Minggu, 07 Juli 2013

my beloved dying detective


the adventure of the dying detective.

sebuah cerita yang ada dalam kisah Sherlock Holmes, yang sampai saat ini menempati urutan teratas cerita Holmes favorit saya. ada di dalam sebuah buku yang bertemakan "His Last Bow", atau "Salam Terakhirnya" bercerita tentang kasus-kasus yang ditangani Holmes sebelum ia memutuskan untuk pensiun dan berternak lebah sembari menekuni filsafat -yassalam, gue juga mau dong, di masa tua, jadi petani sambil belajar sastra, bahasa, dan sejarah-

dan akhirnya saya sampai kepada bab "Petualangan Detektif Yang Sekarat", cerita bermula dari Ny. Hudson yang datang ke tempat praktek Dr. Watson di tahun kedua pernikahan sahabat Holmes tersebut, sejak menikah Watson tidak lagi tinggal bersama di Baker Street. Ny. Hudson memberikan kabar bahwa Holmes sedang sakit parah dan Watson pun langsung menemui sang sahabat, yang disambut dengan wajah cekung dan pucat pasi, mata memerah karena demam tinggi, pipi gemetaran, bibir mengeras dan kehitaman, napas yang serak dan sesak.




bukannya meminta Watson untuk menyembuhkan sakit yang entah apa itu, Holmes justru meminta Watson membantunya memecahkan kasus. di saat ia sekarat? yup, tapi hebatnya, Watson pun ga tau kalau ternyata ia tengah dimanfaatkan oleh Mr. Misterius itu sebagai pemancing tersangka, xoxo. maka di sebutlah kisah ini sebagai Petualangan Detektif yang Sekarat, sebab dalam memecahkan kasus Holmes harus menderita terlebih dahulu T.T . kalian tahu, saat membaca kisah ini saya sudah khawatir ini adalah kisah tentang kematian Holmes, tapi apalah daya ternyata Sir Arthur membuat kisah luar biasa -menurut saya-, terlebih saat membaca versi komiknya, di mana Holmes menjebak sang pelaku pembunuhan saat ia -terlihat- sudah akan meninggal, huhuhu keren bangeeeet, mana Holmesnya digambar komik kan ganteng, pas deh, nyes nyes nya hati gue. #abaikan


pokonya ini cerita terkeren sepanjang saya baca Holmes, sekalipun kisah ini tidak terlalu booming, tidak seperti Skandal Bohemia, atau Patung Napoleon, tapi di cerita ini Holmes bener-bener hebat sebagai pemecah kasus, ia bisa menemukan cara supaya si pelaku mengakui kesalahannya langsung tanpa dipancing dengan pembicaan konyol dan ia mampu berakting dengan sangat baik.

kelak, kalau ada yang mau memfilmkan kisah yang satu ini, saya harap ga mengecewakan seperti Holmes Movie sebelum-sebelumnya. #dirudal

Tidak ada komentar: