Kamis, 24 Oktober 2013

Abu Bakar r.a ; sahabat yang jujur lagi membenarkan


"siapakah orang yang paling kau cintai di dunia ini, wahai Rasulullah?"

"'Aisyah."

"jika dari kalangan laki-laki?"

"ayahnya 'Aisyah."

sepenggal percakapan seorang sahabat saat ia sedang berjalan bersama Rasulullah saw. percakapan yang terus teringat dalam kepala sejak pertama kali membacanya.

siapa ayahanda 'Aisyah sang istri tercinta, manusia yang paling Nabi saw cintai?

***

namanya Abu Bakar, gelarnya As Shiddiq. meruapakan sahabat utama Rasulullah saw, tidak ada satupun yang meragukan keimanan dan keislamannya. gelar "sahabat" diberikan langsung oleh Allah dalam QS at Taubah : 40, adalah sebuah cerita yang sudah sangat masyur dalam lingkungan kehidupan umat Islam. kisah mengenai Rasulullah saw dan Abu Bakar yang masuk ke dalam gua untuk melindungi diri dari musuh yang ingin membunuh mereka berdua. Allah menjadikan Abu Bakar begitu spesial dimata Rasulullah saw, sang Nabi begitu mencintainya, membanggakannya, menjadikan tempat bercerita. Abu Bakar lah orang yang selalu mempercayai apapun yang Rasulullah saw sampaikan, termasuk orang pertama yang masuk Islam, berjihad bersama, dan dengan akhlak mulianya tidak ada satu orang pun yang meragukan bahkan menolak beliau sebagai khalifah pertama sejak Rasulullah saw wafat.

memerintah kaum muslim sebagai khalifah pertama semenjak meninggalnya Rasulullah saw, Abu Bakar r.a mampu menjalakankan tugasnya dengan baik, seluruh rakyatnya percaya akan kredibilitas beliau dan yakin serta mencintai apa yang beliau kerjakan.

selama 2 tahun memerintah kaum muslimin beliau meneruskan apa yang telah Rasulullah saw kerjakan dengan adil dan bijaksana. sehingga saat beliau wafat seluruh rakyat berduka dan merasa kehilangan.

**setelah menyelesaikan buku pertama dari paket Khalifah Rasulullah

inilah umat Muhammad, kelompok manusia yang pealing awal memasuki surga.
dan inilah Abu Bakar, manusia pertama diantara mereka yang memasuki surga.

Tidak ada komentar: