Kamis, 29 Maret 2012

status (bagian pertama)

Wanita, kalian tahu, baiklah, akan sy kasih tahu salah-satu rahasia besar mereka: ada sebagian dari mereka yang mampu menyembunyikan perasaan cinta bertahun2, bertahun2 lamanya, tanpa seorang pun tahu, tanpa bocor setetes pun.

Berhentilah terlalu membela, membangga2kan, menyebut2 partai, paham, tempat ngaji, dsbgnya yg kalian ikuti (apapun partai, paham, tempat ngaji, dsbgnya itu), hingga tega menjelek2an sesama saudara muslim yg tidak separtai, sepaham, setempat ngaji. Karena demi Allah, adalah terlarang menyakiti hati sesama muslim, kalian robek kehormatannya dgn makian--yg bangga sekali sambil menyebut2 nama partai/paham/dsbgnya.

kalian 'in relationship'/pacaran lantas di umumkan di facebook? memasang foto pacaran, mesra nian nampaknya, sudah kayak mengalahkan suami istri yg menikah 50 tahun saja... sy pikir kalian percuma sdh membaca novel2 sy, jauh2 sana...

di jum'at yg mulia ini, percayalah, walau hater (para pembenci) selalu ada di sekitar kita, bahkan untuk sebuah urusan yg baik, lurus dan tulus (bukan sekadar hater justin bieber), sepanjang kita yakin telah melakukan sesuatu dgn baik, selalu belajar utk lbh baik, terbuka dgn masukan, rasa nyaman dan tenteram itu akan datang. kemuliaan hidup tdk pernah tertukar.


di jum'at yg mulia ini, mari kita berdoa semoga org berhati dengki, org2 yg selalu merasa kurang, org2 yg selalu ringan hati berbohong, lantas bersumpah demi nama Tuhan, org2 yg tdk punya nurani lagi, diberikan hidayah berlimpah, kesadaran, dan pertobatan. *jika kalian punya doa lain, tulis dikomen (jd tdk sekadar komen amin).

adalah tabiat manusia membantah dan membela diri... dan lebih membantah serta membela diri lagi saat diingatkan.

adalah tabiat manusia: bodoh, tdk tahu berterima kasih dan suka membantah pula. masih ada belasan sifat buruk manusia lainnya dlm kitab suci. itu selalu benar, contohnya sy.

dalam setiap urusan kemungkaran, maka lawanlah dgn tiga cara: dgn tanganmu, tebaskan pedang keadilan dan kebenaran; dgn lisanmu (atau tulisan), serukan keberpihakan dan keyakinan; atau dgn hatimu, benci sebenci-benci-benci-benci-benci-nya. yg terakhir adalah selemah2nya iman.

di jum'at yg mulia ini, mulailah mengambil bagian memperbaiki masyarakat. ikut menegur, ikut mengingatkan, ikut bertanya, ikut ceweret meski itu jelas ada resikonya. dgn demikian, semoga kelak di hari pembalasan, kita bisa berdiri sedikit tegak. *kita nih, menghadap bos, guru, orangtua, atau atasan sj, kalau merasa PR, amanah, pekerjaan nggak beres rasa2nya mending tdk menghadap.

bukan penghasilan rendah yg membuat orang korup, mengambil yg bukan haknya, tetapi karena keserakahan. dan hal yg paling menyedihkan dr orang2 serakah, mereka tdk pernah memahami ketika mati, semua tertinggal di dunia. tamat. game over.

di dunia maya ini (terutama twitter), penjahat kelas berat bisa terlihat seperti malaikat. orang paling munafik bisa terlihat seperti orang paling qanaah dan jujur.

pendidikan adalah masalah terbesar anak-anak, bukan kemiskinan. bnyk sekali anak2 dr keluarga miskin yg bisa mengalahkan kesulitan dgn pendidikan yg baik.

tentu sj kita menyebutnya 'jatuh cinta' bukan 'kena cinta', 'mengalami', 'proses'. karena kata jatuh adalah peristiwa tdk diinginkan, terjadi begitu sj.

Sy sungguh tidak melarang, beneran, apa hak sy melarang2. Tapi kalau kalian selama ini sekalipun tdk pernah bilang 'selamat tahun baru hijriyah' kpd sesama saudara muslim, maka tdk perlulah sok gaul, sok akrab bilang 'gong xi fat cai', sama waktu beberapa minggu lalu sibuk bilang 'happy new year'. itu norak dan, ups, munafik kelas satu.


Saya tidak tahu, apakah sebagian dari kalian tdk paham maksudnya, atau memang tidak mau paham. Jika kita, tidak pernah mengucapkan kalimat 'selamat tahun baru hijriah' kepada sesama muslim, maka ngapain pula kita sibuk bilang 'happy new year', 'gong xi fa cai', dsbgnya? Buat apa? Utk sesama saudara seagama sj kita tdk melakukannya? kenapa repot melakukannya utk orang lain? ini tdk ada hubungannya dgn toleransi, dsbgnya. Sy bahkan menerbitkan novel ttg orang2 china, dgn tokoh2 yg hebat, menyambut imlek tahun ini. Ini juga tdk ada hubungannya dgn dalil2 agama, haram, dsbgnya. Ini common sense saja.

Orang2 yg suka cari muka, menjaga image, tidak tahu ilmunya, lebih cepat tersinggung saat diingatkan.

sudah ada yg menyinggungnya di sini, maka sekalian sy ingatkan, jika kita ingin ber-valentine ria beberapa minggu ke depan, maka lakukanlah dulu kasih sayang itu dgn orang tua, kakak, adik. karena, kalau kita sibuk ber-valentine dgn pacar, teman dekat, tapi keluarga tidak, itu sama saja norak dan munafik.


hari ini, orang2 yg tidak hafal satu surat pun mendebat orang2 yg hafidz qur'an, orang2 yg paling jauh melangkah hanya sekitaran rumah mendebat orang2 yg hampir mengelilingi dunia, dan orang2 yg mengerti pun tidak definisi sebuah kata mendebat orang2 bijak yg memikirkan semua hal. sayangnya, kabar buruknya, boleh jadi itu saya, kita semua. *maaf, kalau ada yg tidak merasa 'kita'.

Ini saran saja sih, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan facebookan, internetan, kecuali ada manfaat yg setimpal atas waktu yg dihabiskan tersebut. Dunia maya ini banyakan bohongnya.

om tere, bang tere, pak tere, sy lagi suntuk, stres, bosan, gimana solusinya? hosh, hosh, pertanyaan seperti ini bahkan membuat sy ikutan sedih. jika kalian memang lagi benar2 bosan dgn kehidupan, bertumpuk masalah, maka sana, ambillah wudhu, shalat, ngaji, angkat kedua belah telapak tangan ke atas. berdoa. konsultansi ke tere liye, apalagi curhat, tidak akan membantu banyak--jangan2 malah tambah bete.

Jika kalian PNS, karyawan swasta, atau apapun yg terikat dgn peraturan jam kerja, dan sesuai SOP kalian dilarang melakukan hal2 di luar urusan pekerjaan saat jam kerja, maka saya melarang kalian berkeliaran di page saya ini saat jam kerja. Kalau kalian mau korupsi waktu, jangan melibatkan page saya.

**sumber : Darwis Tere Liye Facebook

Tidak ada komentar: