah!

karena aku tak pernah takut kegelapan
karena akulah cahaya
yang membuat kegelapan mengisi dirinya
dan kamu tak bisa berpaling dari silaunya

- Cok Sawitri 


menjawab smsmu

jika boleh mencintai dengan sungguh, tanpa takut kelak terluka, pastilah sempurna hatiku. jika dapat dicintai sepenuh hati, tanpa membuat terikat seinci, tentulah jiwaku hidup merdeka.
bila itu terjadi :
maka angin bunuh diri karena tak bisa menggoyahkan aku. maka gunung murung karena tak terkukuh lagi.....
hm, aku tak mampu sayang, menyaksikan kemenangan hati, biarlah aku menyimpan semua kasih agar tak satupun terluka sekalipun itu atas nama cinta

- Cok Sawitri


Puisi

memeraangkap rembulan
dalam sangkar
memenjara sepi
hingga renta 
(jun. 2005)

- Medy Loekito


Aku Ingin Melukismu

aku ingin melukis wajahmu yang temaram
dengan kuasku yang menggelatar rindu
di kanvas langit yang memerah
akan kubingkai dengan mega senja
dan kugantungkan di dinding redup bumi

aku ignin melukis wajahmu yang memijar
dengan kuasku yang menggelepar rindu
di kanvas bumi yang berembun
akan kubingkai dengan bias pagi
dan kupampangkan di bentangan biru langit

aku ingin melukismu
di kanvas hatiku!
1993
_ Nenden Lilis A.

Aku, Gelombang

Kalau saja engkau mengizinkan aku mencintaimu
aku akan menjadi gelombang bagi perahumu
kuantar kau ke tujuan
lewati pulau, arungi lautan

Namun kita dipertemukan
dalam persimpangan yang berbeda tujuan
kau dalam perahumu
aku bersama nakhodaku

Dari kejauhan kulepas bayangmu
hampir menghilang di batas cakrawala
bagai ditelan bola api raksasa
yang akan membawamu tenggelam

Sebentar lagi malam tiba
kurebahkan badan di dasar perahu
kutunggu pemandangan jutaan bintang di langit kelam
namun selalu senyummu menghalangi pandangan

Mengapa engkau melewati jalanku, wahai satria lautan
menghalangi jalanku
membuyarkan arah tujuanku
membuatku abai pada hidup yang telah kujalankan

Seandainya engkau tak cuma lewat, pahlawanku
Seandainya engkau berhenti di persimpangan,
mengulurkan tangan
dan mengizinkan aku mencintaimu, sesaat saja
mungkin sebatas senja
aku akan menjelma ombak lautan
mengayunmu dalam kenikmatan
yang melampaui batas angan.
(Desember 2004)

- Shirikit Syah


Aku Ingin Menjadi Malam

Aku ingin menjadi malam
semalam saja
supaya dapat kudatangi rumahmu
kuselimuti kau dalam gelap tidurmu
dan kukunjungi mimpimu
kuingin tahu, adakah aku di situ

Seandainya aku sempat menjadi malam
semalam saja
akan kubawa gerimis kawanku
mengetukngetuk jendela kamarmu
seperti hasrat yang tak henti berdenyut dalam urat nadi
dan dengan sangat perlahan-terlalu perlahan
membasuh luka hati
sejak kau tinggalkan

Biarkan aku menjadi malam
agar mampu mejelajahi dunia fantasimu
akan kuciptakan senyum di pagi harimu
lewat embun yang memandikan kuncup mawar
hanya sesaat lagi bungabunga itu mekar

Dan ketika kau buka matamu
aku mungkin sudah tiada
Hanya cinta
yang membuatmu merasa
bahwa aku pernah
dan akan selalu ada

- Sirikit Syah

British Traditional Breakfast

Sebutir telur diceplok
pilihan kentang, jamur, atau kacang merah,
sosis, atau bacon, 
secangkir kopi atau teh
lima belas pound

Sambil meneguk segelas jeruk,
dua ratus bungkus nasi pecel yangs edap
terbayang dalam ingatan

Lima belas poundsterling
Hampir sama dengan dua ratus ribu rupiah

Aku tersedak
sarapan dua ratus orang pengungsi
tengah aku kunyahkunyah
mulutku terasa berdarahdarah
(Oxford, 2000)  

- Sirikit Syah

aku bukan masa depan

kau boleh mencium jemariku, tapi jangan membuat penjara di sana.
ini kalimat cinta yang tiba terlambat padamu, ia melewati cuaca yang gelap, tersendat di beberapa kenangan lalu memenuhi setiap kepingan di tubuhku.

ini perihal debar yang tak terhindar. kita saling menebar risau.
sebelum kau menjangkau malam di hatiku, aku telah terpukau pada kabut susu yang bercahaya di matamu. kelak jika kau mengidap hepatitis, aku akan setia mengirim panasia untukmu.

tapi jangan menggambar rumah di telapak tanganku, aku bukan masa depan.
(makasar, april 2005-maret 2006)

 - Shinta Febriyani

***

Selendang Pelangi.



Jumat, 03 Oktober 2014

September's read - 2014


dimulai dengan ehem maafkan saya wahai buku yang sudah sejak lama dibeli tapi belum dibaca, sebab karna si abang ini bukunya sudah ditangan maka yaa terpaksa dibaca duluan ((sebenernya sih karena tipis jugak wkwk)). berisi 24 sajak -yang sebenarnya sudah di share juga sama bang tere di facebooknya ga perlu lagi belibeli bukunya tapi yaa gimana, namanya juga cinta ((dikeplak teh Kiky)) dan ini udah sampe taraf apapun-yang-ditulis-sama-si-abang-pasti-bagus-dan-pasti-gue-beli jadinya buku setipis ini ((nada Ebiet G. Ade -malah inget meme Coutinho)) dibeli juga. isi sajaknya? yaa cintacintaanlah, namanya juga judulnya "Dikatakan atau Tidak Dikatakan Itu Tetap Cinta" #sikasik. ga perlu waktu seharian buat baca buku ini, gue mulai saat naik kasur pas mau tidur malem dan sebelum rasa kantuk menyerang gue udah sampe sampul belakang.

selanjutnya, Kearifan Al Qur'an. asli buku ini asik banget, gan. beneran harus banyak baca buku yang model begini. satu dari sedikit sekian buku Al Qur'an ft sains yang asik dibaca. diawali dengan bab mengenal Al Qur'an, buku yang ditulis oleh tim penyusun Al Qur'an Tematik ((malah kayak mapel anak SD)) Kementrian Agama RI ini menjelaskan apa sih Al Qur'an, apa guna ia dicipta, kemudian bab berikutnya mengenai identitas Al Qur'an, prinsipprinsip yang muncul dalam kehidupan manusia yang mendasarkan diri kepada kitab suci. kemudian di bab ketiga ada eksistensi Al Qur'an yang berkaitan dengan manusia. selanjutnya adalah indeks abjad A-Z, beberapa kata terpilih menjadi acuan beberapa ayat ((terpilih juga)) untuk dituliskan dan dipahami oleh para pembacanya. dengan harga 20ribu ((awa dapet di bazaar)) buku ini sungguh lebih dari indah untuk pembaca awam seperti saya, uhuy.

hhhaaaahhh. saya sudah tidak sabar untuk me-review yang satu ini, tadinya mau saya review khusus spesial tapi sudahlah biar di sini saja dulu, lagipula masih permulaan sukanya tapi sungguh yassaalaaam Eve Dallas! :* :* :* berkisah tentang kasus pembunuhan yang menjiplak Jack The Ripper ((one of the reason i bought this book)) ((ngefans kok sama pembunuh)) sang pembunuh mencoba meniru pembunuhpembunuh yang sudah memiliki nama besar untuk "menggoda" Letnan Dallas. Imitasi dalam Kematian, adalah seri ke-17 dari J.D. Robb dalam buku In Death-nya. dan sumpah jangan tanya betapa saya mencintai interaksi antara Eve dan Roarke ((suaminya)), setiap baca bagian ummmm ((oke, dewasa)) itu yang kayak, "nyimeng, sumpah yang kayak Roarke ini yang gue cari." i mean, betapa menyenangkannya jika kamu menikah, hidup bersama dengan seseorang yang sifatnya ga jauh beda dengan kamu, yang kalau dia lagi ngeselin kamu bisa dengan kurang ajarnya nyamannya bilang, "mati aja lu!" ((istri macam apa?)). itutuh kayak yang, huhuhuhu asik banget. yang ceplasceplos yang mencintai cuma kamu seorang, melakukan apapun yang membuat kamu bahagia sama dia. ((udah ah, gue gacin)).

PLATO - Cinta Kepada Sang Baik adalah buku berikutnya. berkisah tentang riwayat hidup Plato dan bagaimana ia melalui hariharinya. bagaimana pandangan hidupnya. buku yang menarik, sayangnya sangat tipis dan dikemas dengan apa yaa, agak kurang maksimal. saya belum nemuin buku tentang filsuffilsuf gitu sih memang di sini, agak susah kali yaa, genre yang jarang dibaca orang. yang saya suka dari buku ini adalah penekanan ajaran Plato mengenai cinta dan keindahan di mana cinta dan keindahan tertinggi adalah milik Sang Baik yaitu Tuhan.

berikutnya adalah Kepemimpinan Muhammad, buku yang ((lagilagi)) saya dapatkan di bazaar Gramedia. dengan review yang meyakinkan di Goodreads saya berkeyakinan tinggi membacanya. dan, memang bagus. berisi tentang bagaimana kepemimpinan Rasulullah saw dibentuk, bagiamana masa kecil beliau sebagai penggembala mempengaruhi sifat pemimpin yang ia punya. dan bagaimana seorang Muslim -dan juga yang lain, mempersiapkan diri menjadi pemimpin. yang menarik di buku ini banyak dikisahkan mengenai Arab Badui atau Arab Gurun yang merupakan lingkungan masa kecil Nabi.

saya pikir Ust. Felix ini punya bakat mendongeng juga, yaa. setelah Muhammad Al Fatih, berikutnya The Chronicles of Ghazi yang beliau buat seapik mungkin untuk menceritakan perang Pasukan Salib dengan Pasukan Turk Usmani. lebih banyak dialog kalau dibandingkan dengan Muhammad Al Fatih 1453, menarik dan apa yaa asik aja karena saya suka dengan cerita sejarah dan perangperang Rasulullah saw. mana ada bagian yang lawak banget lagi, bikin ketawatawa sendiri. saya kasih buku ini 4 bintang, sebenernya mau 5 tapi karena saya merasa bahwa cerita ini agak fiktif ((ga hidup di zaman itu, sih jadi ga tau)) ((menurut lo?)) jadi saya minusin 1 bintang, hehehehe.

Guru, Hidupmu Hanya Untuk Kami adalah buku selanjutnya. berkisah tentang pengabdian para pahlawan tanpa tanda jasa yang tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga beberapa negara di luar sana, tentang semangat mengajar, tentang keindahan berbagi ilmu, tentang keikhlasan dan pantang menyerah.

kisah poirot adalah buku selanjutnya. tentang Halloween Party yang berujung pembunuhan seorang gadis kecil yang awalnya hanya membual kalau ia pernah melihat pembunuhan sebelumnya. Poirot diminta oleh sahabatnya yang kebetulan hadir di pesta tersebut untuk menyelidiki siapa pembunuhnya dan apa motif dibalik pembunuhan itu. tbh, menurut saya ini bukan satu dari sekian kisah terbaik Poirot, seklipun tetap saja menantang. tapi yaa ...... hehehehe.

next ada Sisi Gelap Amerika Serikat. nah, buku begene neh, yang gue demen. paham ga, sih sesuka itu sama teori konspirasi. sukanya yang ngeselin karena kita punya banyak teori, pemikiran, and something like that tapi yaa ga bisa dibuktikan. kayak kita tahu si A udah mencuri hati ((oke sorry)) barang milik kita tapi kita hanya sekedar berteori dengan asumsiasumsi yang menjanjikan tapi apalah daya ternyata sulit dibuktikan. dapet di bazaag Gramedia juga, isi bukunya mulai dari penemuan Columbus sampai kejadian 11 September dan senjata biologis Amerika untuk menguasai dunia.

Living Islam. ini juga didapat di bazaar Gramedia ((I LOVE BAZAAR BUKU MURAH)) sesuai dengan caption sampul depannya, buku ini berisi tentang berbagai lingkup kehidupan kita hingga kita bisa memasuki agama ini dengan sebaikbaiknya, dengan kaffah, dengan sempurna. pemilihan kata yang bijak dan tidak menggurui terasa pas dengan desain yang menarik, ditambah dengan kisahkisah yang sarat ilmu dan hikmah, ini buku layak jadi salah satu penghuni rak anda.

kemudian ada The Columbus Affair. sebelas duabelas dengan kisahnya oomoom kesayangan wa, Robert Langdon, Thomas Sagan mencoba memperbaiki hidupnya yang hancur semenjak karir reporternya dirusak oleh oknum tidak bertanggungjawab. dia mencoba berdamai dengan masa lalunya, dimulai dengan mencoba memperbaiki hubungan dengan putrinya yang ternyata berbalas penghianatan, sampai membongkar makan ayahnya untuk mengetahui rahasia besar Yahudi, dan mencari kemana semua pesan terakhir ayahnya menuju. it's little bit boring di setengah bukunya, bagian memicu adrenalinnya juga ga banyak di Tom, lebih banyak ke tokoh lain, plus ga ada tekateki berarti yang harus dipecahkan. standar. sorry.

terakhir ada Terapi Berpikir Positif. ini buku bagus banget untuk melatih pemikiran kita mengenai 'gimana sih caranya ga su'udzon sama orang dan Tuhan?' :)

udah yaa, itu aja untuk bulan ini. sayanya sebel, abisnya udah diedit sebelumnya tinggal tambah gambar ehh dia ilang tulisannya. qesel.

Rabu, 01 Oktober 2014

status (bagian ketigapuluh delapan)


Hidup ini harus dilalui dengan gagah perkasa. Tahan banting. Bukan ngesot, merangkak apalagi sampai meratap di dinding dunia maya.

Jangan terlalu erat2 memegang sesuatu; nanti kita susah berhenti sedihnya karena ternyata malah sesuatu itu yang memutuskan pergi.
Pun jangan terlalu longgar memegang sesuatu; nanti kita menyesal tak berkesudahan karena saat terlepas, baru menyadari sesuatu itu amat berharga.
Pegang dengan tangan, lengkapi dengan akal sehat dan pemahaman terbaik. Dijamin tidak sedih dan tidak menyesal apapun yang terjadi.

Seorang guru pernah menasehati:
Semakin dalam sebuah sungai, maka permukaannya akan terlihat tenang. Tidak beriak walau se-mili. Tapi jangan coba2 lompat, kita bisa terkejut dengan betapa dalam dasarnya.
Sebaliknya, semakin dangkal sebuah sungai, airnya mengalir deras, berisik, bergemuruh, terpercik kemana-mana. Tapi dangkal saja, cuma sebetis kaki, langsung terlihat dasarnya.
Begitu juga manusia. Semakin dalam pengetahuannya, dia tenang mengagumkan. Semakin dangkal wawasannya, dia berisik amat mengganggu tiada banyak manfaatnya.
 

Allah-lah yang paling mengenal kita. Allah sangat tahu tabiat asli kita, semua detail, pernak-pernik, karena Allah-lah yang menciptakan kita.
Maka, jika kita merasa sedang punya masalah, ada yang macet, mogok, eror, tidak berfungsi, kenapa kita tidak membawanya langsung kepada Allah--yang paling paham? Dan jangan lupakan, ada "user manual/guide" untuk kita semua. Pelajarilah. Setiap rumah pasti punya, itu penuh dengan petunjuk jika ada yg korslet dalam hidup kita.
 

Kita tidak perlu sibuk2 menjelaskan ke orang lain jika kita merasa benar dan yakin. Buat apa? Toh, pendapat orang lain tidak akan mengganggu kebenaran dan keyakinan tersebut.
Maka, jika kita ternyata repot2 memilih menjelaskan, membela diri, bahkan ber-argumen kepada orang yang bahkan kita kenal juga tidak, dilakukan pula di tempat orang lain, itu sih simpel menunjukkan ada keraguan diri sendiri.
Itulah kenapa guru2 dulu yang dalam wawasannya, menolak berdebat. Dia cukup menyatakan pendapatnya di hadapan murid2nya; atau menulis buku2, tapi tidak akan bersedia berseru2 di tempat orang lain, berbantah2an, berdebat, pun bergegas harus berkomentar--padahal tidak ada pula yg meminta berkomentar.
 

Hari ini, orang2 lebih berjuang habis2an mempertahankan hubungan pacaran tapi setelah menikah bubar karena alasan sepele saja, sudah tak cinta.
Hari ini, orang2 lebih mesra dan aduhai sayangnya saat pacaran, untuk hambar nan dingin setelah menikah.
Tentu saja kalian jangan mudah percaya dengan kalimat2 saya ini, silahkan observasi sendiri di sekitarnya, jadikan pelajaran.
 

Ada empat hal dari sebuah persaudaraan:
1. Memberikan nasehat yang baik
2. Menutupi aibnya
3. Memaafkan kesalahannya
4. Membantunya saat butuh pertolongan
Pegang erat hal ini, lebih khusus lagi soal aibnya.
 

Saya kira, akun2 di facebook/twitter yang sering banget merilis postingan bertengkar, membela habis2an kelompoknya tapi menghina orang yang tidak sekelompok, dsbgnya itu, harus banyak2 mengkonsumsi ekstrak kulit manggis. Biar hatinya putih cemerlang. Pasti good.

Pembusukan itu bukan ketika orang lain menilai lembaga kita busuk, lantas jadi busuk sudah. Melainkan terjadi ketika anggota kita melakukan hal2 busuk secara terus menerus tanpa malu. Itulah pembusukan yang sebenarnya.
**sy tdk menyebut nama lembaganya, hari ini, salah omong, bisa dituntut.
  

Pernikahan adalah urusan jangka panjang.
Maka jangan dibangun hanya dari hubungan serta rasa suka jangka pendek. Tidak akan cukup bensinnya. Bisa mogok.

Jangan menghina fisik dan wajah orang lain. Sungguh jangan. Mau bergurau, main2, atau ikut2an, segera berhenti.
Apa hak kita menghina mahkluk ciptaan Allah? Jauh sekali dari ahklak terpuji.

Jangan suka bilang hidup kita hampa. Kosong.
Karena coba dongakkan wajah ke atas, tatap langit. Sejak jaman dinosaurus hingga jaman android hari ini, itu langit sudah hampa. Benar-benar kosong.
Tetapi langit punya penghiburan, punya kegiatan yang indah, sesekali melintas awan, hujan, sesekali dihiasi pelangi, sesekali di penuhi titik bintang dan bulan. Maka indah sudahlah kehampaannya.

Jika DPRD diberikan kekuasaan memilih kepala daerah (bupati, walikota), maka itu persis seperti kucing disuruh menjaga ikan.
Siapapun yang masih berpikir jernih (bukan karena sakit hati), akan melihat masalah ini terang sekali. Berapa sih yang berhasil dihemat? Boleh jadi kita malah tekor 10x lipat dengan cara begini.
*18 tahun lalu, saya sudah menjadi penulis kolom opini politik dan ekonomi di koran2 nasional lainnya. sy bosan dengan orang2 yang keberatan sy membahas tentang politik di page ini. dan lebih bosan lagi menghadapi fansboy partai, yg saat mereka masih berseragam merah putih, sy sudah menghadapi kengerian cemas salah tulis di media.

Ambisi, keinginan, nafsu membuat seorang RAJA menjadi budak.
Tapi sabar justeru membuat seorang BUDAK menjadi raja.
*nasehat seorang guru, Imam Ghazali

Kenapa anak2 sekarang mudah sekali bicara buruk di media sosial? Memaki. Menghina. Merendahkan.
Karena kita orang dewasa mencontohkannya. Kita mungkin tidak merasa "bicara buruk", tapi kelakuan kita penuh dengan teladan buruk. Negeri ini dipenuhi dengan teladan buruk itu. Di televisi, di internet, di koran, penuh teladan buruk itu.
Jadi daripada kita sibuk menangkapi mereka, memenjarakan, mungkin tiba saatnya kita semua melakukan evaluasi, bercermin.

Wanita itu amat "pengingat". Kita tidak tahu sama sekali, berapa lama kalimat2 yang pernah kita ucapkan akan diingat oleh mereka.
Dan menariknya masalah ini, laki2 itu justeru "pelupa". Mereka bahkan bisa segera lupa janji2 apa saja yang pernah diucapkannya kepada wanita.
*tidak selalu begitu, tapi tips ini bermanfaat memahami dua dunia berbeda laki2 dan wanita

Jika seseorang itu memang sungguh2 ingin tinggal, maka dia akan selalu punya alasan, meskipun sudah beribu gagal. Dia akan menemukan alasan baik berikutnya.
Tapi sebaliknya, jika seseorang itu memang sudah ingin pergi, seribu alasan baik pun tidak akan berguna lagi. Dia tetap akan pergi.

Penerimaan yang tulus, bahkan bisa membuat beban segunung terasa seberat bulu ayam. Ringan.
Tapi penolakan yang keras, membuat masalah se-bulu ayam terasa berat segunung.

Kita bisa berubah karena orang lain. Bisa.
Tapi sebaiknya, berubahlah karena diri sendiri. Agar besok lusa, jika orang lain itu sudah pergi, orang lain itu mengecewakan, kita tetap punya alasan baiknya.
  
Hukuman terbaik bagi penipu adalah: kita jujur padanya.
Hukuman terbaik bagi si pelit adalah: kita pemurah padanya.
Hukuman terbaik bagi si pembenci adalah: kita menghormatinya.
Percayalah, jurus2 ini sakti sekali.
 

Menghina fisik/wajah orang lain sama sekali bukan ahklak islam yang baik. Siapapun pelakunya, mau dia bergurau, ikut2an, buat lucu2an saja, maka tetap saja itu sama. Apalagi sampai dijadikan foto2, diposting, disebarkan. Itu tidak lucu sama sekali.

Orang yang sakit hati, tapi dia bisa mencegah dirinya dari merusak diri sendiri, merusak orang lain, sudah masuk dalam kategori orang2 kuat. Tidak apa menangis, marah, sebal, itu manusiawi. Sepanjang tidak merusak.
Itulah kenapa definisi "kuat" itu tidak ada korelasinya dengan badan besar, kaya raya, terkenal dsbgnya. Tapi melekat pada prinsip2 hidup yang baik.
 

Orang sakit hati itu, jika tidak dikendalikan, bisa melakukan hal2 yang jahat sekali. Namanya juga sakit hati. Mulai dari nyumpahi, hingga merusak janur kuning (jika sakit hatinya karena urusan cinta), bisa dilakukan kalau sudah gelap mata.
Apa muasal sakit hati? Kebencian tidak tertahankan. Kekecewaan tiada terperi. Itu bisa jadi bara api sakit hati.
Bagaimana mengatasinya? Mudah. Meyakini bahwa hidup ini hanya sementara. Meyakini Allah tahu yang terbaik bagi kita, itu lebih dari cukup untuk mengobati sakit hati. Harus melawan diri sendiri, disingkirkan sakit hatinya.


Dalam hidup ini, lebih baik dibenci orang daripada bermuka dua. Kemarin ngomong apa, besok ganti lagi. Kemarin gaya banget bilang ini, besok berubah lagi sesuai kepentingan, untuk kemudian belepotan banyak banget alasannya.
Hidup apa adanya, meyakini prinsip2 sendiri, terus bekerja dengan tulus, berani mengambil resiko. Cukup.

Kalau anggota DPR itu benar2 berhati mulia, maka dalam draft UU Pilkada, bukannya memasukkan pilkada oleh DPRD melainkan:
Dilarangnya anak, istri, adik, kakak kandung, ipar mencalonkan setelah incumbent berakhir. Agar tidak ada dinasti politik
Tapi mana mau mereka memasukkan pasal ini. Bahkan partai/politikus yang dulu koar-koar menentang dinasti politik, ketika giliran mereka berkuasa, malah paling ngences ludahnya, berlagak lupa apa yang dulu mereka katakan.
Ingatlah selalu, Indonesia ini milik Allah, dititipkan kepada rakyat. Negeri ini bukan milik sekelompok orang rakus yang ingin keluarganya terus berkuasa.
 
Lagi, dan lagi-lagi.
Perusahaan rokok Bentoel juga akan menutup 8 dari 11 pabrik rokoknya. Mereka barusaja merilis tawaran PHK sukarela kepada ribuan karyawannya. Maka dalam setahun terakhir, semakin banyak saja pabrik rokok ditutup. Ribuan karyawan di PHK. Bukan karena industri rokok menurun, tapi mereka ingin lebih efisien, menggunakan mesin, dsbgnya. Produksi rokok sih terus naik, buruhnya yang dipecat.
Nah, buat yang hobi sekali membela pabrik rokok memberikan lapangan pekerjaan bagi banyak orang, mungkin bisa bantu demo/protes deh. Sekalian tambahkan, impor tembakau dari luar negeri terus naik setiap tahun. Lebih dari 50% tembakau diimpor. Nah, lagi, dan lagi2, yang hobi banget membela pabrik rokok karena menjamin kelangsungan petani tembakau, mungkin bisa bantu demo/protes loh. Sebelum kalian tercengang, ternyata 10 tahun lagi, seluruh uang bisnis rokok mengalir ke luar, sedangkan kita hanya kebagian getah penyakitnya.
Dan tentu saja, yang sehatlah yang dibebani merawat para perokok yang terkena penyakit serius. Catat baik2: yang sehatlah, yang hari ini menasehati kalian, besok lusa yang harus menanggung kehidupan perokok yang jatuh sakit.
Pikirkanlah.

Apakah ada kebersamaan yang kebetulan?
Tidak ada. Semua adalah skenario dari maha memiliki skenario terbaik.
Kecuali jika kalian tidak mempercayai Tuhan, kalian adalah orang2 yang mempercayai kehidupan ini juga hanya kebetulan saja. Maka, sekali lagi, jangan cemas, jangan galau atas kisah perasaan kalian.
Apakah ada kebersamaan yang kebetulan?
Jawabannya: tidak ada.

Saya kira, malaikat Rakib itu sudah sangat profesional, dia tidak akan keliru catat. Jadi kita tidak perlu membuat catatan amalan tandingan di facebook masing2.
Karena, kalau malaikat Rakib sungguhan tidak profesional, kita harus mencemaskan sekali bagaimana dengan malaikat Atid? Nanti dia salah catat? Ini lebih serius. Kenapa kita tidak bergegas membuat catatan aib, keburukan tandingan di facebook masing2?
 
Laut dalam tidak pernah perlu menjelaskan betapa LUAS dan DALAM dirinya. Tidak pernah dan tidak perlu.
Maka, jangan2 hanya orang2 yang sempit dan dangkal saja yang sibuk menjelaskan siapa dirinya, apa yang telah dia lakukan, mendaftar seluruh riwayat hidup dan meletakkan seluruh gelar2--yang tetap saja gagal membuat orang sedang menatap Laut dalam.

Sajak "Itulah, Nak"
Jatuh cinta itu persis kau naik gunung, tiba2 terjerambab ke dalam jurang dalam, meluncurnya mudah, tapi susah payah merangkak naik kembali.
Jatuh cinta itu persis seperti komputer atau HP kau tiba2 terkena virus, kena-nya gampang, tapi memperbaiki, servis datanya susah kali--bahkan tetap tidak bisa diperbaiki hingga kapan pun.
Jatuh cinta itu sama dengan kau naik mobil cepat, kau gas kencang, jalan landai, tiba2 rem-nya blong. Mobil kau melaju tak terkira, susah payah menghentikannya. Bahkan harus menabrak sana-sini, kau patah hati.
Maka, pahamilah resikonya.

Tidak ada yang bisa dilupakan, termasuk sekalipun kita memang tidak ingat lagi. Karena boleh jadi, di sisi2 lain, hal tersebut tetap diingat hingga kapanpun.
Jika kita tidak bisa memahaminya dari sisi yang tidak ingat lagi, maka cobalah dari sisi yang hingga kapanpun tetap mengingatnya. Dengan demikian, semoga kita selalu bisa menghormati perasaan-perasaan yang sempat bersinggungan dengan hidup kita.

Berhati2lah, jangan mudah ikut2an ajaran, paham, kelompok.
Sekali sebuah ajaran membuat kita berjarak dengan keluarga, menutup diri dari teman, membuat sekolah gagal, membenci banyak orang, dsbgnya, maka tinggalkan. Bergegas jauhi!
Tidak ada dalam agama ini, seseorang diajarkan untuk memutus hubungan dengan orang tua, keluarga sendiri hanya karena: "Ana sudah berbeda dengan antum. Ana sudah dijamin masuk surga." atau "Ana tidak mau hidup bertetangga dengan siapapun, mereka sesat dan menyesatkan. Mereka sudah rusak."

Hampir semua pengikut paham2 ekstrem itu bahkan bertetangga pun tidak. Mereka menutup diri, tidak diketahui orang2 sebelah rumah, tertutup sekali. Itu cukup untuk menyimpulkan mereka berbeda sekali. Bertetangga itu adalah "hal kecil" yang dinasehatkan Nabi. Jika hal kecil saja mereka tidak bisa melakukannya, maka sisanya jadi meragukan.
Akan semakin banyak paham2 seperti ini. Mereka aktif di dunia maya, di dunia nyata, dsbgnya. Berhati2lah, jangan mudah ikut2an. Sekali sebuah ajaran membuat kita berjarak dengan keluarga, menutup diri dari teman, membuat sekolah gagal, membenci banyak orang, dsbgnya, maka tinggalkan. Bergegas jauhi!
**siapapun yang tersinggung atas postingan ini, marah2, membela diri, menjelaskan, maka itu konfirmasi dengan sendirinya. postingan ini bukan buat kalian, tapi buat 2/3 anggota page yg masih usia sekolah

Cinta itu tidak pernah buta, mayoritas orang di dunia justeru jatuh cinta karena mata. Tapi cinta membuat mata kita tidak memperhatikan hal-hal masuk akal lainnya. Semakin berlebihan, semakin banyak yang terabaikan.

Ketika kita gagal memiliki sesuatu, boleh jadi karena kita memang belum pantas memilikinya. Dan yang menilai pantas atau tidak itu, bukan kita, melainkan yang maha memberikan penilaian.
Maka bersabar selalu lebih baik

Salah satu ironi itu adalah:
Banyak orang merasa amat cemas kehilangan sesuatu atau seseorang yang sebenarnya menyakiti dan merusak dirinya sendiri.
Tapi cuek dan santai saja melepaskan sesuatu atau seseorang yang sebenarnya setia dan selalu ada untuknya.

Kita tidak bisa menghakimi orang lain hanya karena kita memakai jilbab orang lain tidak. Kita pun tidak bisa memvonis orang lain hanya karena kita rajin shalat orang lain tidak.
Jika kita melakukan hal tersebut, maka kita lupa bahwa agama ini adalah nasihat. Orang lain itu adalah saudara kita sendiri, apakah kita akan sibuk menghakiminya atau sibuk saling menasihati? Beda sekali antara dua hal ini. Jika kita sibuk menghakimi, maka kalimat, tulisan, semua yang keluar dari kita adalah kebencian, tuduhan, fitnah, tapi jika sibuk menasihati, yang keluar adalah kasih sayang.
Inilah yang kadang dilupakan oleh kita. Termasuk saat bergegas memvonis orang lain sesat, berbahaya, dsbgnya. Kita lupa betapa sayangnya Nabi bahkan kepada seorang yang mencacinya.

Sebenarnya banyak orang yang melakukan kesalahan yang sama lebih dari dua kali padahal mereka tahu itu hal menyedihkan. Ada yang bahkan melakukannya 10x, kesalahan yang sama, orang yg sama, situasi yg sama. Berakhir dengan sakit hati yang sama, kekecewaan yang juga sama.
Itulah kenapa manusia itu kadang disebut keras kepala.

Hidup ini kadang tidak berjalan sesuai keinginan kita. Karena pengemudi hidup kita sejatinya bukan kita sendiri.
Jadi, tidak apa, kalau lagi susah hati, beban menumpuk di pundak, sesak, terperangkap di tengah, mau berteriak marah, nangis. Namanya juga hidup. Bersabarlah, tidak akan rugi orang2 yang bersabar. 

Obat dari segala obat, manjur di atas manjur bagi penyakit hati apapun adalah 'rasa syukur'. Cukup kecil saja dosisnya, sudah efektif mengobati hingga ke dalam-dalamnya.

Tidak ada yang kebetulan di muka bumi. Semua adalah skenario Tuhan, pemilik rencana paling sempurna.
Dengan meyakini semua adalah skenario dari Tuhan, kita bisa menerima kejadian apapun dengan lapang dada sambil terus memperbaiki diri, agar tibalah skenario yang lebih baik lagi.
 

Semakin banyak seseorang berjanji, maka seharusnya kita semakin menjaga jarak. Bukan sebaliknya malah cekikikan bahagia, percaya begitu saja.
Orang yang mudah sekali berjanji, biasanya, juga mudah sekali mengingkari.

Perpustakaan pertama yang memiliki novel RINDU adalah perpustakaan SMA Muhammadiyah 1, Yogyakarta. Saya bawa satu buku itu dari Bandung menemani perjalanan dua hari terakhir, agar bisa memeriksa hasil cetakan fisiknya.
Pagi ini, setiba di SMA Muhi, mengisi daftar tamu di perpustakaan, saya terdiam melihat belasan judul buku2 saya di letakkan di rak depan. 19 tahun lalu, saya harus berjalan kaki lima kilometer hanya untuk membaca buku di perpustakaan, hari ini tidak terbayangkan, sekolah2 mengkoleksi buku2 saya--termasuk yang berjudul 'bedebah' sekalipun. Saya berikan novel RINDU pertama itu ke perpustakaan.
Semoga novel RINDU bermanfaat. Novel ini baru didistribusikan minggu depan, baru merata di toko2 seluruh Indonesia akhir September.

Segelas jus pare itu terasa pahit, karena ada di satu gelas, lantas kita minum. Coba tuangkan segelas jus pare itu ke dalam kolam renang, apa masih pahit air kolamnya?
Begitulah pula kehidupan. Rasa sakit, sesak, kesedihan, kesusahan, kesulitan yg kita alami, itu terasa pahit kalau dilihat dari satu titik waktu, coba dibentangkan lebih luas demi masa depan yg lebih baik, demi manfaat bagi sekitar, maka apa tetap terasa pahit?

Mencintai dalam diam adalah seperti menari takjim sendirian di antara kabut pagi di sebuah padang rumput yang megah dan indah. Dan meski tidak tersampaikan, tidak terucapkan, demi menjaga kehormatan perasaan, kita selalu tahu itu sungguh tetap sebuah tarian cinta.
Semoga besok lusa bisa menari bersama dalam ikatan yang direstui agama, dicatat oleh negara.

Jangan bersedih hati meski keran rezeki kita kecil. Yang penting halal dan baik.
Jangan berkecil hati meski nilai2 kita seadanya. Yang penting jujur dan tdk mencontek.
Jangan merasa minder meski pekerjaan kita tidak keren di mata bnyk orang. Yang penting tdk menyuap masuknya.

Masa lalu itu bisa menyakitkan, dan ironisnya, kita tidak bisa lari darinya--meski sudah tertinggal di belakang. Jadi lebih baik belajar darinya. Jadikan guru terbaik.

Bahkan dalam posisi benar sekalipun, kita dilarang berdebat habis2an, ngotot2an minta ampun. Silahkan merujuk kitab suci, hadist2 sahih.
Tapi jangan berkecil hati, jika orang lain tetap asyik melakukannya, kita cukup menjaga diri, dan orang2 di sekitar kita yang masih bersedia mendengarkan. Di luar itu, bukan urusan kita lagi.

Bangsa ini suka sekali berdebat. Bahkan hal sepele sekalipun dibuat berdebat, yang tidak disadari justeru menjerumuskan kita semua ke lubang dalam kesia-siaan.
Ketahuilah, ketika kita asyik berdebat, bahkan yang bijak nan berilmu pun jadi ditarik ke dasar lubang itu.
Tinggalkanlah. Bergegas.

Kita tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Itu kehidupan kita, tidak perlu siapapun mengakuinya untuk dibilang hebat. Kitalah yang tahu persis setiap perjalanan hidup yang kita lakukan.
Karena sebenarnya yang tahu persis apakah kita itu keren atau tidak, bahagia atau tidak, tulus atau tidak, hanya diri kita sendiri. Kita tidak perlu menggapai seluruh catatan hebat menurut versi manusia sedunia.
Kita hanya perlu merengkuh rasa damai dalam hati kita sendiri.

Ada banyak hal yang sebaiknya orang lain tidak perlu tahu. 

Perasaan itu tidak seperti lampu lalu lintas. Yang petunjuknya jelas, lampu merah berarti stop, lampu hijau berarti ayo jalan, atau kuning berarti siap-siap. Kita tidak pernah tahu kapan waktu terbaik jika sudah berurusan dengan perasaan.
Bukankah sering kita merasa sudah "lampu hijau", ternyata cuma ke-GR-an doang. Merasa "lampu merah", tidak ada kesempatan, ditinggalkan, untuk besok lusa, berpuluh tahun kemudian setelah masing2 berkeluarga dengan orang lain, baru tahu ternyata dulu "hijau" sekali.
Demikian.

Cinta itu bukan soal kebersamaan apalagi memiliki.
Melainkan pada ingatan yang diletakkan di hati kita masing2, pun dalam doa2 yang dipanjatkan dalam senyap.
Itulah kenapa, kalaupun kita tidak memiliki seseorang/sesuatu, tidak bersama dengannya, atau malah dibenci karena salah paham, perbedaan, atau memang simpel karena tidak suka (apapaun alasan tdk suka tersebut), kita tetap selalu bisa menyebutnya dengan kata cinta.

*Sajak Ketika Sakit Hati
Ketika orang miskin dan lemah sakit hati,
Mereka hanya terduduk menangis tidak berdaya.
Ketika orang2 kaya dan kuat sakit hati,
Mereka bisa menghancurkan seluruh sistem.
Tapi jangan bersedih, karena ada sebuah rahasia kecil terbaik dalam sakit hati ini.
Yaitu ketika orang2 baik sakit hati, maka mereka akan menyiapkan rencana baru, mencari cara lain, semakin teguh berjuang, semakin tulus berusaha.
Kita selalu bisa memilih jenis yang mana. 

Hidup ini kadang hanya soal ditolak atau diterima.
Ditolak jangan2 buru sedih, boleh jadi telah menunggu kesempatan lebih baik. Diterima pun jangan buru2 riang gembira, boleh jadi itu buruk dan sangat buruk bagi kita.
 

**sumber : Facebooknya Bang Tere yang lagi ga aktif itu.