Kamis, 31 Januari 2013

hujan (bagian keempat)

rintiknya membuncah memecah tanah menjadikannya basah
ada aku yang bersembunyi di bawah atap agar basahnya tak menyapa
di balik jendela-jendela menatapnya turun perlahan
duhai Tuhan, ia benar tak pernah menyakiti
hanya jatuh sesuai mauMu

ada namamu di tiap tetesnya
yang aku tak tahu berapa banyak jumlahnya
dan tak tahu apakah ia bercampur dengan air mata kerinduan ataukah dengan candu kenangan

di rintik terakhirnya aku berharap
semoga Tuhan berkenan menderaskannya lagi
agar semua do'a-do'aku meninggi
menyentuh 'Arsy-Nya
meyakinkan malaikat-malaikatnya
menyatukan kita berdua



Rabu, 30 Januari 2013

status (bagian kedelapanbelas)

Kenapa gosip itu amat terlarang dalam agama kita? Karena sifat merusaknya yang amat besar. Persis seperti bisul, kecil saja di pantat, tapi kalau meletus, bikin susah seluruh badan.
Jadi, yang ganteng2, yang cantik2, aduh, jangan mau jadi pembawa acara gosip di televisi. Juga kita semua, jangan bergosip. Karena nanti sama saja dengan mencetin bisul banyak orang, sudah keren, paten, tapi tangannya berlumuran nanah dan darah bisul orang lain.

*Menilai orang lain
Saya punya kebiasaan buruk sekali. Suka menilai orang lain. Saya tahu, orang lain mungkin banyak yg punya kebiasaan ini. Tapi punya saya ini lebih buruk, karena saya suka sekali menilai orang2 yang justeru sedang berbuat kebaikan.
Misalnya menilai ustad/­ulama yang sering muncul di televisi. Otomatis adaaaa saja penilaian di kepala saya. Kebanyakan sih negatif--karena kalau menilai positif, tentu bukan masalah. Apalagi kalau ustad/ulama ini ada 'kasus', horeee seperti mendapat pembenaran, menemukan amunisi untuk menilai apa saja. Jadi bukan hanya soal tidak suka dengan gayanya, tidak suka dengan caranya, tidak suka dengan pendekatannya, tidak suka lihat wajahnya, melainkan senang saja menilai ini, menilai itu. Lantas saya banding2kan dengan orang lain (malah PD-nya dengan diri sendiri). Ah, si itu lebih oke, ah si ini lebih oke, dan ah tentu saja, sy lebih oke--padahal eh, siapa sih saya?
Juga menilai motivator, pembicara2 yang mengajak pada kebaikan yg juga sering muncul di televisi. Setiap menonton, membaca, mendengar, malas saja rasanya, karena saya sudah punya penilaian sendiri orang ini seperti apa. Nggak penting juga didengarkan. Di kepala saya seperti sudah ada 'grand design' untuk selalu menilai, reflek, otomatis.
Entah hingga kapan saya akan menyadari betapa buruknya tabiat ini. Karena kalaupun benar ustad/ulama itu punya kasus, punya sesuatu yang bisa jadi sasaran penilaian, sebenarnya sih apa hak saya menilai-nilai orang lain. Eh, ada dong hak saya, bukan? Terserah saya, kan? Atau memang tidak ada ya? Toh, saya sendiri boleh jadi lebih buruk? Bisa melakukan juga tidak? Eh? Aduh, jadi pusing.
Baiklah, setidaknya sejauh ini sy tahu diri kalau saya punya tabiat buruk ini, suka menilai2 orang lain, membanding2kan orang lain, besok lusa, semoga sy bisa mengenyahkannya­. Alhamdulillah-l­ah sy sadar diri, karena kemarin2 sy lebih sering tidak nyadarnya. Merasa paling innocent sekali.
Adios.

Kita seringkali marah2 kalau lihat anggota DPR studi banding di luar negeri. Menggunakan uang rakyat untuk 'jalan2'.
Tapi apakah kita pernah marah2 pada diri sendiri, saat kita korupsi waktu kerja, korupsi fasilitas kantor? Dan berbagai bentuk korupsi lainnya baik yang disadari atau tidak.
*demikianlah

*yg baik, dan yg buruk
bagi para sufi, ada sebuah filosofi sederhana yg mendalam artinya: 'kita tdk pernah bisa mencampurkan minyak dengan air, selalu akan terpisah'. maka begitulah kehidupan ini, kita tdk pernah bisa mencampurkan kebaikan dan keburukan.
lantas, jika kita renungkan kalimat ini, sambil tiduran menatap langit2 kamar, menghela nafas lega, maka kita akan paham penjelasan pendek berikutnya: 'selalulah condongkan langkah, niat, perbuatan pd kebaikan; maka insya Allah, tdk akan pernah tercampur keburukan di dalamnya; akan tetapi jika langkah, niat dan perbuatan kita sdh condong pd keburukan, maka otomatis, tdk akan pernah datang kebaikan di dalamnya. sy kasih contoh ekstrem, jika sepanjang malam kita ada di masjid, maka tdk akan pernah kita main kartu, ghibah, konser musik, dsbgnya, paling buruk tertidur di masjid, ileran, mengganggu org lain. tetapi jika sepanjang malam kita ada di diskotek, pub dan sejenisnya, hei, kita tdk akan mengaji al qur'an di sana bukan?
 nah, begitulah kehidupan ini. menjaga hati, lisan, perbuatan dr hal buruk bukanlah pekerjaan mudah. utk membuatnya ringan, condongkanlah selalu pd posisi, tempat, teman, dsbgnya yg baik. mulailah segala sesuatu dgn baik. sekali dia jatuh pd sisi buruk, apalagi dimulai dr yg buruk, maka sy khawatir, jika kita tdk pernah bisa lari dr posisi itu, selamanya kita akan terjebak di dalamnya. berputar2, di sana saja, selamanya.

"Melupakan" adalah salah satu dahan dari pohon cinta. Dia dekat dengan dahan "melepaskan". Dan boleh jadi, besok lusa, seiring waktu berjalan, dua dahan ini justeru menjadi akibat penting bersatunya sebuah cinta.
Sayangnya, dahan-dahan ini tidak akan terlihat oleh orang yang terlalu dekat, melotot pula, takut sekali kehilangan, saat menatap pohon cinta. Terabaikan begitu saja.

Bagaimanapun keadaan kita, mau sedih, bahagia, waktu tidak pernah berhenti menunggu. Waktu tetap berjalan.

 
Nabi kita amat menyayangi anak2. Maka, sudah seharusnya, kita semua juga menyayangi anak2.
Maka jika di kendaraan atau tempat umum ada anak2 yg menangis kencang--anak siapapun itu, kalau kita tidak bisa menawarkan bantuan, ikut menggoda si kecil agar riang lagi; setidaknya kita tidak termasuk golongan yang tiba-tiba mengumpat dalam hati: "anak siapa sih itu? berisik tahu." dan keluhan2 sejenisnya.

Ada 177ribu sekolah SD/MI di Indonesia, 49ribu SMP/MTS, 19ribu SMA/MA, 8ribu SMK, total jenderal 250ribu sekolah di seluruh Indonesia.
Bayangkan kalau seluruh sekolah ini masing2 dikasih 1 MILYAR untuk dana pengembangan infrastuktur, gedung, bangunan, peralatan mengajar, buku2. Berikan 1 milyar setiap tahun, selama 12 tahun, maka bayangkan akan seperti apa kelak standar pendidikan Indonesia 12 tahun kemudian. Itu benar, pasti ada yang bocor, pasti ada yang korup, tidak bisa dipungkiri hal2 seperti ini. Tapi menggelontorkan
­ dana raksasa ke seluruh sekolah secara kontinu, diawasi semaksimal mungkin, pasti akan berdampak raksasa bagi masa depan pendidikan Indonesia.
Apakah kita punya uang 250 trilyun per tahun (250ribu sekolah kalikan 1 milyar) untuk seluruh sekolah tersebut? Punya. Tapi sayangnya, kita lebih memilih membakarnya jadi asap knalpot di tengah lautan macet kendaraan, atau gemerlap lampu. Subsidi BBM dan listrik tahun 2012 adalah 306 trilyun dan akan terus membengkak tahun2 berikutnya.
*hal2 seperti ini akan menarik sekali jika dipikirkan. Dan tips terbaik saya: jangan pakai sisi sbg penikmat BBM mikirnya, tp gunakanlah sisi anak2 kita, generasi penerus kita kelak. Pahit sekarang, manis di masa akan datang.

Ini nasehat orang tua: "Yang namanya peci/topi, mau butut, mau harganya cuma lima ribu satu, tetap saja ada di kepala tempatnya. Tapi yang namanya sepatu, mau harganya satu milyar, kinclong, dibuat oleh tukang sepatu terbaik, tetap saja ada di kaki tempatnya."
Terlepas dari urusan peci dan sepatu tersebut, nasehat orang tua ini penting dipikirkan, salah-satunya agar kita selalu memposisikan diri kita di tempat yang baik, niat yang baik, dan usaha yang baik; maka, mau kecil hasilnya, mau butut terlihatnya, posisi kita insya Allah senantiasa baik.
 
Jangan mudah menyerah.
Kalau bosan, cari selingan sejenak. Kalau lelah, mari istirahat sebentar. Kalau kehabisan nafas, boleh berhenti mengambil nafas.
Tetapi jangan mudah menyerah. Ayo, kita kembali berusaha dengan semangat baru.

"Di muka bumi ini, setiap ada pertemuan, pasti ada perpisahan."
Kalimat ini seharusnya yang pertama kali dipelajari oleh setiap orang yang akan, sedang, telah, atau berhenti jatuh cinta.

Sekali sisi keibuannya terpanggil, Bunda adalah petarung sejati. Jangan tanya tentang rasa sabar dan keteguhan. Jangan tanya tentang pengorbanan. Boleh jadi mengalahkan kisah ksatria paling heroik dalam film-film.
*Cerita "Moga Bunda Disayang Allah"

My dear turis2 yang berwisata ke Bandung, khususnya untuk yang cewek2:
1. Kota Bandung ini dingin loh, jadi tidak cocok pakai kaos tanpa lengan, celana pendek sepaha, atau model pakaian lucu2 macam anggota girlband. Menurut hemat saya, pakaian itu lebih penting fungsional dibanding fashion. Dibela2in fashion tapi ujung jempol kaki biru kan nggak banget.
2. Kota Bandung ini saban hari, saban malam juga hujan, kadang gerimis terus menerus. Jadi lebih-lebih lagi, pakaian terbuka, imut2 nan mini2, dan sejenisnya tidak cocok. Nanti kalian masuk angin, pulang2 kerokan. Nggak asyik, kan? Maka, akan lebih baik menyesuaikan diri dengan cuaca lokasi berwisata.

Saya pikir, nasehat agar cukup istirahat baru terasa harganya saat sudah sakit.

Maka, my dear anggota page, orang2 yg baik ahklaknya, saat dia tahu telah berprasangka buruk, minimal dia buru2 istigfar, maksimal dia bergegas meminta maaf, khawatir besok kiamat. Berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
Begitulah baiknya. Meski sayangnya, di dunia ini, banyak orang sebaliknya, berlomba2 berprasangka buruk, dan bahkan saat penjelasan itu tiba terang-benderan
­g, sadar dia telah berprasangka buruk, menuduh sembarang, sayangnya, untuk mengucap kalimat 'maaf' rasanya berat sekali. mengucap istigfar amit-amit.


“Kau tahu, Nak, sepotong intan terbaik dihasilkan dari dua hal, yaitu, suhu dan tekanan yang tinggi di perut bumi. Semakin tinggi suhu yang diterimanya, semakin tinggi tekanan yang diperolehnya, maka jika dia bisa bertahan, tidak hancur, dia justeru berubah menjadi intan yang berkilau tiada tara. Keras. Kokoh. Mahal harganya.
“Sama halnya dengan kehidupan, seluruh kejadian menyakitkan yang kita alami, semakin dalam dan menyedihkan rasannya, jika kita bisa bertahan, tidak hancur, maka kita akan tumbuh menjadi seseorang berkarakter laksana intan. Keras. Kokoh."
--Negeri Di Ujung Tanduk-Tere Liye, sekuel cerita Thomas

Dalam setiap cobaan, kita selalu bisa berdoa: mudahkanlah cobaan ini ya Tuhan atau kuatkanlah kami melewatinya.
Dalam setiap keinginan, kita selalu bisa berdoa: jadikanlah, wujudkanlah, dialah, itulah yg kami inginkan ya Tuhan atau berikanlah kami yg terbaik.
Juga sama dalam kebahagiaan, anakku. Kita selalu bisa berdoa: berikanlah aku sesuatu yg bisa membuatku bahagia ya Tuhan, atau berikan lah aku pemahaman agar aku bisa berbahagia dengan apapun yang ada.
Kita selalu bisa memilihnya, Amelia. selalu.
---Tere Liye, novel AMELIA, serial anak2 Mamak #1, terbit 2014 atau 2020 kalau banyak yg tdk sabaran

Menjadi orang jahat itu mudah sekali. Ketika ada orang yg lagi kesusahan, tiba-tiba mendekat, "Mas/mbak, boleh numpang nanya, sy bingung nyari alamat ini, sudah 3 jam nggak nemu2, sudah muter2, capek."
Mudah sekali jadi orang menyebalkan, tinggal tatap wajah orang yg tiba2 nanya, lantas bilang: 'terus gue harus bilang wow gitu?'; atau kalau mau lebih mantap lagi: 'masalah di gue?'
Menjadi orang seperti ini gampang sekali; saking gampangnya, buka saja jejaring sosial, tidak hanya setiap ada berita musibah, kesusahan, dalam situasi damai sentosa pun penuh dengan komen2 anti-sosial seperti ini, hingga kita tidak menyadarinya lagi apakah karena saking mudahnya, atau karena hal2 ini memang boleh2 saja untuk ber- so what gitu loh.

Orang pintar rajin membaca buku, bukan minum jamu tolak angin.
Berbangga-lah orang2 yg hobi membaca. Apalagi kalau masih remaja sudah suka sekali membaca. Membawa buku kemana2 itu keren banget. Hang out di perpus, toko buku itu menyenangkan. Besok lusa, semua yg kita baca akan bermanfaat.

Tidak akan merugi orang2 yang menghabiskan waktu dengan membaca buku.
Saya bangga sekali dengan anggota page ini yang suka membaca buku; apalagi untuk adik2 kecil yang sudah membaca banyak buku. Umur 12 tahun, Om tere liye sudah mengkhatamkan buku mahabrata, ramayana, dongeng yunani, buku2 karl may, buku2 sastrawan lama, dan puluhan buku lainnya, termasuk edisi lengkap wiro sableng. Tapi buku terakhir ini jangan ditiru, nanti gede-nya kayak om, suka mengkhayal jadi pendekar.
Di page ini, ada ratusan anggota yg masih SD--meski syarat minimal fb-an adalah 13 tahun (ayo pada ngaku yg menua-kan umur?), bahkan dalam setiap pameran, ada saja anak2 kecil yg ikut mengantri membawa novel serumit 'rembulan tenggelam di wajahmu', meski usianya baru 9 tahun.
"Kamu ngerti bacanya?"
"Nggak, Om."
"Nggak ngerti kok baca?"
"Seru, Om." Sambil nyengir lebar memamerkan ompong gigi.
Om bangga sekali, Nak. Masa depan bangsa ini datang dari anak2 yg suka membaca, bukan orang dewasa yang terlanjur malas menyentuh buku.

Kalian tahu nggak sih, pegang2 lawan jenis, cowok-cewek, yang pacaran itu sama saja dengan kalian lagi pegang2an sama babi. Bedanya yg kalian pegang2 nggak nguik-nguik-ngu
­ik suaranya. Dan nggak keluar ludah dari moncongnya.
Mari kita menjaga kehormatan masing2 ya. Ada yang pantas dan tidak pantas. Jika orang lain ramai melakukannya, belum tentu jadi benar.

“Ah, dunia ini selalu dipenuhi kabar buruk, anakku. Agar semua orang selalu menyadari, ada banyak kabar baik yang akan segera datang setelahnya."
--novel "Negeri Di Ujung Tanduk, tere liye, sekuel Negeri Para Bedebah, segera 2013!

Hutang Republik Indonesia 2.000 triliun. Banyak? Relatif.
Kita bisa melunasinya dalam waktu 7 tahun. Hapus saja subsidi BBM+listrik yg 300 triliun per tahun, buat bayar hutang, di tahun ke-8 Republik ini merdeka dari hutang. Tapi entahlah, apakah hitung2an ini terlalu simpel untuk dipahami, atau terlalu rumit.
 
Ciri orang ganteng itu adalah dia selalu bisa memberikan kepastian kepada anak gadis orang; bukan bermain2 dengan perasaan dengan status tidak jelas. Nah, yang mau melapor nggak ganteng, seperti biasa, silahkan ngomel2 di postingan ini.

Ciri cewek cantik itu adalah dia selalu bisa menjaga rahasia hatinya jika belum tiba saatnya untuk serius. Dan tentu saja, tidak ada main-main dalam kehormatan diri sendiri, dia tidak mau dipegang2, tidak mau dibuat bimbang, tidak mau berlama2 tanpa status.
 

Sabtu, 26 Januari 2013

mari beriman sejenak - pelajaran ke 15

PERJALANAN HIDUP SA'AD bin MU'ADZ

sahabat ini turut serta dalam perang Badar, Uhud, dan Khandaq. dia termasuk orang yang tidak memperdulikan celaan orang selama berada di jalan Allah, dan Nabi SAW telah memberitahukan bahwa ia termasuk penghuni Surga. dan bahwa 'Arsy Allah bergetar karena kematiannya. 

dan tidak ada ketenangan bagi seorang mukmin kecuali pada saat ia bertemu dengan Rabbnya.

*sorry for this post, dunno what to write, you better read this book.

sumber : buku Mari Beriman Sejenak
penulis : Dr. Amin 'Abdullah Asy Syaqawi


rencana Allah, kemudian rencana kita

Allah ciptakan siang, maka kita merencanakan kerja dan usaha.
Allah rencakan malam setelah siang, maka kita rencakan istirahat.

begitulah, sepenggalan yang saya pahami tentang rencana Allah, kemudian rencana kita.

Allah katakan, jangan makan harta haram, karena Ia ingin merencanakan hamba-hamba-Nya yang beriman masuk ke dalam Surga, maka kita rencakan untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah.

Allah rencanakan hamba-hamba-Nya mencapai pernikahan barakah, maka kita rencanakan dengan tidak melanggar aturan-aturannya dalam mencari pasangan.

Allah rencanakan kita menikah dengan seseorang -entah yang kita cinta ataupun tidak- maka kita rencanakan untuk mengabdi sebagai isteri yang baik dan shalehah.

kita punya rencana, tapi Allah juga punya rencana, dan tidak ada yang bisa menandingi sempurna dan indahnya sebuah rencana kecuali milik Rabb semesta alam.

maka, jika kini ada rencana yang tidak sesuai, bukankah Ia adalah penggenggam segala? pemilik waktu dan kehidupan kita? kita punya rencana, jalankan, tapi saat rencana kita tak sesuai dengan rencana Allah, maka belokkan rencana kita agar sesuai dengan apa yang Allah rencanakan.

jadi, nikmati saja rencana dari Tuhanmu sekarang, dan lakukan rencanamu yang tidak mengecewakan-Nya. nikmati hidupmu karena hanya sekali dan lakukan yang terbaik agar tak menyesal kelak.


Kamis, 24 Januari 2013

mari beriman sejenak - pelajaran 14

SURAT MARYAM AYAT 39

"dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus. dan mereka dalam kelalaian dan mereka tidak (pula) beriman."

adakah penyesalan yang lebih besar dari hilangnya keridhaan Allah pada hamba dan hilangnya kesempatan meraih Surga-Nya, lalu jatuh ke dalam kemurkaan-Nya serta kekal di dalam Neraka-Nya, pada saat seseorang sudah tidak bisa kembali lagi ke dunia untuk kembali beramal.

pelajaran yang bisa dipetik dari ayat di atas adalah :

pertama, pada hari yang diliputi kesedihan dan penyesalan tersebut orang-orang kafir menyesal atas kekafirannya, orang yang dzalim menyesal atas kedzalimannya, dan orang yang lalai dalam ketaatan kepada Rabbnya menyesal atas kelalaiannya, namun tiada lagi guna dari penyesalan tersebut

kedua, seharusnya orang yang beriman tidak tenggalem dalam kelalaian, namun hebdaklah ia mempersiapkan dirinya untuk bertemu dengan Rabbnya.

ketiga, pada hari penyesalan ini orang-orang kafir melihat bahwa mereka tidak tinggal di dunia kecuali untuk sesaat.

keempat, sesungguhnya di antara bentuk penyesalan terbesar yang dirasakan oleh para penghuni Neraka adalah bahwa salah seorang di antara mereka berangan-angan untuk menebus diri mereka dari azab Allah dengan harta mereka, anak mereka, dan seluruh manausia, dan bahkan dengan seluruh perbendaharaan dunia. padahal saat di dunia, mereka siperintahkan untuk mengerjakan yang lebih ringan dari itu, namun mereka tidak mau mengerjakannya.

kelima., seyogyanya bagi orang yang beriman untuk menjaga keislaman dan keimanannya hingga saat kematiannya.

sumber : buku Mari Beriman Sejenak 
penulis : Dr. Amin 'Abdullah Asy Syaqawi

puisi cahaya bulan - soe hok gie

akhirnya semua akan tiba pada suatu hari yang biasa
pada suatu ketika yang telah lama kita ketahui
apakah kau masih selembut dahulu
memintaku minum susu dan tidur yang lelap
sambil membenarkan letak leher kemejaku

kabut tipispun turun pelan-pelan di lembah kasih
lembah Mandalawangi
kau dan aku tegak berdiri, melihat hutan-hutan yang menjadi suram
meresapi belaian angin yang menjadi dingin

apakah kau masih membelaiku semesra dahulu
ketika kudekap, kau dekaplah lebih mesra
lebih dekat
apakah kau masih akan berkata
ku dengar detak jantungmu

kita begitu berbeda dalam semua
kecuali dalam cinta

cahaya bulan menusukku
dengan ribuan pertanyaan
yang takkan pernah ku tahu
dimana jawaban itu
bagai letusan berapi
bangunkan ku dari mimpi
sudah waktunya berdiri
mencari jawaban kegelisahan hati

lembah Mandalawangi
*puisi ini menjadi soundtrack film GIE, dibacakan langsung oleh pemeran utamanya Nicholas Saputra, si puitis Rangga di AADC. entah apa karena image si mas Nico begitu melekat dengan puisi dan sastra -atau gue aja yang lebay-, jadi ketika dia membacakan puisi ini rasanya, wow banget, plus iringan akustik yang bener-bener menyentuh.

Sabtu, 19 Januari 2013

puisi kunang-kunang



aku adalah kunang-kunang
dalam gelap aku terbang
dalam gelap aku terang

dan menjadilah kau senja
karena gelap kau ada
karena gelap kau indah

aku hanyalah kunang-kunang
dan kau hanyalah senja
dalam gelap kita berbagi
dalam gelap kita abadi

**puisi ini ada dalam salah satu scene film LOVE (2008), dibacakan oleh tokoh bernama Rama (Fauzi Baadilah), sederhana, memikat.

Jumat, 18 Januari 2013

mari beriman sejenak - pelajaran 13

SIFAT QANA'AH

Ar Raghib berkata, "qana'ah adalah merasa cukup dengan yang sedikit dari hal-hal yang dibutuhkan."
(QS An Nissa' : 32)
kekayaan yang terpuji adalah kaya hati, dan berpuas diri, serta tidak terlalu mengejarnya, dan bukan banyaknya harta dengan keinginan untuk terus menambah, karena orang yang selalu ingin menambah, tidak akan pernah puas dengan apa yang dimilikinya, sehingga ia tidak pernah menjadi kaya.

sifat qana'ah merupakan harta karun yang besar, dan salah satu tanda dari ketakwaan.

Ali bin Abu Thalib berkata, "takwa adalah takut kepada Allah, emalksanakan apa yang diturunkan dalam Al Qur'an, qana'ah (merasa cukup) dengan yang sedikit, dan menyiapkan diri untuk hari keberangkatan (kematian)."

orang bijak ditanya, "apalkah kekayaan itu? ia menjawab, "sedikitnya impianmu, dan keridhaanmu atas apa yang mencukupimu."

sumber : buku Mari Beriman Sejenak
penulis : Dr. Amin 'Abdullah Asy Syaqawi

 

a millionaire's first love; mencintai sampai mati

a millionaire first love, adalah film dari Korea Selatan pada tahun 2006. bercerita tentang seorang laki-laki kaya raya pewaris tunggal harta kakeknya, yang pada akhirnya demi mendapatkan hak waris seutuhnya ia harus pergi ke sebuah desa dan menyelesaikan sekolahnya di sana. desa tersebut ternyata adalah tempat tinggal keluarga mereka dahulu, sampai akhirnya orangtuanya meninggal dan dia pergi ke ibukota untuk hidup bersama kakeknya. semasa kecil ia mempunyai seorang sahabat dan dia berjanji untuk kembali, sayangnya setelah ia sampai ke desa tersebut ia tidak mengingat satupun kenangan yang ada di sana. bisa di tebak, film drama Korea selalu diawali dengan pertengkaran kedua tokoh utama, lalu jatuh cinta. sayangnya, film ini sad ending -alasan terbesar saya ga mau nonton pada awalnya- mereka saling mencintai tapi takdir berkata lain. kenapa? ya tonton sendiri aja lah yaa, yang mau saya share adalah -biasa- kata-kata romantis yang ada dalam film ini.

"let me live until the first snow comes."

"what are you doing here?" | "on behalf of flowers." | "what?" | "i wanted to get flowers but they said no. so here i am."

"what if she leaves when i'm not there? give me her medicine."

"you have no idea." | "why would i not know? i like you so much. you made me worry to death. right?" | "you missed one. i'd like to keep you by my side all day."

"i'll regret it for the rest of my life. but this girl is more important."

"i'll come back. | "don't go." | "i'll be back after 10 nights. i promise."

