Selasa, 12 November 2013

#5bukudalamhidupku - how to master your habits ; 30 hari untuk 1 kebiasaan baik


"mbak, ikutan nulis #5BukuDalamHidupku, yok!" , kata mbak Gita ketika beliau baru sampai di kantor sore kemarin.
"itu apa?" jawabku.
"buka di twitterku aja, ada linknya. kita nulis 5 buku paling berpengaruh dalam hidup kita. setiap hari satu buku tapi ga boleh putus dari Selasa sampe Sabtu."
*manggut-manggut*

jadilah sekarang, 12.48 p.m saya di depan laptop kesayangan, nulis tentang buku urutan ke-5 paling "asik" dalam hidup saya, sepanjang saya membaca buku sampai dengan tanggal 12 Nopember 2013.

here we go !

***

permasalahannya sedari dulu, selalu saja, bukan terletak pada bisa atau tidak bisa. tetapi lebih kepada mau atau tidak mau.

judul : how to master your habits
penulis : felix y. siauw
penyunting : ramadhi
tata letak : tim alfatihpress
perancang sampul : tim alfatihpress
tebal : 160 hlm + vii, 20,5 cm





sudah masuk radar buku ter-akandibelisesegeramungkin sejak berbulanbulan lalu, dan akhirnya tanggal 19 Mei dengan izin Allah saya mendapatkan buku ini. jujur saja pertama membukanya saya degdegan berasa buku apaaaa gitu. dan akhirnya setelah......errrrr....sekian hari saya bisa mengkhatamkan buku ini. #idupinkembangapi

lantas mengapa saya memasukan buku ini dalam 5 besar buku "ter-asik dalam hidup"? ya karena seperti apa yang mas Irwan instruksikan, tulislah buku yang paling merubah hidupmu sekalipun bukan buku terbaik yang pernah kamu baca, dan yah buku ini salah satu dari lima. sering sekali melihat covernya berseliweran di timeline twitter dan seorang murid yang tiba-tiba datang sambil membawa buku ini ke tempat les membuat saya semakin penasaran, jujur saja selain membaca review beberapa orang yang sudah pernah menyelesaikan buku ini, covernya pun sudah cukup untuk menggoda saya mengambil 1pcs dari rak di toko buku kesayangan dan memindahkannya ke dalam rak buku pribadi di rumah.

Habits ((begitu saja akan saya singkat judul bukunya)) adalah sebuah buku motivasi ((sekalipun yang nulis sendiri bilang ini bukan buku motivasi)) sebuah buku yang berisi tentang bagaimana sih mengatur kebiasaan-kebiasaan yang kita punya sampai akhirnya kebiasaan tersebut "bekerja" untuk kita. Ust. Felix, sang penulis menjabarkan dengan baik mengapa kita harus membentuk kebiasaan, bagaimana caranya, dan bagaimana mempertahankannya.

30 hari, kata Ust. Felix. 30 hari adalah waktu yang dibutuhkan untuk kita membentuk sebuah kebiasaan entah itu baik atau malah buruk. contoh nyata 30 hari tersebut adalah saat umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan, selama 30 hari berpuasa dengan pola makan yang terjaga, secara fisik seluruh bagian dalam pencernaan kita mengalami fase baru, dan selama 30 hari yang kontinyu ia punya kebiasaan baru yang lebih baik, maka terkadang saya merasa kalau di hari 'Idul Fitri yang banyak makanan justru tidak ingin banyak makan sebab pola 30 hari sebelumnya sudah menjadi.......sebuah kebiasaan. lambung dan sistem pencernaan sudah terbiasa selama 30 hari bekerja sesuai jadwal sahur dan berbuka, sehingga tubuhpun merespon seolah kita masih dengan pola yang sama pada hari tersebut ((ya kali badan kita tahu kalau hari itu hari raya)).

lakukan, praktekan, terus-menerus, hingga menjadi terbiasa dan tubuh kita sendiri yang tanpa diperintah menjalankan apa yang sudah menjadi hal yang selalu kita lakukan sebelumnya adalah tujuan utama buku ini. bahaimana akhirnya kebiasaan kita menjadi hal yang memang secara alami kita lakukan, tidak perlu lagi mengkomando otak dan anggota tubuh.

menutup buku ini di halaman terakhirnya, saya memutuskan untuk mencoba mempraktekan apa yang ada di dalam buku ini, serta bertanya-tanya, apa yaa kira-kira kebiasaan baru saya 30 hari setelah ini?

dan, bingo!

sebulan kemudian saya shalat Subuh di masjid setiap hari, dan berlanjut hingga hari ini.

sebelumnya saya hanya ingin "ngetes" benar tidaknya 30 hari itu, dan saya memutuskan memilih sebuah kebiasaan baru yang kelak akan saya senangi dan kebiasaan itu baik serta bermanfaat. maka saat suatu pagi saya melihat kakak saya pergi Subuhan ke masjid dan saya shalat di rumah, saya berpikir mungkin ini bisa menjadi salah satu hal baik yang akan saya buktikan dalam 30 hari ke depan. dan mulailah sejak hari saya selesai membaca buku ini --pasca Ramadhan-- saya praktekan apa yang sudah saya pelajari. maka, saya mulai berpikir untuk "kebiasaan apa lagi yaa, yang nanti hasilnya baik", lalu memutuskanlah untuk menabung setiap hari di rumah, di simpan di lemari baju! tebak apa yang terjadi 30 hari kemudian? ya, menabung menjadi hal wajib di keseharian, yang sebelumnya memerintahkan otak dan anggota tubuh sekarang mereka seakan berjalan sendiri melakukan kebiasaan baru itu.

jadi, 30 hari project pertama sudah dibuktikan, dan valid! ehhehehe. sekarang, tinggal menjalannya 30 hari 30 hari berikutnya. perlahanpun tak apa asalkan kebiasaan itu baik bagi kita dan orang lain.

dan selain mencobanya pada diri sendiri saya juga melihat keadaan sekitar, bagaimana orang-orang yang sering saya temui setiap harinya, keluarga, rekan kerja, bahkan sopir angkutan umum. bagaimana mereka melakukan semua hal yang sebelumnya tidak selalu mereka lakukan menjadi hal yang ((bahkan mungkin)) selalu mereka pikirkan saat pertama kali membuka mata di pagi hari. jadi, pilihlah kebiasaan yang baik, untuk masa depan yang baik pula.

nb : ditulis dalam rangka memeriahkan #5BukuDalamHidupku-nya mas IrwanBajang. ini buku urutan ke-5 paling berpengaruh dalam hidup saya, kalau versi saya menjabarkannya sih "buku paling asik dalam hidup", yang ga akan pernah bosan untuk dibaca bahkan sekalipun kita sudah hafal diluar kepala kata dalam setiap halamannya. dan oya, mas Irwan, saya ini pencinta huruf kecil jadi mohon ketersediannya jikapun saya tidak menulis dengan aturan menulis yang baik dan benar, hehehe.

Tidak ada komentar: