Minggu, 12 Februari 2012

yg baik, dan yg buruk

yg baik, dan yg buruk
by Darwis Tere Liye on Wednesday, August 10, 2011 at 8:23am ·

bagi para sufi, ada sebuah filosofi sederhana yg mendalam artinya: 'kita tdk pernah bisa mencampurkan minyak dengan air, selalu akan terpisah'. maka begitulah kehidupan ini, kita tdk pernah bisa mencampurkan kebaikan dan keburukan.

lantas, jika kalian renungkan kalimat ini, sambil tiduran di lantai (asumsi kalian belum pernah tinggal di kamar yg kosong tdk ada perabotan berbulan2), cobalah tatap langit2 kamar, menghela nafas lega, maka kalian akan paham penjelasan pendek berikutnya: 'selalulah condongkan langkah, niat, perbuatan pd kebaikan; maka insya Allah, tdk akan pernah tercampur keburukan di dalamnya; akan tetapi jika langkah, niat dan perbuatan kita sdh condong pd keburukan, maka otomatis, tdk akan pernah datang kebaikan di dalamnya.'

sy kasih contoh ekstrem, jika sepanjang malam kalian ada di masjid, maka tdk akan pernah kalian main kartu, ghibah, konser musik, dsbgnya, paling buruk, kalian tidur di masjid, ileran, mengganggu org lain. tetapi jika sepanjang malam kalian ada di diskotek, pub dan sejenisnya, demi Allah, kalian tdk akan mengaji al qur'an di sana bukan?

nah, begitulah kehidupan ini. menjaga hati, lisan, perbuatan dr hal buruk bukan pekerjaan mudah. utk membuatnya ringan, condongkanlah selalu pd posisi, tempat, teman, dsbgnya yg baik. mulailah segala sesuatu dgn baik. sekali dia jatuh pd sisi buruk, apalagi dimulai dr yg buruk, maka sy khawatir, jika kalian tdk pernah bisa lari dr posisi itu, selamanya kalian akan terjebak di dalamnya. berputar2, di sana saja, selamanya.

REPOST : http://www.facebook.com/note.php?note_id=217497901634119

Tidak ada komentar: