Jumat, 15 November 2013

#5BukuDalamHidupku - ibadah sepenuh hati ; ketenangan hati melalui nasehat indah


terhitung sejak membelinya di masa kuliah dahulu, saya sudah 3 kali mengulang membaca buku ini. buku yang sangat amat bermanfaat, membuka mata dan hati, menyadari betapa banyaak kesalahan serta membuat diri ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari.



membaca buku ini untuk pertama kali membuat saya sangat sedih, sungguh. sebab begitu banyaknya hal yang tidak saya tahu, hal yang seharusnya saya pelajari sejak dulu, hal yang dekat dengan kehidupan sebagai seorang muslim. tetang shalat, zakat, al qur'an, haji, do'a, dan tentang sang Pencipta jagad raya.

judul buku : ibadah sepenuh hati
penulis : Amru Khalid
judul asli : Ibadatul Mukmin
penerjemah : Saiful Haq
editor : Tony Syarqi
penerbit : AQWAM
cetakan : IX Februari 2008
tebal buku : 296 hal : 23 cm
ISBN 979-3652-18-3

***
 

tidak bisa dipungkiri ketika saya sampai ke bab "engkau belum mengenal Tuhanmu!" itu rasanya nyes nyessss banget. membaca kalimat per kalimatnya membuat saya berpikir bahwa betapa kecilnya semua hal yang pernah saya lakukan, amalan yang tak seberapa dan betapa sulitnya meraih kekhusyukan dalam ibadah.

dalam setiap akhir sub bab yang dijelaskan saya sungguh seperti merasa tersindir, untuk banyak hal yang belum dilakukan. buku ini pula yang menemani saya dalam kegalauan, setiap kali merasa hati saya terluka, gudah, dan tidak tenang, mengikuti apa yang diperintahkan dalam kitab suci "ingatlah Allah agar hatimu tenang", maka membaca buku ini selalu menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan pikiran.

buku ini begitu berpengaruh dengaan pola pikir, gaya hidup, dan cara beribaadah saya, bagaimana seorang lulusan Al Azhar yang pernah menjabat sebagai ketua BEM di sana menuliskan kata-kata indah yang mempu menusuk ke dalam jiwa, sehingga setiap jiwa yang sakit yakinlah akan tertampar dengan membaca buku ini. buku ini memberikan saya kepercayaan lebih untuk mencintai agama yang saya anut, mencintai apa yang Tuhan anugerahkan, dan mencintai semua ibadah yang memang seharusnya dilakukan.

maka, saya tidak ragu menempatkan buku yang mempunyai dua buku susulan yang saling berkaitan ((semulia akhlak nabi dan hati sebening mata air)) ini menjadi buku kedua paling asik sepanjang hidup saya. membaca prolong dalam setiap babnya saja sudah menyejukkan terlebih bahasan-bahasan selanjutnya. buku ini satu dari sekian buku yang saya tidak akan pernah bosan itu membacanya lagi dan lagi, membacanya hingga ia kembali memberikan motivasi besar untuk mencintai ibadah kepada Allah.

Tidak ada komentar: