Rabu, 08 Januari 2014

the fabulous Udin ; semua seakan mudah saat ia ada


namanya begitu terkenal di jejaring sosial para followers akun twitter @WOWKonyol. Udin, begitu sapaannya, dan begitulah memang namanya, Udin, dan memang hanya Udin.

dengan slogan "semua seakan mudah saat ia ada" kita seolah bisa memprediksi bagaimana si Udin ini dalam cerita. ia digambarkan sebagai remaja kelas 8 Sekolah Menengah Pertama, sederhana dan bersahaja. Udin, sang pemecah masalah, segala sesuatu yang tidak bisa diselesaikan orang lain bisa dengan mudah ia bereskan ((yaa, namanya juga tokoh utama)) ((ywd c.))

judul buku : The Fabulous Udin
penulis : Rons Imawan / @WOWKonyol
penyunting : Dila Maretihaq Sari
perancang & ilustrasi sampul : Fahmi Ilmansyah
Ilustrasi isi : Fahmi Ilmansyah
penerbit : Bentang Belian ( PT. Bentang Pustaka )
tebal buku : xii + 384 hlm; 19cm
ISBN 978-602-9397-82-6



saya menutup buku ini dengan rasa cinta kepada Inong, si gadis mulia yang rela memberikan mimpi terindahnya untuk seorang sahabat yang baru saja datang dalam kehidupannya. Inong mengajarkan banyak hal tepat di saat saya membutuhkannya. Inong membuat saya menangis dalam perjalanan pulang dari trip pulau Jawa, membuat saya tegar setelah kabar duka yang mungkin bisa menghancurkan pertahanan diri saya. dan Udin, ahhh terimakasih untuk semua tokoh imajiner dalam buku-buku yang telah mengajarkan banyak hal tentang kesederhanaan, bahwa merasa cukup untuk apa yang kita miliki adalah jalan terbaik agar rasa syukur selalu ada.

buku ini recommended!

***
jika segala hal direncanakan, apa menariknya hidup? rencanakan sebagian. sisanya, biarkan jadi kejutan.

semakin kaya manusia, semakin miskin jiwa sosialnya. semakin ketat kompetisi, semakin tinggi tekanan batinnya. semakin lupa kepada Sang Pencipta, semakin hampa jiwanya.

dalam situasi tertentu, terkadang melakukan sesuatu jauh lebih baik ketimbang diam pasrah dan berdoa. saat kita melakukan sesuatu, mungkin saja saat itu adalah proses di mana Tuhan mendengarkan doa kita.

kalau masalah nggak bisa diselesaikan, jangan lari, tapi juga jangan menyerah. masalah itu enaknya diketawain.

sahabat diciptakan bukan untuk mencegahmu dari jatuh, melainkan membangunkanmu saat jatuh. kenapa? karena sejatinya, sahabat tak pernah mengatur.

sahabat adalah orang yang mampu mendengarkan lagu di dalam hatimu, dan ikut menyanyikannya lagi saat kau lupa liriknya.

sejatinya, orang hebat adalah mereka yang mampu membahagiakan orang lain meskipun dalam keadaan sulit.

apabila saaatnya tiba, dia akan menyapa Udin atas nama cinta, bukan sahabat. perasaannya kini ia titipkan di palung lautan terdalam. tidak, Inong tak menyimpannya dalam hati, terlalu mengundang risiko. sungguh, segenggam rumput pun tak akan pernah dia biarkan tahu.

saat aku tidak mampu mewujudkan mimpi untukku sendiri, kenapa aku mengabaikan mimpi orang lain? i have to do something.

making someone smile is one of the best feeling. making someone happy is one of perfect thing.

tak ada kepergian yang lebih disesali saat isi hati tak tercurahkan. tak ada kehilangan yang lebih menyayat hati melebihi rasa cinta yang tak pernah ditunjukkan.

demi anak, kadang orangtua rela melakukan hal bodoh, lebih bodoh dari apa yang dilakukan anak-anaknya.

seorang ibu tak pernah merasa sendirian dalam pikirannya. dia selalu berpikir dua kali. satu untuk dirinya sendiri, dan satu lagi untuk anak-anaknya. menjadi seorang ibu sepanjang hari adalah pekerjaan dengan upah tertinggi karena bayarannya adalah cinta sejati. Udin memiliki itu. dia akan membayarnya secara tunai. setiap hari, semampunya, sepanjang hidupnya.

jika kamu sanggup mengangkat beban terberat di pundakmu, beban-beban lain yang lebih berat dari itu bukan masalah untuk kembali ditampuk.

aku mau dia menemaniku terus tiap hari. lalu, pada saatnya tiba, aku akan meminta dia memelukku erat-erat. dan saat memejamkan mata, aku akan merasa dia menemani tidurku, selamanya.

cinta memang tak harus memiliki. itu benar. Tuhan tak selalu menyatukanmu dengan cinta sejati, melainkan dengan yang terbaik. yang terbaik tak selalu cinta sejati, bukan?

menyenangkan orang lain melalui tindakan, lebih baik daripada seribu kali menundukkan kepala memanjatkan doa. - Saadi, penyair Persia

meski hanya aku yang meninginkanmu, tak masalah. kau tak harus memiliki perasaan yang sama. rasa sayangku teramat banyak untukmu, dan itu cukup untuk kita berdua.

begitu banyak mimpi dan kebahagiaan yang dia miliki, tapi sedikit yang bisa dinikmati. kenapa tak membaginya dengan orang lain saja, selagi masih ada waktu.

terkadang, cinta tak bisa menunggu. terlambat sedetik saja, dia tak akan pernah tahu....untuk selamanya. bukan hanya kamu yang akan kecewa, tapi dia juga.

cinta yang hadir dari kerendahan hati tentu lebih tulus daripada yang lahir dari ketinggian hati.

jika cinta itu agama, maka aku memelukmu seperti memeluk agama. tak akan pernah kulepas hingga aku menua dan tiada. jika aku pindah ke lain cinta, maka aku pindah agama. tak akan pernah kuganti hingga aku meregang nyawa. demi Tuhan, aku mencintaimu. karena Tuhan....aku memilikimu.

cinta tidak pernah menuntut. cinta selalu memberi. cinta selalu menderita; tanpa pernah meratap, tanpa pernah mendendam.

air bisa memadamkan api. itulah kenapa saat hatimu terbakar, kamu harus menangis. biar api di dadamu padam oleh air mata.

cinta jelas tak harus memiliki. kehilangan sesuatu yang belum pernah dimiliki memang dilema yang aneh.

banyak yang percaya bahwa "cinta tak harus memiliki", padahal kenyataannya banyak yang "memiliki, tapi tak harus cinta."

saat manusia mendapat cobaan atau masalah, terkadang mereka tak harus selalu melibatkan orang-orang terdekatnya. bukan karena mereka tidak percaya, melainkan karena mereka ingin menyelesaikannya sendiri. pada akhirnya, mereka akan kembali dengan dua pilihan alasan : mereka akan kembali untuk membagi kesulitannya saat membutuhkan kita, atau mereka kembali untuk membagi kebahagiaannya saat masalah itu berlalu.

saat seorang kawan membahagiakan orang yang kita sayangi, terkadang itu lebih bernilai daripada saat dia membahagiakan diri kita secara langsung.

itulah cinta. terkadang, pengorbanan besar mampu mengembalikannya pada saat tak terduga.

((ga nyangka ternyata buku yang awalnya saya kira isinya lelucon ternyata punya kalimat indah hampir sebanyak milik bukubukunya bang tere, xoxo))

**puisi Inong untuk Suri
permintaan terakhir

tiada ragu aku akan adanya Engkau
tiada bimbang aku akan kebesaran-Mu
tiada jemu aku memuja keelokan-Mu
tiada takut aku akan cinta-Mu ....

sesungguhnya, tak ada tempat yang seperti jauh
cakrawala tahu, kau tak pernah beranjak
langit ketujuh melihat, senyummu tengah meledak
tak ada tempat yang seperti jauh

aku berduka, bukan karena kehilangan napasmu, tapi senyummu
aku merana, bukan karena kehilangan ragamu, melainkan keindahanmu
akulah sahabat, tapi sahabat sesungguhnya adalah malaikat
akulah kasih sayang, tapi kasih sayang sesungguhnya adalah Tuhan

hanya satu pintaku,
"sudilah kau mampir ke sela mimpiku saat aku merindukanmu .."

Inong

**puisi Udin untuk Suri, ada dua puisi

pesan untuk Tuhan

Tuhan, jangan membuatku menderita
tutuplah kedua kelopak matanya, agar ia tenang dari deritanya
Tuhan, jangan membuatku kesakitanambillah segera napasnya, agar ia terbebas dari sakitnya
Tuhan, jangan membuatku menangis
hentikan denyut jantung, agar ia menghentikan tangisannya
Tuhan, jangan membuatku ketakutan
baringkat ia di pelukan-Mu, agar ia bisa membunuh rasa takutnya ....

terima kasih, Tuhan
kini ia bersaama-Mu
tolong jaga dia, sampai aku memintanya kembali
bukan dikehidupan ini, tapi di kehidupan nati

selamat jalan, sayang. calon bidadari surgaku ....

Udin

**puisi kedua

rambutmu adalah mahkotamu. rambutku adalah kerelaanku.
nyawamu adalah hidup dan masa depanmu. nyawaku adalah simbol cinta dan pengorbananku.
jika kau butuh kaki, kau akan berjalan di atas kedua kakiku.
jika kau butuh ginjal, akan kulepaskan ginjalku untukmu.
jika kau butuh mata, kau akan melihat dunia dengan kedua mataku.
jika kau butuh darah, akan kubiarkan darahku mengalir di tubuhmu.
jika kau butuh hati, kau akan merasakan suka-duka kehidupan melalui hatiku.
jika kau butuh jantung, akan kubiarkan detak jantungku berdegup sepanjang waktu di dada kirimu.
bahkan, jika isi kepalaku sanggup menyembuhkanmu, kau akan berpikir dan mengejar mimpimu dengan otakku.
tapi, Tuhan lebih memercayaimu daripada aku, hingga lebih memilihmu untuk menyelami ujian-Nya.
tapi, Tuhan lebih mencintaimu daripada aku, hingga tak ixinkan aku menukar tempatmu di sisi-Nya.
rambutmu adalah mahkotamu. rambutku adalah simbol kerelaanku.
jika nyawaku mampu memulihkanmu, kau akan hidup untukku,
dan, bernapas untuk bahagiaku ...

Tidak ada komentar: