Sabtu, 25 Januari 2014

tentang penjelasan


seberapa sering kau menantinya tiba, diantarkan ke depan matamu, dengan cara yang indah atau bahkan perih menyakitkan.

begitulah ia, penjelasan, diberikan kepada kita, yang selalu membutuhkannya.

terbungkus kado indah, atau mungkin duri yang melukai.

suka atau tidak, mau atau tidak. ia datang dengan perintah pemilik semesta, turun dari langit dunia, menghampirimu yang penuh tanda tanya. lupakan kesempatan untuk berkilah, apalagi menjauh darinya. penjelasan akan selalu menemukanmu, seperti takdir yang tahu kemanapun kau pergi dan di mana kau coba sembunyi.

penjelasan tidak perlu kau buru, ia tiba tepat waktu.

penjelasan tidak harus kau tunggu, sayang. ia tak pernah datang terlambat. kau saja yang terkadang memaksanya datang cepatcepat.

ia datang di waktu yang tepat, yang bahkan kau mungkin tak menyadarinya. ia datang dihantarkan oleh seseorang yang pas, tempat yang semestinya, sekalipun kau tak bisa langsung memahaminya. 

begitulah ia dicipta, menyadarkanmu yang tersesat atau terlambat memahami. menyapamu saat kau benarbenar siap. hey, ia dikirim langsung oleh Tuhan, jadi ia pasti datang di waktu yang membuatmu benarbenar mengerti.

jangan terburu memintanya tiba sekarang, bisa jadi kau malah menghancurkan jalan cerita terbaik. tapi jangan takut jika ia muncul saat ini juga, ia hanya menjalankan takdir yang maha kuasa.

maka, berdo'alah pada Dia yang menggenggam hatimu. mintalah supaya kelak, saat penjelasan itu tiba kau ada dalam kesiapan, kau ada dalam ketenangan, menerima apapun kebenaran yang datang. kini, saat ia masih melayang di langitlangit kehidupan, menunggu kapan ia diturunkan, jalani hidup ini dengan kebahagiaan, setidaknya saat ia datang kau bisa menyambutnya dengan senyuman. dan saat ia jelas, kau masih bisa menyadari bahwa ia sama sepertimu, ia juga hanya menjalankan takdir Tuhannya.