Kamis, 23 Januari 2014

tetap tenang


Tetap tenang, krn cuma itu caranya klo ingin tetap tenang. Manusia adlh miniatur alam smesta. Lbh luas dr cacian. Lbh besar dr pujian. Dadah 
 
Tetap Tenang, karena cuma itu caranya kalau ingin Tetap Tenang. Kegagalan dan merasa sedih, tidak selalu berarti kekalahan. Salam Sayang! 

- @pidibaiq twitter


berkali-kali saya membaca kalimat surayah (begitu kami -para followers eh teman di twitter- memanggil beliau), seorang penulis, pemusik, dan bagi saya pemberi kalimat yang baik. sampai akhirnya saya berpikir bahwa benarlah kunci untuk selalu tenang menghadapi segala situasi tidak lain adalah tetap tenang.  ya. tetap tenang. kalau lata Cris, sih, "calma...calmaa..." pas ngejebol gawang Barca ((wakakaka)) ((biased)) ((biarin aja)) ((HALA MADRID)).

lalu saya berpikir lagi ((alhamdulillah masih bisa mikir)) bagaimana caranya tetap tenang? ((kemudian backsound suara surayah)) "yaa tetap tenang!", mungkin maksudnya tidak grasak grusuk seperti orang yang heboh sendiri ((kan mending heboh ramerame)) tidak lekas mengambil keputusan sebelum bisa berpikir dengan jernih, dan tetap tenang.

lah, trus gimana supaya tetap tenang? jawabannya ada di QS Ar Rad : 21.

lalu bagaimana mengaplikasikannya? kalau pengalaman saya nih, yaa. yaa memang satu jalan itulah yang membuat kita tetap tenang, yaitu tetap tenang. sekalipun mungkin apa yang kita alami itu mendadak, terasa sekali menyesakkan, apalagi kalau hal yang kita alami adalah sebuah masalah pelik, yang membuat kita kesal, ingin marah, atau bahkan kepingin ngelempar emas monas ke orang lain saking bete nya, tetaplah tenang. setidaknya dengan tetap tenang kita tidak akan mempermalukan diri sendiri dengan tidakan tibatiba kita atau kita tidak akan menjadi orang yang terburuburu memecahkan masalah tanpa berpikir.

tetap tenang adalah satusatunya cara, sebab kalaupun kita ga tenang yaa toh masalahnya tetap ada, kan. contoh nih, yaa, kita terlambat datang ke sekolah, ke kampus, atau ke tempat kerja, misalnya masuk pukul 08.00 wib dan kita pukul 07.45 wib baru saja berangkat dari rumah, di mana lokasi tujuan harus ditempuh selama 45 menit, hayoloh? kita mau mencakmencak juga ga ada guna, kan? toh, kita akan tetap terlambat. jadi tenang saja, mungkin dengan ketenangn kita, kelak kita akan berpikir bagaimana supaya kita bisa melakukan segala sesuatu sebelum berangkat tanpa harus terlambat. ((jebal, ini gue banget)) ((harus dilakukan)).

contoh berikutnya, dulu Aa Gym sering memberikan contoh supaya tetap tenang, misal, saat kita sedang jalanjalan di taman, lalu kita terkena lemparan bola atau kotoran burung, kita mau marahmarah juga kan udah kena, toh? yang ada kalau marahmarah yaa kita capek sendiri, kesel sendiri, jadi tetap tenang saja. toh tenang tidak tenang kita tetap mengalaminya, bukan?

dan tetap tenang ini tidak hanya berlaku untuk kasus mendapatkan masalah saja saudarasaudara, mendapatkan kebahagiaan juga kita harus tetap tenang, tidak dengan berlebihan dan membuat suasana malah menjadi tidak nyaman.

jadi, tetaplah tenang dalam segala situasi. semoga dengan tetap tenang kita tidak perlu menyesali apa yang sudah kita lakukan, dan kita tidak merusak hari yang sedang kita jalani.

nb : buat saya juga, semoga dengan ketidaktenangan yang ((sering)) saya dapatkan, saya tetap bisa tetap tenang, sebab hanya itulah satusatunya cara agar tetap tenang. :)