"times running out on us. i came back later."

"i hope to stay with you until the first snow. so i can wear those socks that you bought me. but i will die before that, because of you."

"i know it hurts for you to be with me. but i love you."

"not with you, with God. so He'll take His time. taking you from me."

"don't take me suddenly. give me enough time to say goodbye."

"fool. if it hurts, scream. hold me and cry. don't try to hide it. it hurts me so much. i feel as if i'd die before you!"

"because i love you enough for my heart to burn. medicine doesn't work anymore."

"wondering why i like you. i miss you. it's a desease."

"it's raining. the rain can't cool down my love for you."

"if he stakes out a house for an hour he's called a stalker and i did that for two."

"come on, don't follow me into my dreams."

"when i'm with you at night it feels as if it were day."

"now i believe that phrase that you can see with eyes closed."

"fool. i told you not to overdose on it." | "i was afraid. afraid that i might die before reading all these."

"in that short moment with my eyes closed, i'll miss you."

"since when?" | "what?" | "that you love me." | "since the moment i saw you."

"i'm sorry that i couldn't do anything for you." | "fool. you've bought me happiness."

"i'm sleepy. let me sleep some. for 3 minutes." | "sleep for 3 minutes. only 3 minutes."

"it's been over than 3 minutes."

"i'm building a house with many windows. when the first snow hit those windows 50 times, we'll be reunite. i miss you."

dan satu scene favorite dengan quote favorite juga ada saat mereka jalan-jalan dan melihat bungaaaaaa DANDELION, heuheu. scene di mana mereka meniupkan dandelion sehingga bunga-bunganya berterbangan, Allahuakbar!!! pengen banget, pengen, itu scene paling romantis.

"remember this?" | "you told me. if you blow it, your wish come true." | "you do remember." | "what are you wishing for?" | "for you to grow up."

kalau lagu di bawah ini awalnya saya pikir ost filmnya eh ternyata slah, tapi lagunya bagus dan sepertinya cocok buat film ini, dinyanyikan oleh DBSK saat formasi mereka masih ber5, judulnya One.
the everyday that i've always dreamed of
i suddenly feel from your hand that i hold
it may be too far away
i was unable to tell you
who is still unknowing of the feelings i had hidden away

what are your thoughts?
the passion that had always shined through the snow
is everything mine? am i alive?
thank you, i have everything i need now


someday i'll lay my love on you, baby i don't want to lose you now
just one, only you

always, like the first day we met
the only reason i keep living
only for you, living every day for that love
you know it


my yesterdays speak to me
how long will this love be "forever"?
at the end of each day, you're always waiting
i'm happy, loving someone like you

can we truly be "forever", anywhere in this world?
just one, only you
my life's one and only love
there's only you
i know it, i believe it
forever


among how many people have you found me?
right now, i go to your side

i pray for this love to be true
from anywhere in this world, miss you, my baby you

come closer to me a little more
fighting back these times, like a lie
to a changing tomorrow

someday i'll lay my love on you, baby i don't wanna lose you now
don't wanna lose it now
just one, only you
always, like the first day we met

the one reason i keep living
for only you, days lived for this love
you know it
**nb : agak ekstrem sih yaa, saya ngasih judulnya tapi ya emang ceritanya begono. cinta sampai mati, benar. karena tokoh perempuannya diceritakan meninggal.

Minggu, 13 Januari 2013

semua ada masanya

berapa banyak orang yang merasa dia akan mengalami sebuah kejadian -yang entah menyenangkan ataupun menyakitkan- untuk selamanya. merasa bahwa keadaan dirinya akan terus seperti itu. saya, anda, dan mungkin semua manusia di dunia pernah memiliki pemikiran seperti itu.

tapi, pada kenyataannya toh semua hal akan berlalu, bukan?

rasa sedih,
bahagia,
sesak,
tawa,
airmata.

tak ada yang abadi. kalian tidak pernahkan sepanjang tahun terus menangis? pasti ada masa di mana kalian tersenyum, tersenyum bahagia, benar-benar bahagia.

semua kejadian di dunia tidak ada yang abadi, pasti akan berganti dengan hal lain. seperti halnya sekolah, kita dari SD -gue sik ga TK, yaa, maap ini mah. #dikeplak- terus lanjut ke SMP lalu SMA dan seterusnya sampai keadaan kita yang sekarang. kita ga seumur hidup SD, kan? pasti masa-masa pendidikan Sekolah Dasar itu akan berlalu, entah selesai karena memang kita lulus atau karena hal lain, tapi pasti berakhir dan berganti dengan kondisi lain.

masa kita bersama sahabat atau pasangan hidup -pacaran is not allowed here. rule!!- berganti juga, kan? kalau saya sih begitu. dulu selalu bersama, lalu terpisah jurusan dan hanya sesekali bertemu meskipun selalu disempatkan, tapi sekarang -pada akhirnya- ada jalan masing-masing, berpijak di tempat yang berbeda, "berpisah", keadaan bersama yang dulu sudah berganti, kini bersama yang lain.

begitupun kehidupan kita sekarang, tidak ada yang bisa menjamin kalau kita akan terus begini hingga akhir, kan? pasti akan ada hal lain yang terjadi dalam kehidupan kita yang bisa mengubah jalan cerita. termasuk jika kita sekarang merasa bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja, bukankah dahulu kita juga pernah merasakan keadaan yang sama dan keadaan dahulu menjadi berubah seperti saat ini.

semua benar ada masanya, bukan sekadar karena kebosanan kita, tapi memang ketetapan Tuhan begitulah adanya. masa-masa menyukai sesuati, ketergantungan akan suatu hal, terjebak dalam sebuah kondisi nyaman, kelak semua akan berlalu. maka, saat kita mengeluh karena lelah dengan keadaan saat kita merasa sesak didada dengan kondisi kehidupan kita, yakinlah semua itu akan berlalu jua, akan akda pergantian di kemudian hari. yang kita perlukan hanya keimanan, jangan pernah berhenti percaya.

jadi, semua keadaan ada batas waktunya. termasuk usia kita.

usia kita pun ada masa habisnya, limit waktunya, akan berakhir juga nantinya. maka, persoalannya adalah, apakah kita sudah melakukan yang terbaik dengan usia kita tersebut? bukan hanya sekedar melakukan yang kita suka, tapi juga melakukan yang Tuhan suka. karena kita toh sama-sama tahu bahwa usia tak akan kembali lagi. hanya sekali sja kesempatan membuat amalan ke Surga itu deiberikan Tuhan.

jadi ingat kata umi tadi siang, "jalani saja dengan sebaik-baiknya, hidup yang lurus-lurus aja. koreksi diri dan amal ibadah. urusan jodoh itu hak Allah, nanti kalau udah masanya juga datang, ga usah dipikirin, itu udah ada waktunya." hkhkhkhk, umi tau aja mutarobbinya pada galau :p

sama seperti keadaan saya sekarang. rasanya saya sudah melewati masa-masa itu, masa yang menyenangkan sekaligus menyesakkan, masa-masa di mana saya masih tidak dewasa menjaga emosi, masa di mana saya bergantung pada semua itu, masa itu, yang akan sama-sama kita hentikan. dan semoga kelak berganti dengan masa yang lebih nyata, waktu berbagi yang lebih nyata, sebab bahagia itu dicipta dalam nyata bukan sekedar kata-kata atau senyuman tak  kasat mata.

Sabtu, 12 Januari 2013

anugerah terindah yang pernah kumiliki

melihat tawamu, mendengar senandungmu
terlihat jelas di mataku, warna-warna indahmu
menatap langkahmu, merapati kisah hidupmu
terlihat jelas bahwa hatimu
anugerah terindah yang pernah kumiliki

sifatmu yang selalu, redakan ambisiku
tepikan khilafku, dari bunga yang layu
saat kau di sisiku, kembali dunia ceria
tegaskan bahwa kamu
anugeraah terindah yang pernah kumiliki

belai lembut jarimu
sejuk tatap wajahmu
hangat peluk janjimu

anugerah terindah yang pernah kumiliki

**popular by : Sheila on 7

Jumat, 11 Januari 2013

LOVE (satu kota, lima kisah cinta)

sepertinya saya tidak perlu menjelaskan atau menceritakan jalan cerita film ini. LOVE di rilis 14 Februari 2008, film seperti LOVE adalah tipe film yang saya sukai, film yang punya banyak kisah di dalamnya tidak hanya satu kisah saja, yang akhirnya saling berhubungan dan menyatu.

dari judulnya saja kita bisa tahu, ini film seperti apa. LOVE adalah film tentang cerita cinta anak manusia -iyalah, kalau anak kambing itu shaun the sheep- cek aja di wikipedia atau di site-site yang adminnya rajin review tentang film, yaa. sekarang saya mau berbagi tentang surat yang dibacakan Dinda di awal dan akhir film ini.


apa yang kita ingat dari kenangan-kenangan yang terekam oleh kita? nama tempat, nama teman, nama permainan, atau kejadian? adalah hal-hal yang lambat laun bisa terlupa, tapi, tidak dengan rasa. rasa senang, rasa sedih yang akan terus terbawa dan tanpa mudah tercacar di sepanjang perjalanan kita. dan semakin dewasa kita akan menyadari, bahwa diantara kenangan-kenangan tersebut ada saatu rasa yang paling besar, yaitu, cinta.

karena ketika satu persatu cerita berhenti dan menjadi kenangan, cinta terus bergerak sesuai harapan yang menyertai dia.

cinta yang tak terlihat oleh mata, tak teraba oleh tangan, tapi dia ada, bahkan sejak kita belum bisa mengucapkannya.

cinta yang sejati, cinta yang ketika kita kira sudah pergi, ternyata cuma bersembunyi, menunggu untuk kembali lagi.

kalau seorang sutradara film saja bisa membuat kisah manis begini, apalagi Tuhan? skenario Allah pasti jauh lebih indah. film ini mengajarkan bahwa kita memang bisa bertemu dengan jodoh, dengan orang yang kita cinta, pasangan hidup, kekasih dunia akhirat, dimana saja dan lewat kejadian apa saja. mungkin orang yang sudah lama bersama, atau bahkan yang baru saja bertemu kita.

lima kisah
satu kota
tak ada yang sempurna
kecuali cinta

:) 



ohya, ada satu lagi kalimat yang saya suka di film ini, kalimat yang tertulis dalam sebuah kartu.

"apa yang sudah dipersatukan Tuhan, tak bisa dipisahkan oleh manusia."

Kamis, 10 Januari 2013

healing

ada saat-saat di mana terkadang hati merasa sakit. bukan sebab terlukanya perasaan, tapi karena sebuah keadaan yang menurunkan kadar keimanan.

tidak ada yang lebih menyakitkan dibanding berusaha meyakinkan fisik dan hati untuk bangun di sepertiga waktu malam terakhir tapi kenyataan membunuh semua harapan. :'(

belakangan saya rasa saya benar-benar butuh penyembuhan atas segala rasa tidak mengenakkan ini. bagaimana mungkin, Dia menjadi tidak prioritas dibandingkan yang lain.

memang benar, kadang pemaksaan itu perlu.

memaksa diri sendiri untuk sembuh, mencari obatnya, dan menelannya sepahit apapun.

beberapa kali terjatuh, lalu berusaha bangkit. memang sih, keimanan manusia itu naik turun, tapi ketika turun jangan biarkan ia tak bisa naik lagi. cukup lama ketika terakhir kali berusaha menyembuhkan sesak di dada sebab keimanan yang terkikis. rasanya tidak enak, sungguh.

Al Qur'an sungguh benar, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.

penyembuh itu ada di dekat kita selalu, lebih dekat dari urat leher. saya pernah langsung meraba leher saya ketika saya ingat hal ini, dan langsung menyadari Allah begitu dekat, tak berjarak. dekat sekali. bukan ada di sisi kita seperti malaikat pencatat segala amal. tapi lebih dari itu, Ia lebih dekat dibanding urat leher, bayangpun!

raba urat leher anda sekarang juga! -bentar, gue berasa Amru Khalid nih, hkhkhk-

Rabb kita, lebih dekat dari itu. urat leher yang sedekat itu saja kalah dibandingkan kedekatan Dia dengan kita. padahal yaa kitanya kadang suka menjauh sendiri, menarik garis dari Tuhan kita sendiri. -ya, ya, ok, bukan kita, saya-

beberapa  hari yang lalu merasa begitu jauh, jarang sekali bangun malam untuk menyapa dan bertemu berdua denganNya, kesiangan sampai ga sempat sahur :'( dan sekarang yang dibutuhkan hanyalah penyembuhan atas segala rasa sakit. pemaksaan memang terkadang diperlukan, untuk membantu penyesuaian tubuh.

tidak perlu lah yaa dijelasin hati yang sedang sakit dan butuh penyembuhan itu yang seperti apa, kita sendirilah yang tahu kondisi hati kita sehingga bisa menyimpulkan apakah kita membutuhkan penyembuhan atau tidak. dan satu-satunya jalan untuk penyembuhan ini yaa cuma kedekatan dengan Tuhan. kalau kata om Pepeng, "urusan kepada Allah itu cuma dua, mau dekat sama Allah apa mau jauh dari Allah. Allah mah ga ribet, kita aja yang suka ribet sendiri."

i need healing my heart.

dan, ternyata saya harus melewati banyak tahapan untuk penyembuhan ini. termasuk melepaskan satu persatu dan perlahan-lahan semua yang membuat saya merasa bahwa hati saya terluka oleh diri saya sendiri. mulai berhenti dari social networking, saya pikir memang sangat bermanfaat, tapi sementara harus berhenti dulu, hati ini perlu di-steril-kan sekalipun tidak ada yang menyakitkan di sana, tapi berlebihan juga tidak baik, bukan? atau bahkan mungkin perlahan akan meninggalkan dunia blogging, entah kapan. sebab ada rindu akan masa-masa dahulu, yang tak terjebak begitu dalam dengan kebiasaan-kebiasaan baru.

rindu saat-saat lebih banyak menghabiskan waktu dengan berkomunikasi bersama teman, tetangga dan keluarga, bukan dengan layar komputer, sekalipun yaa sama saja sedang "berbicara" juga dengan mereka. tapi, ternyata banyak perbedaan antara berkomunikasi di dunia maya dengan dunia nyata, ekspresi lawan bicara dan kedekatan jelas jauh berbeda.

maka, semoga penyembuhan yang setahap demi setahap ini berhasil. dan menjadikan saya semakin baik dari hari ke hari, eh anda juga loh! ;)

mari beriman sejenak - pelajaran ke 12


MERENUNGI SEBUAH AYAT DARI KITABULLAH

QS Ali Imraan : 26
QS Az Zukhruf : 32
QS Al An'aam : 24
QS Ali Imraan : 26

pertama, peringatan dan petunjuk untuk mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepada Rasulullah SAWdan kepada umat Islam.

kedua, kemuliaan tidak dicari kecuali dari Allah, karena kemuliaan hanya datang melalui ketaatan kepadaNya dan menjauhi maksiatNya.

ketiga, sesungguhnya kehinaan yang menimpa manusia disebabkan oleh kemaksiatan mereka kepada Allah dan Rasul-Nya.

keempat, menetapkan kekuasaan Allah, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, tiada seorangpun yang mampu melemahkan-Nya baik di bumi maupun di langit.

kelima, keutamaan dan pentingnya berdo'a kepada Allah.

sumber : buku Mari Beriman Sejenak
penulis : DR. Amin 'Abdullah Asy Syaqawi



Senin, 07 Januari 2013

ahad kemarin di padang ilalang

bentar, gue mau ketawa cekikikan dulu. xixixixi.

oke, ini sebenernya saya mau share beberapa foto yang saya ambil ahad kemarin, mendekati senja dan matahari sudah ingin beranjak pulang, digantikan rembulan yang masih malu-malu datang. #halah #ikiopo

padang ilalang
nah, di sinilah kami sore itu. padang ilalang daerah BKP, Bukit Kemilimg Permai. jangan tanya kenapa bisa sampe ke sana, ini amniah. hkhkhkhk. #dikeplak

bagus lho tempatnya, memang sik isinya cuma rumput-rumput ada kembang-kembangnya dikit, kayak bukit gitu. dan, yah rame orang, pasangan muda-mudi yang kayaknya kok minta banget diusir dari situ. #bilangajairi

jadilah kami bertiga, foto-foto :)

nah, karena saya adalah fotografernya #ceilah #gaya maka yang banyak di share adalah foto teman-teman. mau bagaimana dong, saya hobinya moto sih, ada beberapa foto saya juga yang sendirian, tapi ga mau di share ah, buat konsumsi pribadi aja :p

perjalanan menuju TKP
tempatnya ga terlalu jauh dari tempat saya dan teman-teman berbincang soal masa depan dunia dan akhirat #makingaje jalan kaki juga bisa, ngesot juga bisa sik, tapi yaa kan males aja kotor, lagi emang kita suster ngesot apa. #abaikan

pemandangan kiri jalan menuju lokasi
dan ke narsisan pun dimulai -_-'
dan seperti yang saya bilang, saya jatuh cinta dengan Nikon Coolpix s3330, terutama menu softnya, heuheu. supah cool :p ente ga perlu sibuk buka-buka dan belajar photoshop karena camera ini sendiri yang memberi efek. :D

si narsis :p

duo narsis

with besties ;)
aku tembem, heu

bentar-bentar, ini kok yang narsis jadi saya. #penyakitlama hkhkhk

udah ah segitu aja yang dipamerin :p ntar kalian pada mupeng lagi pengen ke sana juga. #dirudal

nih satu lagi deh, bonus pic. favorit saya, karena saya yang ambil :p


and ofc, the sunset ;)

abaikan saja pengendara motornya :D

7 hati 7 cinta 7 wanita ; sejauh apa kita memperjuangkan kehormatan perempuan

pagi di hari ahad kemarin, setelah masak selama 2 jam saya menonton sebuah film yang berjudul 7 hati 7 cinta 7 wanita. dan.....sukses bikin nangis-nangis, heuheu. film ini menceritakan tentang dokter kandungan yang mempunyai 7 pasien dengan cerita yang berbeda, semuanya ga ketebak akhirnya akan jadi apa, ga ngeh kalau mereka semua punya benaang merah sehingga saling terkait. yah, nonton sendiri aja lah, biar ngerti maksud tulisan gue ini apa, hkhkhk.

nih trailernya :



saya ga akan jelaskan bagaimana cerita detail film ini, tapi yang jelas diakhir kita menontonnya kita sebagai perempuan akan menyaadari betapa berharganya kehormatan yang kita miliki. di film ini kehormatan yang dijabarkan adalah "keperawanan" dan "kehormatan seorang isteri". tentu kita sebagai wanita yang normal dan berpendidikan, bisa berpikir dan juga menjaga diri, menjaga kehormatan kita.

tapi, ternyata kehormatan seorang wanita bukan hanya terletak pada keperawanannya. kehormatan wanita juga terletak pada perasaannya, pada tingkah lakunya.

jadi inget kata-kata umi kemarin waktu melingkar, "kita kan perempuan, mau rasa di hati sebesar apapun harus bisa ditahan, itu artinya kita menjaga kehormatan kita juga. Fatimah dulu bukankah sangat menyukai 'Ali, tapi ia memndam perasaannya dan mengembalikan semua keinginannya kepada Rabbnya.", iya sik, ini dengan sedikit pengubahan redaksional, hkhkhk.

jadi, begitulah. memang sudah jamannya emansipasi perempuan, tapi jangan sampai kebebasan yang di elu-elu-kan itu malah menghancurkan diri kita, terutama menghancurkan kehormatan kita di hadapan Allah.

tontonlah film ini, maka kamu akan mengerti, dan semakin menghargai diri kamu sebagai seorang perempuan.
;)

Sabtu, 05 Januari 2013

pure heart

#np Andra and The Backbone - Sempurna
       Gita Gutawa - Sempurna (juga - hkhk)

tidak ada yang sempurna di dunia ini, bukan?
kecuali cinta.
cinta yang berasal dari hati yang murni.
bukan sekedar cinta yang ditujukan untuk kekasih, pendamping hidup.
tetapi pada semua orang, dan semua tindakan yang dilakukan.

maka, hati ini merasa sangat kecil, dibandingkan orang yang senyumnya pun mampu meluluhkan amarah, yang diamnya saja bijaksana, yang tuturnya mampu menaklukkan penguasa.

bagaimana yaa, supaya bisa memiliki hati yang murni itu? supaya apapun yang terjadi tak membuat sikap dan kata menjadi kasar dan tak mengenakkan hati?


hati yang membuat pribadinya tak suka menyerobot antrean demi kepentingan pribadinya. hati yang tak pernah mengambil apapun yang bukan miliknya tapi izin. hati yang tak mengambil tempat duduk orang lain ketika pemiliknya meninggalkannya sebentar hanya karena selalu percaya bahwa, "siapa cepat dia dapat". hati yang benar tahu bahwa kehidupan dunia ini sementara.

menyenangkan bukan, memilikinya?

hati siapakah itu?

yang tak marah sekalipun haknya diambil. yang tak keberatan dengan segala macam kewajiban yang harus dijalani. yang ketika tertimpa musibah tetap tersenyum dengan sangat tulus. yang percaya bahwa takdir Tuhan adalah yang terbaik.

membahagiakan bukan, memilikinya?

hati yang indah. 

sebab, apa untungnya mengisi hatimu dengan kebencian? dengan terus meratapi nasib buruk, dengan selalu menganggap kehidupan orang lain lebih menyenangkan, dan malah merutuki karunia yang sudah diberikan Tuhan?


bukankah nabi kita SAW yang mulia itu sudah memberitahukan bahwa hati kita adalah segumpal daging yang menjadi raja akan seluruh tubuh dan tingkah laku kita? maka hati kitalah yang menentukan akhlak kita.

hati yang murni, yang penuh rasa cinta kepada Ilahi, dan selalu mengisinya dengan kebaikan pasti akan memancarkan kebaikan pula dalam setiap tingkah perbuatan pemiliknya. ia tak akan menghabiskan waktu utnuk membenci orang lain atau malah sibuk mengurusi urusan orang yang tak berhubungan dengan dirinya.

sebab hatinya yang bersih dan suci, maka hidupnya pun akan selalu tenang dalam tekanan dan bahagia meski tak mendapat apa yang diidamkan. ia akan memberikan motivasi dan energi positif kepada lingkungannya meski orang lain tak menyadari, hatinya yang cantik akan menuntun setiap orang utnuk mencintainya.
dandelion, pure heart ;)
hati yang kuat, sekalipun banyak hal tak seperti yang diimpikan.
hati yang optimis, meskipun banyak yang meragukannya.
hati yang selalu mengerti, sekalipun terkadang tak ada yang mau memahaminya.
hati yang senantiasa memaafkan, meskipun banyak hal dan kenangan buruk tak bisa dilupakan.
hati yang tulus memberi, sekalipun ia tahu ia tak akan mendapatkan apapun.
hati yang tak malu meminta ma'af, jika ia bersalah dan mengecewakan orang lain.
hati yang paham bahwa setiap orang akan selalu pulang ke rumah.
hati yang luas pemahamannya, yang mengerti bahwa kebahagiaan itu bergantung pada dirinya sendiri.
hati yang selalu merasa cukup, sekalipun orang disekitarnya hidup berlebihan.
hati yang mencintai sedalam samudera, dan tak meninggalkan ruang sedikitpun untuk membenci.
hati yang mampu menerima dan tetap berbahagia dengan semua kehendak dan keputusan Tuhan.
maka menjadilah seperti itu, hatiku.

Jumat, 04 Januari 2013

kutipan cinta romantis film Habibie & Ainun

jangan tanya ini film sedih apa kagak, kalau ga malu karena di bioskop itu banyak orang, duduk di pojokan dan diliatin anak kecil di bangku sebelah pasti gue udah mewek-mewek ;;___;;

bukan kesedihan yang sempurna ditunjukkan oleh pemeran B.J. Habibie yang membuat air mata bercucuran, tapi kesejiwaan dan kesetiaan mereka berdualah yang begitu menyentuh hati.

"Saya tidak bisa menjanjikan banyak hal. Saya tidak tahu apakah hidup kita di Jerman akan sulit atau tidak, apakah Ainun tetap bisa menjadi dokter atau tidak. Tapi yang jelas, saya akan menjadi suami yang terbaik untuk Ainun."

"Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita. "

"Mau ganteng atau tidak, kalau hatinya tidak satu frekuensi, bagaimana?"

"Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya, dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup."

"Kamu itu orang paling keras kepala dan paling sulit yang pernah aku kenal. Tapi jika aku harus mengulang hidupku, aku akan tetap memilih kamu."

"Kebahagiaan dan kesedihan tergantung bagaimana kita menyikapinya!"

"Cinta dapat terlihat melalui teleskop, sedang cemburu hanya terlihat melalui mikroskop."

"Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia & membuatmu berarti lebih dari siapapun."

"Antara saya dan Ainun, adalah dua raga tetapi dalam satu jiwa."
 
"Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku, selamat jalan, calon bidadari surgaku."




tapi, bagi saya kutipan terbaik dari film daan novel serta kehidupan beliau berdua adalah, "Ainun tercipta untuk saya, dan saya tercipta untuk Ainun." itulah kutipan cinta yang di ridhai Allah, di aamiini malaikat, kutipan cinta seorang suami kepada isteri yang amat dicintainya. #lapairmata

Kamis, 03 Januari 2013

sleepy thursday

ok, then i #blamethursday #bow

bermula dari masa kuliah semester 6 atau 7, saya selalu merasa kalau setiap hari Kamis, saya mengantuk lebih dari biasanya, lebih dari hari-hari lain, #alesan padahal ya kalau di hari-hari lain tetap ngantukan mulu sik. #dikeplak

beberapa waktu yang lalu, kebiasaan ini menghilang. saya tak lagi merasa kalau hari Kamis membawa angin segar untuk tidur seharian, hkhkhk. tapi, hari ini tiba-tiba ngerasa yang so sleepy banget. jadilah "menyalahkan" hari Kamis yang membuat saya mengantuk lebih dari hari-hari biasanya.

ditambah malam ini, pulang ke-malam-an (lagi) setelah makan malam di luar (lagi). #deepsigh udah ah, cuma mau bilang itu aja, kayaknya Kamis memang hari favorit untuk tidur. dan saya sudah sangat merindukan kasur empuk saya, heuheuheu.

good night. ^^

zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz



Selasa, 01 Januari 2013

beautiful aurora


rasanya saya tidak perlu menjelaskan mengapa saya begitu menyukai fenomena alam yang satu ini. ia menarik, sungguh menarik. sayang, saya belum pernah melihatnya.

yang belum tau aurora, sila mampir ke aurora

karena saya belum pernah melihat dan mengabadikannya secara langsung., maka gambar-gambar aurora yang saya share ini yaa di dapat dari internet ;;___;;

all is cool photograph!


soooo prettttyyyyy


it's just, too much beauty






tuh tuh kan, cantik banget. ngeliat gambarnya aja udah begini merinding, gimana kalau liat langsung #pingsan. beruntung sekali mereka yang berhasil mengabadikan moment aurora ini.

ohya, di youtube juga banyak, kalau mau liat-liat tentang aurora. :)

photography


*tarik napas*

akhirnya, setelah sekian lama menahan, bisa juga menjalankan hoby yang satu ini, memotret.

ya, saya suka sekali mengambil gambar -dan suka juga diambil gambarnya- entahlah, mungkin mengabadikan moment memang membahagiakan.

seni photography, bagi sebagian orang mungkin berkaitan dengan software juga, seperti mengedit foto, merubah beberapa kekurangan, sehingga menjadikannya terlihat sempurna. tapi, bagi saya seni photography itu benar-benar diambil dengan kamera, bukan hasil editan. terlepas dari kamera yang dipakai maamng bagus atau tidak. dan, kalaupun ada editan pastikan ia editan dari kameranya langsung.

yah, saya bukan yang pakar. cuma suka aja mengambil gambar. menyenangkan rasanya.

oke, now i will introduce you about my camera.


Nikon Coolpix S3300 jadi pilihan ketika saya hunting ke toko penjual kamera. sebelumnya yang saya ingin beli nikon Coolpix L26, tapi berhubung sedang ada diskon dan S3300 lebih baik dari L26 maka saya beli yang ini aja. ada pilihan warna ungu -my favorite- tapi merah sepertinya lebih menggoda.

16MP, 6x zoom, slim, batrai carger, cool, menarik, dan dengan semua review yang saya baca sebelum mencari ke toko, deal. maka ia jadi milik saya.

berhari mencoba mengambil gambar dan saya makin jatuh hati saja dengan kamera ini, semoga bisa bertahan lama. hkhkhk.

beberapa hasilnya sudah pernah saya share di blog, di beberapa postingan.



nikmati hidup (yang ada) saat ini!

artikel ini saya ambil dari vemalekapanlagidotcom


Vemale.com - Satu pertanyaan sederhana untuk Anda: "Apa yang sedang Anda lakukan sesaat sebelum mengambil majalah ini?" Hmmm, jawabannya pasti berbeda-beda. Mungkin ada yang sedang menyesap secangkir latte, mendengarkan musik, atau memandangi lampu jalanan dari teras rumah. TAPI kemungkinannya, pikiran Anda sedang berada di tempat lain – berpikir mengenai kejadian yang sudah berlangsung, atau merencanakan masa depan Anda. Berharap pria yang Anda temui kemarin akan menelepon Anda, atau mengkhayalkan trip ke New Zealand yang akan Anda lakukan bila Anda punya pemasukan lebih.

Well darling, ini memang satu hal yang sangat wajar dan kerap terjadi. Tahukah Anda? Jika Anda tidak pernah benar-benar merasakan momen kecil yang ada, Anda akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai kenikmatan kecil yang ada dalam hidup – seperti secangkir latte di depan Anda sekarang! Semakin diperkuat dengan sebuah studi: kalau Anda lebih sabar dengan apa yang sedang terjadi saat ini maka Anda akan mengundang optimisme, rasa percaya diri, serta kebahagiaan hadir dalam hidup.

Tentu saja, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya Anda bisa tetap mindful setiap waktu? Darling, sudah pasti dibutuhkan usaha Anda sendiri. Karena selalu ada banyak 'gangguan' dalam hidup setiap wanita – yang membuat sangat sulit untuk hanya berada di satu momen. Namun sekali Anda melihat hal apa saja sih yang mempersulit Anda, maka Anda dapat mengontrolnya. "Melihat setiap hal dengan lebih detail membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik ketika Anda menghadapi saat-saat yang berat," ujar psikolog Sylvia Boorstein, penulis buku Happiness is an Inside Job. Congratulation! Setelah membaca artikel berikut, Cosmo pastikan Anda dapat melepaskan diri dari berbagai hal yang menahan Anda dari rasa bahagia (Cosmo/bee)

nikmati setiap momen kecil

Carmen, 27 tahun, bekerja sebagai Manajer di sebuah perusahaan advertising. Beruntung, ia punya tampilan fisik yang menarik, karier menunjang, sering bepergian ke berbagai negara, setiap weekend pasti ada undangan yang menghampiri. Ya, hidupnya tampak sempurna. Tapi ia selalu mendambakan sesuatu yang LEBIH dalam hidupnya. Mungkin sedikit berbeda dengan Andien, 25 tahun. Wanita yang bekerja sebagai Visual Merchandiser di sebuah brand lokal ini terlihat seperti wanita pada umumnya. Bekerja lima hari seminggu, memiliki hobi masak dan fotografi, akhir pekan ia gunakan untuk bertemu kekasih atau sahabatnya. Meski dari luar hidup Carmen terlihat lebih fabulous, namun Andien lebih dapat menikmati hidupnya. Karena dengan kesibukannya, Carmen fokus pada masa depan dan hal yang lebih besar, sedangkan Andien berusaha untuk menikmati apa yang ada di hidupnya saat ini.

Sisi dari umur 20an yang paling menyenangkan adalah berbagai perayaan yang memperlihatkan Anda sudah menjadi wanita dewasa. Namun semua itu – kelulusan, pertunangan atau promosi dalam pekerjaan – bukanlah garis akhir dari perjalanan hidup Anda. They’re just markers on the path. “Menghabiskan banyak emosi untuk memikirkan mengenai apa yang akan Anda rasakan kala sebuah hal besar terjadi – semisal ‘Saya pasti sangat bahagia bila suatu hari saya akhirnya dilamar dan menikah’ – akan menahan Anda dari menikmati apa yang sebenarnya sedang terjadi,” ungkap Daniel Siegel, pengarang buku The Developing Mind. Terlalu fokus pada hal yang masih jauh di depan mata juga membuat Anda “buta” pada pengalaman menarik yang terjadi di sepanjang perjalanan. “Terkadang Anda terlalu gelisah untuk memperoleh liburan tahunan bersama teman, sehingga mengabaikan kegiatan sederhana seperti fun girl’s night out, atau ngobrol santai di coffee shop,” kata life coach Valorie Burton, penulis buku How Did I.

get so busy?

Atasi Segera! Coba cermati profil Carmen dan Andien, mana yang lebih mendekati gambaran hidup Anda? Jika Anda masih sulit untuk fokus pada momen sekarang, mulailah dari hal kecil, seperti memerhatikan hal menyenangkan di sekeliling Anda. Lakukan usaha yang nyata untuk menyadari bagaimana ordinary events dapat menuntun Anda pada extraordinary enjoyment. Ingat kembali bagaimana Anda tak henti tertawa kala menonton Bridesmaids. Ya, sesederhana itu! "Lewat hal kecil saja, dari panca indera Anda. Rasakan bagaimana hangatnya pelukan si dia, atau lezatnya gigitan pertama pizza untuk makan siang Anda," ujar Valorie. Remember....the most important thing is to feel content and be happy, honey!

One Thing at a Time

Jika dikatakan wanita itu makhluk multitasking, Tasya, 26 tahun, membuktikan kebenaran pernyataan tersebut. Bagaimana tidak, ia mampu mengerjakan laporan kantor sembari bergosip via telepon, tak ketinggalan dentuman musik yang ia dengarkan dari iPad dock, dan sesekali mengunyah camilan yang ada di meja.

Here’s the truth! Wanita memang memiliki talenta melakukan 83 hal yang berbeda dalam waktu bersamaan, dan hal ini tak jarang membuat wanita dianggap memiliki nilai lebih di kantor. Woohoo! Tapi sayangnya, kelebihan ini sering digunakan secara berlebih. Coba, siapa di antara Anda yang sering menghabiskan makan siang di kubikal kantor dengan mata tetap fokus pada layar komputer. Oh really! Bahkan terkadang insting ini terbawa juga pada waktu Anda jauh dari meja kantor. Seolah tak cukup ber-multitasking di kantor sehingga di rumah pun Anda melakukan semuanya di saat bersamaan. Anda tidak bisa hanya menyiapkan makan malam saja – Anda harus melakukannya dengan TV dinyalakan, sementara mengecek email pribadi, dan berbicara di telepon dengan loudspeaker. "Wanita terkadang merasa bersalah bila mereka tidak menyelesaikan beberapa hal secara bersamaan," ungkap Boorstein. "Ironisnya, Anda jadi tidak dapat mengingat dengan jelas hampir setengah dari berbagai hal penting yang sudah Anda lakukan. Karena otak Anda hanya mengalokasikan atensi pada satu hal di satu kesempatan," jelas Siegel.

Atasi Segera! Ditch the guilt A.S.A.P! Tidak setiap momen dalam hidup Anda harus dijalani dengan mengutamakan efisiensi. Menjadi superwoman memang hal yang baik, tapi tidak berarti predikat ini Anda pertahankan sepanjang waktu. Jangan kerap berpikir, “Bila saya bisa melakukan berbagai hal sekaligus, mengapa tidak?” Ingat, Anda bukan robot. Anda harus bisa merasakan apa yang Anda lakukan. Jadi Anda harus belajar membagi prioritas. Sisihkan waktu untuk makan siang, ini bisa jadi waktu yang menyenangkan untuk sedikit melepas penat dan bersosialisasi dengan kolega lain. Selain itu tidak berlebihan kok bila di rumah Anda hanya duduk membaca novel favorit. Saat bertemu the girls, Anda ngobrol tidak sembari mengetik pesan singkat di ponsel canggih Anda. Lebih simpel lagi: luangkan waktu beberapa menit menonton video lucu via Youtube, atau bersandar di pundak kekasih. Just relax and do one thing at a time.

take a break from being "ON"

Tidak heran bila Lidya, 25 tahun, mendapat predikat Miss Update. Bukan karena ia up-to-date dengan berita yang ada, tapi lebih karena ia tidak pernah lupa meng-update apa yang terjadi si sekitarnya. Wanita yang bekerja sebagai akuntan ini memiliki pribadi yang menyenangkan dan punya banyak teman. Jadi ia semakin bersemangat untuk membagikan 'hidup'-nya lewat social media. Tapi bahkan saat liburan di Gili Trawangan – bukannya menikmati hangatnya mentari, deburan ombak, sentuhan pasir pantai di telapak kaki, dan hembusan angin laut – ia sibuk memotret berbagai sudut pemandangan indah yang ada di depannya – termasuk foto dirinya dengan bikini baru – untuk di-posting saat itu juga. Entah di Facebook, Twitter, Path, Instagram. Dan masih banyak lagi jenis social media yang ada saat ini.

Memang banyak perdebatan mengenai batasan berbagi lewat social media. Tapi Cosmo tidak akan membahas panjang mengenai hal ini, karena Cosmo yakin, fun fearless female adalah pengguna social media yang pintar. Sharing is caring. Tidak salah. Apalagi kalau Anda kerap menyampaikan hal-hal yang menarik dan bermanfaat bagi teman di jejaring sosial. Mulai dari komentar yang menghibur, berita seputar dunia fashion, tip traveling, atau sekadar rangkaian kata indah. Tapi secara konstan mempublikasikan real-time emotion Anda sama saja dengan wanita yang berada di sebuah pesta tapi bukannya menikmati pesta tersebut, malahan sibuk berfoto setiap waktu. "Anda terlalu sibuk mendokumentasikan apa yang sedang terjadi, sehingga lupa untuk merasakan emosi yang timbul," kata Siegel. Mana yang lebih penting buat Anda, 'terlihat' keren di dunia maya atau kebahagiaan yang nyata?

Atasi Segera! Istirahatkan diri Anda dari memposting dan meng-update status. "It will help you...enjoy moments as they come," ujar Burton. Utamakan untuk menikmati dan merasakan apa yang sedang terjadi baru kemudian Anda boleh berbagi pada orang banyak. Jika Anda sangat ingin menceritakan apa yang terjadi atau apa yang Anda lihat, sesekali lakukan dengan cara yang old-fashioned: telepon sahabat Anda. Percuma saja bila status Anda selalu menarik, tapi sebenarnya Anda tidak benar-benar merasakan dan mengalami apa yang Anda bagikan. Begini saja, jika hal tersebut sangat penting dan sebaiknya di-posting saat itu juga...then, you’re free to do it. Tapi bila Anda dapat menikmati momen pesta dan baru meng-upload fotonya beberapa jam kemudian, sebenarnya sama saja kan dampaknya? WAIT...It’s even better, because you will feel happier!

bebaskan diri anda dari masa lalu

Baik Amelia, 26 tahun, dan Priska, 24 tahun, sama-sama masih stuck dengan kejadian yang pernah menimpa mereka. Sudah tiga tahun Amelia diputuskan oleh sang kekasih, tapi ia masih belum bisa move on. Sedangkan Priska pernah mengalami kegagalan saat melamar kerja di perusahaan yang menjadi targetnya sejak awal kuliah dan belum berani mencobanya lagi. Kedua wanita ini kerap bertanya-tanya mengapa mereka gagal.

Well honey, life’s a bitch to everyone at some point. Sebagai wanita yang cerdas, kecenderungan Anda adalah untuk memikirkan jalan keluar dari masalah yang Anda hadapi.

Tapi terhenti di 'MENGAPA' bisa jadi sama fatalnya dengan saat Anda mengalami kegagalan itu sendiri. Jika Amelia tidak mampu melupakan kisah lamanya, pasti ia tidak mampu menikmati kebahagiaan yang muncul kala pria baru mendekat. Yang ada ia jadi insecure dan bisa jadi menjauh dari menjalin hubungan. Atau Priska yang tidak berani mencoba melamar kerja di perusahaan favoritnya lagi, terpaksa pasrah dengan bekerja di perusahaan lain tanpa antusiasme dan ada ganjalan dalam hatinya. “Wanita sering merenungkan kesalahan yang sudah lewat atau rasa sakit yang ia alami. Percaya bahwa jika mereka memikirkannya terus-menerus, ia bakal menemukan bahwa masalah itu akan selesai,” ungkap Susan Nolen-Hoeksema, penulis buku Women Who Think too Much. “Meski Anda sadar bahwa Anda perlu melakukan sesuatu untuk melewati situasi yang buruk, Anda akan lebih sulit untuk mengambil tindakan bila kerap memikirkan mengenai faktor yang berada di luar kontrol Anda. Semisal apa yang memotivasi seseorang sehingga ia menyakiti Anda.

Atasi Segera! Take action on your terms. "Amati hal lain apa yang dapat Anda lakukan pada kesempatan berikutnya, putuskan untuk melakukan hal tersebut, lalu move on," kata Nolan-Hoeksema. Hubungan Anda tidak berjalan lancar? Hmmm, bisa jadi dia memang bukan orang yang tepat untuk Anda. Belum diterima di perusahaan andalan? Mungkin Anda belum memenuhi kualifikasi yang diminta. Jangan mempersulit keadaan dengan hal-hal yang tidak bisa Anda kontrol. Dengan berhenti menanyakan kenapa dan fokus pada bagaimana mengatasinya, Anda bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia. Saat pikiran-pikiran negatif dan obsesif itu datang, tarik napas. "Lima tarikan napas panjang sudah dapat memperjelas pikiran dan membantu menyeimbangkan perasaan Anda," ujar Siegel.


saya setuju banget sama artikel di atas. so true, kan?

bahagia itu memang sederhana, kok. tapi tetap saja, ia mahal. kenapa? sebab ga semua orang bisa merasakannya. banyak yang berkata bahwa ia ingin kembali ke masa kecil, menjadi anak yang polos, dan tak tahu banyak hal di dunia. tapi kebahagiaan itu memang harus diciptakan sendiri. nikmatilah hidupmu saat ini, maka bahagia itu akan datang dengan sendirinya. mengapa banyak orang yakin, masa kecil membuat mereka jauh lebih bahagia? sebab bukankah dahulu kita bisa senang dengan hanya melihat hal sederhana, mandi di bawah hujan, jalan-jalan ke tempat baru. sekarangpun kita bisa merasakannya kembali, sejatinya hati kita lah tempat kebahagiaan itu.

bukankah kita semua sama-sama tahu bahwa kunci utama kebahagiaan adalah, bersyukur?

kejadian-kejadian kecil bahkan bisa membuat kita tersenyum, bukan? jadi mengapa harus menanti sebuah moment besar untuk bahagia? jangan lupakan hobi-hobi menyenangkan yang bahkan tak memerlukan biaya besar tapi sanggup membuat kita tertawa puas. ada baiknya juga hentikan sementara kegiatan aktif di dunia maya yang sebelumnya sangat intens, dan jangan lupa hentikan menyesali masa lalu, berdamailah dengan semua kesalahan, maafkan diri sendiri, dan jadilah pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.


dandelion, one of the best moodbooster :)

jadi, bahagia memang sederhana tapi mahal, bukan?

seperti menulis blog misalnya. :)