Senin, 10 September 2012

luar biasanya puasa

"wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa." [QS Albaqarah : 183]

ada banyak rahasia penyembuhan penyakit. tapi yang paling dari semuanya adalah rahsia penyembuhan penyakit melalui shaum (puasa). nah apa saja manfaat puasa yang agama kita ajarkan, let see!

puasa membantu membunuh virus dan mengusir racun

para ilmuan mengatakan bahwa menahan makanan dan minuman untuk beberapa periode waktu dalam satu hari, akan memberi kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh menjalankan fungsinya lebih kuat, juga akan mengurangi beban banyak organ tubuh, karena makanan berlebihan akan memperberat kerja tubuh. melalui praktek shaum sel-sel tubuh kita akan mampu mengusir racun yang telah terakumulasi sepanjang tahun. dengan berpuasa kita bahkan memiliki cara paling efektif melawan obesitas dan berbagai komplikasi penyakit yang timbul karenanya.


puasa mengurangi resiko tumor dan kanker


para ilmuan mengatakan puasa yang terarur, diiringi pola makan yang normal dan mengurangi garam serta junk food,bisa membuat sel-sel tubuh bekerja lebih teratur dan mencegah transformasi menjadi sel kanker. maka penyebaran sel kanker juga akan terhambat sejak awalnya. menahan makan dan minum dalam waktu tertentu bahkan bisa mengurangi tumbuhnya tumor hingga nol, penelitian lain menunjukkan bahwa menahan makan dan minum seperti berpuasa akan meningkatkan kelangsungan hidup di antara pasien yang menderita penyakit yang bisa berubah menjadi tumor di masa mendatang.


puasa memperlambat penuaan


selain melawan penyakit kronis, ternyata berpuasa juga berguna untuk memperlambat tumbuhnya penuaan pada sel-sel otak. seperti dalam beberapa studi ilmiah, berpuasa bisa memperlambat ketuaan sel otak dan mencegah kemunculan penyakit Alzheimer. puasa bahkan sangat berpengaruh pada penundaan ketuaan jaringan otak.


energi tambahan dari puasa


puasa merupakan cara alami menyembuhkan penyakit yang ada dalam tubuh. para peneliti modern menyebutkan bahwa, tenaga orang yang sedang berpuasa itu justru bisa meningkat melewati batas maksimalnya. ketika seorang mukmin berpuasa, terjadi banyak kondisi negatif yang tidak kita rasakan. ketika pengaruh negatif tidak ada, maka energi dan tenaga kita akan meningkat, sebabnya jelas karena kita telah terlepas dari sumber kegundahan yang sangat menyita energi. tubuh kita memiliki stok energi yang terbatas, energi itu akan bertambah karena puasa menahan makan dan minum tetap tersedia, ditambah rasa bersih dan khusyu' yang lahir karena ibadah puasa.


detoksofikasi melalui puasa


tubuh kita menerima banyak air yang kita minum dalam sehari, bisa lebih dari 200 gram yang sangat mungkin mengandung unsur logam dan racun. selain itu, kita juga kalangan medis yang menggunakan terapi puasa mengatakan; solusi paling efektif untuk menghilangkan akumulasi materi kotor yang ada dalam tubuh adalah dengan menggunakan senjata puasa, yang mampu melindungi dan membersihkan tubuh dari unsur-unsur tersebut secara efektif. dan jenis puasa yang baik adalah yang dilakukan secara teratur.


atasi stress dengan puasa


puasa memperbaiki kemampuan kita menahan stress, frustasi dan mengatasi kesulitan hidup. di zaman seperti sekarang, yang penuh tekanan hidup, kita sangat memerlukan puasa yang bisa membantu memperkuat daya tahan mental terhadap beragam kondisi. puasa juga bahkan bisa memperbaiki kualitas tidur dan menenangkan jiwa.


puasa bikin awet muda


proses pembersihan yang dilakukan secara rutin terhadap sel-sel tubuh melalui puasa, bisa memperpanjang umur sel. dengan begitu, proses penuaan juga akan menjadi lebih lambat melalui puasa. bahkan melalui puasa, kebutuhan tubuh akan protein menjadi berkurang seperlimanya dari kondisi tidak berpuasa. ini artinya sel-sel tubuh juga mendapatkan kesempatan untuk beristirahat. puasa juga dteliti sebagai cara memperbaiki sel-sel tubuh yang paling aman.



nahh semua pengetahuan yang di dapat ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuan non islam, yang mana puasa yang mereka lakukan bukan dengan cara dan kegiatan yang islami. lantas bagaimana dengan kita, sebagai umat muslim yang melakukannya dengan cara islam, tentu hasilnya jauh lebih luar biasa.

selamat berpuasa :))

**sumber : Tarbawi (edisi 280 Th. 14 Syawal 1433 - edisi 281 Th. 14 Dzulqaidah 1433)

Tidak ada komentar: