Rabu, 05 Desember 2012

forget me not ; yang mencintai tak kan melupakan

warnanya biru. 

indah sekali.

bentuknya kecil.

melihatnya sangat menyenangkan hati.

pretttttyyyyy!!!
cantik banget heuuuu
nama bunga ini -mungkin- bagi sebagian orang agak aneh. namanya, forget me not. sedikit deskripsi tentang bunga ini, adalah :

myosotis adalah genus dari tanaman berbunga dari keluarga Boraginaceae yang lazim disebut dengan forget- me- not.

ada sekitar 50 spesies dalam satu genus dengan banyak variasi, berdiameter sekitar 1 cm atau kurang dari itu, dengan 5 buah mahkota biru dan warna kuning di tengahnya, tangkai bunga bercabang, berbungan di musim semi. merupakan tanaman kebun yang populer karena warnanya yang teduh.

daerah distribusinya sangat luas, banyak dijumpai di Selandia Baru. beberapa spesies dapat dijumpai di Eropa, Amerika dan Asia yang mempunyai 4 musim, karena pertumbuhan tanaman ini membutuhkan kelembaban yang sangat tinggi. maka jangan herah kalau kita jarang -atau bahkan tidak- bisa menemuinya di negara kita tercinyta, sebab saya tak penlu menjelaskan kan tentang panas di Indonesia? *melipir* tanaman ini juga merupakan bahan makanan bagi larva beberapa spesies Lepidoptera.

ASDFGHHJFGLHL CANTIK!!
warna birunya benar-benar indah, bukan?

manis sekali.

sungguh menarik hati untuk memandang dan merawatnya.

berbentuk hati <3>

filosofi nama forget me not yang saya tau setelah mencari-cari ada dua, yang pertama :

dahulu kala pada mula jaman, Tuhan menciptakan bumi. lalu Dia menghiasinya dengan bunga beraneka rupa. bermacam bentuk, warna dan motif ia ciptakan. hingga tiba waktunya Ia menamai mereka. maka dipanggillah satu persatu. Rose, Lily, Tulip, Magnolia, Frangipani, …., poppy, pansy,…, jasmine, lavender, ….geranium…., aster…

para bunga berseri-seri mendengar nama-nama mereka disebutkan. mereka tak menyadari bahwa disemak-semak dibawah mereka, ada serumpun bunga kecil-kecil berwarna biru yang tersembunyi dibawah bayang-bayang mawar liar. meski mungil, bunga-bunga itu terlihat cantik dengan warna biru bagaikan langit cerah. bunga-bunga itu begitu lugu dan mereka mulai khawatir Tuhan tidak melihat mereka dan lupa memberi nama. lalu mereka berseru-seru memanggil Tuhan dan berkata: “forget me not, my lord! Forget me not!” lalu Tuhan tersenyum sambil memandang mereka dan berkata: “Then shall it be your name!”. maka begitulah, bunga-bunga itupun kini dikenl sebagai bunga forget-me-not.

wkswks, itu cerita pertama tentang nama forget me not, sedikit lucu, ga tau deh bener atau enggga, jaman dulu kan suka ngarang #dikeplak


lalu, ada cerita kedua mengenai nama forget me not, yaitu :

pada abad ke-15 Jerman, bunga ini digunakan sebagai lambang untuk tidak melupakan atau tidak akan dilupakan oleh pasangan. legenda mengatakan bahwa di abad pertengahan, seorang ksatria dan istrinya sedang berjalan di sepanjang sisi sungai. ksatria itu mengambil sebuah bunga berwarna biru kecil yang indah, tetapi karena berat baju besi, ia jatuh ke sungai. saat tenggelam ksatria melemparkan karangan bunga untuk orang yang dikasihinya dan berteriak “forget-me-not.” karena itulah bunga ini sering  oleh wanita sebagai tanda kesetiaan dan cinta abadi.

cantik banget TT.TT
sebenarnya dari namanya sendiri kita langsung bisa menyimpulakan apa maksud dari bunga ini. "jangan lupakan aku", benar-benar romantis yaa? menyenangkan sekali jika bisa menanamnya, menyirami  setiap hari, melihatnya tumbuh tinggi dan berbunga.

btw, saat search gambarnya di google ada yang warna ungu juga, hmmm.

forget me not purple <3>
apalah daya, saya tidak bisa menolak pesona bunga ini, cantik, cantik sekali.

dan seperti judl postingannya, cinta sejati itu tak akan melupakan, yang mencintai tak akan melupakan sekalipun ia pergi jauh atau ia ditinggalkan.

3 komentar:

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

bunganya cantik, mba. apalagi yang bentuknya love :D

Seli Selicious mengatakan...

emank ini ga bisa banget tumbuh di Indonesia ya mba?

Amelia Rizki mengatakan...

Bunga ini bner2 gak bisa tumbuh di indonesia yah?