Senin, 02 Juni 2014

May's read 2014


oke, kenalan dulu dengan buku pertama, SPBU ; dongeng sebelum bangun. karangannya ayah Pidibaiq. dari awal ambil bukunya sadar banget gimana penulisan surayah ini. jangan mengharapkan kekocakan kayak di komik-komik seru lainnya, kalau kalian sudah baca serial Drunken yang dibuat beliau kalian akan paham perasaan saya. tapi yaa, saya ngakak juga bacanya #duh #selerahumor isi buku ini jauh dari lawakan yang disukai masa kini, tapi saya tetap ngerasa lucu aja bacanya, kadang yang ga nyambung ya udah lah saya sambungin #hah? ((maaf, udah ketularan)).

buku kedua, yang nyarinya susah banget, alhamdulillah karena ada proses barter dengan murid yang ultah beda sehari jadi bisa minta buku ini, kkkkk. Angels & Demons. karyanya oom Dan Brown, yang fix jadi satu dari sekian penulis favorite saya setelah saya mengkhatamkan The Da Vinci Code, jangan tanya betapa senangnya saya dapet buku ini. saya sudah review ga jelas buku ini di sini sila jika berkenan.

Friend(love)ship ; The Romantic Girls #1 adalah buku ketiga yang saya baca bulan ini. berkisah tentang 12 ((kayak boyband Korea)) perempuan cantik, cerdas, kaya, mandiri, berdedikasi, terpandang, dan cukup usia untuk menikah. dengan usia yang sudah kepala tiga, 12 perempuan mencari jodohnya, siapa yang berhasil memenangkan "piala bergilir"? ummm :) bahasanya ringan, khas anak jaman sekarang, konfliknya juga yaa standar bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari jadi kita ga akan ngerasa aneh sama konfliknya atau ngerasa kok fairytale banget ini novel? karena memang dibuat untuk mudah dibaca sama yang baca ((sumpah, efek S.P.B.U ini mah.))

selanjutnya, milih buku yang agak berat, yang bacanya pake mikir, Maryam Menggugat. dapetnya di bazaar juga, buku ini berkisah mengenai seorang muslim yang tertarik untuk meneliti video kampanye Save Maryam yang diluncurkan oleh Mercy Mission, sebuah lembaga sosial di Inggris yang mengkampanyekan "penyelamatan kaum muslim di Indonesia.", bagi yang sudah menonton videonya pasti tahu apa maksud pembuat video ini, bertujuan untuk mengumpulkan dana demi masyarakat Indonesia agar pertumbuhan kristeninasi tidak meraja lela. penulis meneliti kebohongan data dan niatan yang mungkin menjadi tujuan asli Mercy Mission ini, bagaimana mereka asal mengambil data, pernyataan yang tidak saling relevan. sayangnya, buku ini anti klimaks. ibaratnya kita sedang asik nonton film lalu di tengah perjalanan mati listrik dan setelah listrik hidup filmnya sudah habis, tapi kita tidak menemukan ending film tsb dimanapun. blas. cuma sekadar penutup do'a untuk Mercy Mission dan ga ada apa-apanya lagi. hah. so membuat bingung.

lalu ada Sherlock, Lupin, dan Aku. buku ketiga dari serial perjalanan, Holmes muda, Lupin, dan Irene Adler. kali ini berlokasi di Inggris dan hey, Liverpool! haha. berkisah tentang Biarawan Hitam yang mengiklankan sebuah kode papan catur yang segera disadari oleh Holmes bawa itu bukan iklan sembarangan ((hhhh, apa mulai sekarang wa juga harus merhatiin iklan-iklan di koran?)), lalu dimulailah petualangan menyenangkan bagi tiga makhluk ini. dan ohya, saya baru tahu kalau ada buku ke-empatnya. yehet! karena ini adalah series atau buku Sherlock yang bisa menarik hati saya selain karangan Sir Arthur. ((tepuk tangan))

buku ke enam ada Manusia Pilihan Tuhan, kisah tentang 25 Nabi utusan Allah. uhuhu, awa suka banget buku beginian, soalnya dengan baca buku ini jadi tahu kisah masing-masing nabi, jadi ga bego kalau kelak anak gue nanyain cerita hidup nabi-nabi Allah. ehey. bahasanya ringan, mudah dimengerti dan ada gambarnya sedikit.

berikutnya, a Garland for Girls karyanya mbak Louisa May Alcott. saya yang memang udah kepengen baca buku karangan beliau ini sejak namatin Little Women jelas senang banget, dong, bisa dapetin buku yang mungkin udah jarang banget di toko buku apalagi di Lampung ini. buku kali ini berkisah tentang cerpen gadis-gadis muda remaja yang setiap chapternya digambarkan dengan bunga, ada ivy, mawar, dll dsb ((awa lupa)) ((maafkan)). setiap chapternya memiliki pesan tersendiri di akhir kisahnya, yang kebanyakan adalah bagaimana memperlakukan orang disekitarmu, berbuat baik dan tentunya bermanfaat bagi orang lain. dan ternyata Louisa punya kehidupan seperti Jo, uhuhu Jo kesayanganku~~~~

yang kedelapan di tahun ini milik The Kite Runner, melihat sampul depannya dengan tagline "#1 New York Times Bestseller" cukup untuk meyakinkan diri bahwa saya harus membawa buku ini pulang ke rumah, tidak boleh lama-lama dibiarkan di toko buku ((kok malah jadi kayak mau maling)). berlatar Afghanistan pra, saat, dan pasca peperangan, digempur tentara Rusia, akhirnya di "selamatkan" Taliban, sampai berakhir saat dua gedung tertinggi Amerika dijatuhi bom. Amir dan Hassan, dua anak lelaki sepersusuan, jangan tanya betapa erat kasih sayang dan jalinan persaudaraan ((yang tidak mau di akui Amir kecil)) terjalin, dan jangan tanya betapa saya membenci Amir sampai akhirnya Tuhan berbaik hati menyelamatkan dia dan membalas semua perbuatan dosanya yang lalu dengan kesesakan dengan keterpurukan, dan dengan yakin saya sepakat bahwa dosa masa lalu seseorang bisa saja berakibat pada masa depan dia dan orang yang dicintainya. 490 halaman dan saya menangis meraung-raung di beberapa babnya, dan tentu saja setiap kalimat itu muncul, membuat hati kebas saat membacanya, "untukmu, keseribu kalinya.".

Al Quran Menyelami Rahasia Lautan adalah buku berikutnya di bulan ini. demi Allah, sebenarnya justru buku beginilah yang kita butuhkan sekarang. bukan buku yang isinya melulu cinta dan aturan dalam agama, iya itu penting memang, sangat. tapi seharusnya cukuplah satu ayat untuk menenangkan diri kita tentang hal-hal yang memang sudah diatur dan tak akan berubah sampai hari kiamat. sementara ilmuwan luar negeri berbicara soal pendidikan dan kita hanya diam. buku sains religi adalah salah satu favorite saya, apapun tema isinya, kalau udah sains dicampur agama, udah deh, lemah.

berikutnya, buku kesepuluh. Keistimewaan 65 Sahabat Pilihan. huhu, baca buku ini rasanya kepengen ada di jaman Rasulullah saw, jadi salah satu bagian dari keluarga besar muslim yang dipersatukan oleh ukhiwah. begitu indah. masing-masing diceritakan dengan jelas, sejak awal mula mengenal Islam, bertemu Nabi saw. kehidupan keseharian dan saat kembali kehadapan Rabbnya. indah. menggugah.

akhirnya, sampai pada satu buku yang ummmm bikin "apa sih bagusnya elo, kok kayaknya orang-orang yang gue suka (i mean admire) rekomendasiin elo?" ke 1Q84, buku punyanya Haruki Murakami, sebenarnya penasarannya bukan ke bukunya tapi ke penulisnya, akan tetapi karena nemunya cuma edisi 1Q84 yaa sudah, hajar aja yang ada. dibuat 3 jilid, dan saya baru menyelesaaikan jilid 1 nya yang sukses bikin saya kesel sama kakek Haruki. i mean, kek kenapa bisa asik gini sih nulisnya? kenapa bisa bikin saya penasaran dan akhirnya kesel sendiri, seneng sendiri, angguk-angguk kepala sendiri> ((itu sih karna lo bacanya pake mata kepalalo sendiri, Nay)) ((yaa maap)), jadi buku ini berkisah mengenai Tengo dan Aomame yang masing-masing punya jalan kehidupan sendiri-sendiri dan wa yakin kelak akan bertemu ((puter Afgan - Jodoh Pasti Bertamu eh Bertemu)), mereka berdua punya kisah unik dalam perjalanan hidupnya, pekerjaan yang unik atau bisa kita sebut melanggar hukum, dan akhirnya bermuara pada dunia yang unik. ah, sudahlah, baca saja kisahnya, saya toh jadi ga sabar ketemu jilid 2 dan 3 nya sesegera mungkin biar ga mati penasaran ((berarti wa jangan mati dulu sebelum baca sampe selesai)).


nah, dari pada semakin aneh aja saya cerita soal buku-buku ini kita sudahkan dulu sampai di sini, plus apa kalian tahu? kalau ga tau yaa sekarang saya kasih tau, yaa. tadi pagi saya dapet email, dari goodreads, isinya? ngasih tau kalau Cormoran Strike bakal keluar lanjutannya di tanggal 24 Juni, wa histeris seketika, dong. yaa menurut lo aja, sik. huhu, sayangku, maafkan jika aku tak menjagamu dengan baik @/uangdalamdompet

Tidak ada komentar: