Sabtu, 17 November 2012

roborovski; si gesit yang penyayang


Roborovskis (Phodopus roborovskii) adalah spesies hamster yang terkecil dan tercepat dari semua hamster dimana paling sering disimpan sebagai binatang peliharaan. hamster Roborovskis hidup di Gurun Gobi, padang pasir Mongolia dan Tiongkok utara. mereka biasanya menggali lubang di antara 60 cm sampai 200 cm dibawah tanah. hamster Roborovski (Phodopus roborovskii) adalah hamster terkecil dan tercepat dari beberapa hamster yang lain. hamster ini berasal dari mongol bagian barat dan timur serta sebelah utara cina. Roborovski hidup di dalam lubang sedalam 50 cm – 150 cm. umur hamster ini dapat hidup sekitar 2 sampai 3 tahun. hamster sangat jarang menggigit dan cenderung takut pada manusia dibandingkan yang lain. hamster jenis ini memiliki kumis yang sangat banyak. hamster jenis ini tidak disarankan untuk pemula. Roborovski adalah hamster yang sangat romantis dan sayang satu sama lain. jika hamster roborovski tinggal bersama-sama pada usia dini, mereka akan tidur bersama-sama, makan dan bermain bersama-sama. Roborovskis tumbuh sekitar 4 cm – 5 cm panjang dan tidak sampai 7 cm sebagaimana banyak sumber mengatakan. memiliki tubuh berbentuk peluru dan kaki belakang yang sangat panjang untuk berjalan cepat. dan berhati-hatilah saat anda memegangnya, karena hamster ini dapat berlari-lari dan ketakutan. Hamster ini menghasilkan 4-6 bayi hamster. dan masa hamil hamser roborovski adalah 23-30 hari.

hamster ini hanya memiliki dua varian warna yaitu; brown face , warnanya cokelat dengan sedikit warna hitam, bermata hitam, dan telinga berwarna cokelat krim, satu varian lagi adalah white face, warna badannya ada yang cokelat dan putih, warna wajah putih, mata hitam dan telinga cokelat.

(wikipedia)


tampak depan, unyu

Roborovski dikalim sebagai hamster yang memiliki wajah paling lucu dan menggemaskan, tubuhnya kecil dan larinya kencang, harus berhati-hati kalau kita ingin memegangnya, karena hamster ini agak penakur dengan manusia -saya aja pernah coba nangkep hamster ini dan dia tiba-tiba loncat dari ketinggian setengah badan saya #panikseketika-

harga hamster ini kalau di daerah saya berkisar 30 ribu - 45 ribu, tapi saya dikasih sih sama pak Wisnu jadi ga bayar wkwks. sekarang ini sudah banyak juga pengembangbiak hamster, mungkin karena menganggap hamster hewan yang lucu dan menyenangkan. apalagi Roborovski ini adalah hamster yang lincah dan suka bermain-main. jadi, dia butuh kandang yang luas sekalipun tubuhnya kecil, karena mereka gemar berlari-lari.

hamster adalah hewan peliharaan yang sangat "menjunjung tinggi" kebersihan, mereka tidak suka kalau kandangnya pengap, kotor, dan bau. hamster mandi dengan pasir khusus hamster, letakkan saja pasirnya di tempat mandi mereka, nanti mereka sendiri yang akan berguling-guling, itulah cara mereka mandi.

alas kandang mereka biasanya adalah serbuk kayu, dan harus rajin-rajin menggantinya (kalau bisa) setiap seminggu sekali, paling parah dua minggu sekali. karena mereka tidak akan mau memakai serbuk kayu yang sudah pernah terkena kotoran mereka.

yang aus, yang aus

untuk makanan sendiri, hamster ini sama seperti hamster-hamster lainnya yaitu biji-bijian. saya biasanya memberikan mereka jagung manis atau toge juga, atau sekedar makanan haster yang dijual di toko-toko. dan jangan lupa, minum harus selalu standby, selalu cek kalau kira-kira sudah mau habis.

makan-makan-makan
karena hamster ini hewan yang sangat bersih dan harus dijaga baik-baiak, sebab tubuhnya yang kecil dan rawan celaka kalau jatuh, harus mandi minimaaaaal sekali seminggu, kalau bisa -dan memang sebaiknya- tiga hari sekali mandinya. jadilah, hamster adalah hewan peliharan yang yah mahal. wkwks.

zzzzzzz......
hamster adalah hewan malam,  ibu sering bilang, "ini berdua kalau malem malah pencak-pencak (baca: mainan) gigit-gititan, atau lari-lari di roda kesayangannya. tapi saya agak terkejut dengan keterangan wikipedia kalau ternyata Roborovski ini adlaah hamster yang romantis dan penyayang, jadi ga heran kalau ngeliat dua hamster saya ini suka peluk-pelukan. cium-ciuman.

btw, nama hamster saya itu Jiji dan Tutu, yang saya juga ga tau yang mana yang Jiji dan yang mana yang Tutu. #plaaakkk

buat yang suka memelihara hewan dan suka dengan hewan unyu, coba deh pelihara hamster, terserah mau yang jenis apa, soalnya lucu kalau liat mereka udah mainan, bisa jadi penat dan stress yang melanda kita hilang. ^____^

dan lagi-lagi, kelak semoga dia yang akan saya temani seumur hidupnya bersedia membiarkan saya merawat hamster-hamster yang lebih banyak.

Tidak ada komentar: