Rabu, 07 Agustus 2013

beyond the inspiration ; to see beyond the eyes can see


mengapa ada satu masa dimana Islam dapat menjadi inspirasi dan motivasi yang menjadikan pengembannya mulia dan tinggi. namun pada masa yang lain justru menampakkan ummat dengan karakter yang berbeda?

***

judul buku : beyond the inspiration
penulis : felix y. siauw
penyunting : salman iskandar
tata letak : tim alfatih press
perancang sampul : felix y. siauw
penerbit : al fatih press, 2013
tebal : 267 hlm + iii; 20,5 mm


satu dari tiga buku penulis yang menarik perhatian ketika yang bersangkutan 'memamerkannya' di twitter. bti -gitu aja yaa nyingkatnya- yang di tulis oleh ustad Felix kali ini bercerita/ber-nasehat tentang bagaimana seharusnya seorang muslim bersikap, bertingkah laku, dan berupaya agar agamanya menjadi tinggi sebagaimana masa Rasulullah, sahabat, dan orang-orang terpilih sebelumnya.

melihat covernya saja, mungkin bagi beberapa orang akan langsung berpikir bahwa buku ini mengarah ke dalam satu pemikiran tentang sebuah aliran Islam. terlepas dari sang penulis memang begitu ((if you know what i mean)) saya bukanlah orang yang membatasi diri untuk tidak membaca buku karangan golongan tertentu. jangankan pemikiran yang berbeda, buku karangan non Islam pun selama bermanfaat saya tidak ambil pusing, yang penting tulisannya enak dibaca.

di awal pembahasan, ust Felix mecoba untuk 'mencuci' otak kita dengan menunjukan fakta-fakta bagaimana kita sebagai muslim harus bersikap dengan tambahan cerita bersejarah ((aku suka sejarah)) bagaimana masa ke-emasan Rasulullah dan sahabat, serta bagaimana pikiran kita bisa mengendalikan kehidupan kita. ust Felix juga menjelaskan tentang kesempurnaan agama ini, sebagai seorang mualaf sepertinya ilmu beliau jauh lebih mumpuni bahkan dibanding seorang muslim yang sudah hidup selama puluhan tahun.

dari awal sampai akhir, tbh buku ini menarik, ga ngebosein, dan yang jelas sangat bermanfaat. as always i wanna give you all some spoiler from this book, xoxo.

***

pendamping hidup kita adalah cerminan dari pilihan-pilihan kita di masa lalu.

semua skill kita pun adalah hasil dari pilihan-pilihan yang kita buat di masa lalu.

apa yang anda pilih pada masa lalu menentukan seperti apa keadaan anda saat ini, dan apa yang kita pilih saat ini menentukan seperti apa keadaan kita di masa depan.

dalam Islam, hanya ada dua pilihan, Islam atau selain Islam. haq atau bathil. tidak ada pertengahan diantara keduanya.

setiap kejadian yang terjadi pada diri kita, hakikatnya juga tidak memiliki nilai pada awalnya, sebelum kita memilih untuk memberikan nilai pada kejadian tersebut.

bersyukurlah maka anda akan terhindar dari berkeluh kesah. taatlah kepada Allah maka keimanan anda tidak akan menurun. takutlah kepada Allah, jangan kepada manusia maka kita akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan hidup.

orang istimewa memang hanya sedikit. less is better.

tidak akan mati suatu nyawa kecuali sudah sampai ajalnya. dia kan lebih bijak menghadapi hidup ini, pandai bersyukur serta bersabar dalam perihal yang tidak mampu dia kendalikan.

seseorang tidak dikatakan bersungguh-sungguh mencari hidayah seandainya ia tidak meninggalkan tempat yang pasti memaksanya berbuat maksiat untuk mencari tempat yang bisa membuatnya mudah berbuat kebaikan.

ibadah dalam arti sesungguhnya adalah setiap aktivitas manusia yang disesuaikan dengan kehendak Allah Swt selama 24 jam karena Allah sudah menegaskan kepada manusia bahwa satu-satunya alasan hidup adalah beribadah.

adalah bohong besar apabila seseorang dikatakan beriman kepada Allah namun tidak ingin menerapkan aturan-aturan yang telah ditentukan oleh-Nya. Allah pun mengingatkan kepada manusia agar mengambil Islam secara keseluruhan, secara sempurna. bukan meminta manusia memilih dan memilah aturan mana yang akan diterapkan dan mana yang tidak.

rahasia mereka adalah bahwa mereka percaya pada sesuatu yang tidak dilihat dengan mata mereka, namun dapat mereka lihat dengan keimanan mereka.

keyakinan kaum muslim  tidak diambil dari fakta yang ada disekelilingnya, tetapi hanya dari ucapan Allah dan Rasulullah.

surga yang kita inginkan sama seperti surga yang didapatkan oleh para sahabat. surga yang sama yang kita inginkan, tetapi mengapa aktivitas kita masih jauh dari mereka?

penghambaan manusia kepada Allah tidak hanya dalam ibadah ritual semacam shalat dan puasa, tapi mencakup juga penghambaan dalam masalah ekonomi, sosial budaya, pemerintahan, politik, dan lain sebagaianya.

***

untuk anda yang ingin memotivasi keimanan dan keislaman yang selama ini sudah dimiliki, dan untuk kita semua yang berharap mewujudkan bisyarah Rasulullah untuk penaklukan Roma, maka buku ini layak untuk ada di salah satu sudut rak buku anda.

see beyond the eyes can see.

meyakini janji Allah bahkan sebelum semua itu kita lihat dengan mata kita. meyakini janji Allah lebih dari yang lain. 

Tidak ada komentar: