Kamis, 23 Agustus 2012

the words of hikmah (bagian kedua)

keluarga

sebaik-baik isri kalian adalah, wanita yang harum baunta, enak masakannya, jika membelanjakan harta maka ia membelanjakannya untuk sesuatu yang makruf (baik), dan jika tidak membelanjakannya maka ia tidak membelanjakannya dengan yang makruf pula.

semakin beriman seorang laki-laki, ia semakin mencintai istrinya.

barangsiapa berusaha keras dengan ikhlas untuk mencari nafkah di jalan yang halal, merasa cukup dengan belanjanya, mengatur standar hidup yang sesuai dan wajar bagi keluarganya, maka orang yang seperti itu akan menemui Allah pada hari kiamat dalam keadaan bersinar wajahnya bagaikan bulan purnama.

sebaik-baiknya wanita adalah yang jika diberikan sesuatu kepadanya, ia bersyukur, dan jika tidak, dirinya rela.

hak ibumu hendaknya kau ketahui; dia mengandung dan memberimu sari makanan ketika tak seorangpun melakukannya. menjagamu dengan pendengaran, penglihatan, tangan, dan kakinya, serta seluruh anggita badannya dengan penuh kasih sayang. dia menanggung sakit, derita, dan kesusahan saat mengandungmu. sehingga lahirlah kamu ke dunia ini. ia rela kamu kenyang ketika ia lapar, memberi dirimu pakaian walaupun dirinya tak berpakaian, menegukkan minuman untukmu sementara dia kehausan, manaungi dirimu walau dirinya tidak ternanungi apapun, memberikan kenikmatan padamu dengan penderitaan baginy, menidurkanmu dalam pangkuannya sementara semalam penuh matanya tak terpejamkan. perutnya jadi wadah untukmu, pengkuannya menjadi tempat berlindungmu, ai susunya jadi minuman untukmu, dan dirinya jadi pelindungmu.


makanan dan kesehatan


empat hal yang dapat mencegah penyakit; jangan makan kecuali lapar, berhenti makan ketika ingin lagi, mengunyah dengan benar, dan mengosongkan perut menjelang tidur.


akhlak terpuji dan sifat tercela


orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal; kepercayaan, cinta, dan hormat.

rasa malu adalah menundukan pandangan.

barangsiapa yang banyak mengingat mati, dia ridha dengan dunia yang sedikit.

sabar itu ada dua, pertama sabar pada musibah, dan ini baik juga indah. namun lebih baik dari itu adalah sabar pada apa yang telah Allah haramkan bagimu.

sedekah terbaik adalah sedekaah yang diberikan oleh orang miskin, yang sangat membutuhkannya.

kebaikan dan sedekah yang tak terlihat, keduanya menghapuskan kemiskinan, menambah umur, dan manjaga dari tujuh puluh kematian yang tidak baik.

pokok dasar kefakiran ada tiga, sifat rakus, kesombongan, dan kedengkian. sifat rakus menyebabkan nabi Adam memakan buah dri pohon terlarang dan dikeluarkan dari Jannah (taman). kesombongan menyebabkan iblis menolak perintah Allah untuk bersujud kepada Nabi Adam. dan kedengkian menyebabkan Qabil, putra Nabi Adam, membunuh saudaranya sendiri yang bernama Habil.

jauhilah olehmu banyaknya mengemukakan alasan karena sesungguhnya dusta sering bercampur dengan alasan.

jauhilah rasa marah, sebab sesungguhnya amarahmu menjadikan dirimu hina karena mengharuskanmu meminta maaf.

amarah merupakan salah satu jenis kegilaan, karena penderitanya akan merasakan penyesalan. apabila seseorang tidak merasa menyesal setelah ia marah, gilanya telah permanen.

barangsiapa dapat mengendalikan dirinya meskipun mampu bertindak dengan amarah, Allah memenuhi hatinya dengan ketenangan dan iman.

buah keserakahan ialah mengeluh tentang kekurangan.

aku heran sekali dengan anak Adam. permulaannya adalah sperma, akhirnya adalah mayat, dan di sepanjang hidupnya dia membawa kotoran, namun mereka begitu sombong.


-to be continued-



penulis : Andi Anas

Tidak ada komentar: