Senin, 31 Desember 2012

2012's last rainy day

apa makna tahun baru, untuk saya?

biasa aja, tidak pernah rasanya sengaja menunggui pukul 00.01 untuk teriak-teriak dan ngidupin kembang api yang berisik itu untuk menyambut tahun baru Masehi.

resolusi?

bukankah resolusi -yang jelas ke lebih baik- seharusnya setiap hari? kita tak ingin mengulang kesalahan yang sama, kan?

ah, sudahlah. saya tak ingin menuliskan tentang tahun baru. saya ingin menceritakan tentang hujan terakhir tahun ini, yang rintiknya bahkan masih saja berjatuhan sekarang, kalah dengan suara orgen tetangga. -gue bingung, ngapain sik malem tahun baruan pasang orgen, bikin tetangganya susah mejem, takut aja ikut joget- #okesorry

karena ini hari terakhir di tahun 2012, berarti hujan yang turun hari ini juga adalah hujan terakhir di tahun ini. hujan terakhir bulan ini.


pagi, masih sekitar jam 7


sama aja, jam 7an juga
jam 13:36 mendung banget :3
14:09 hujan gerimis
15:15 mendung pekat setelah gerimis
awannya bergerak saat di foto, unyu serem gimana gitu
cool!
setelah mendung kedua, hujan lebat datang. senang sekali mendengar butirnya jatuh. sungguh kebaikan Tuhanlah yang membuat air hujan yang jatuh dari ketinggian tidak menyakiti makhluk-Nya di dunia.

nah, ini saya punya foto-foto burung walet yang lagi terbang-terbang kesenangan, mandi hujan ;)

agak ga keliatan sik, ya gapap lah yaa. foto sendiri aja kalu mau. #dikeplak





dan, tibalah hujan deras yang ga asik banget kalau ga diabadikan. berhubung sebenarnya saya menunggu sunset, tapi ternyata mataharinya udah nyumput duluan, maka hujanlah yang menganti hadirnya yang lama sudah saya rindukan.

pic-pic nya saya ambil dari beranda lantai 2, karena rumah saya di daerah pasar dan banyak toko yang jualan jadi yaa maklum aja kalau pemandangannya ga seindah di puncak gunung. #menurutL?






my favorite :3
21:25

hujannya sudah berhenti, berganti bunyi petasan yang sungguh sangat mengganggu, padahal kan tahun baru itu cuma ganti tanggalan aja, kenapa heboh banget. dan selalu seperti itu setiap penghujung tahun, bikin ga bisa tidur aja, kan?

dan selama hujan tadi, saya mengisinya dengan hobi terbaik sepanjang hidup, membaca. semoga besok buku ini sudah selesai, sebab buku lain sudah menanti :p


my Poiroooot u,u

seruan membaca tere-liye

Selamat mengisi liburan dgn membaca buku.

Tak akan merugi orang2 yg menghabiskan waktu dgn membaca buku.

Membaca adalah hobi orang2 yg taat agama.
Karena perintah pertama agama adalah membaca.

‘’Bacalah!’’ ujar Jibril kepada Muhammad.
Rasulullah pun segera menjawab, ‘’Aku tak bisa membaca.’’
Lalu Jibril memegang dan memeluk tubuh Muhammad dengan sangat kuat. ‘’Aku sampai merasa sesak,’’ ujar Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Aisyah RA.
Setelah itu, Jibril melepaskan pelukannya dan kembali berkata, ‘’Bacalah!’’
Muhammad SAW kembali menjawabnya, ‘’Aku tak bisa membaca.’’
Lagi-lagi Malaikat Jibril memeluk dan memegang tubuh Nabi SAW dengan sangat kuat. Rasa sesak kembali dirasakan Rasulullah. Hingga akhirnya Jibril melepaskannya dan kemudian berkata, ‘’Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Paling Pemurah. Yang mengajarkan (manusia) dengan perantaraan kalam. Diam engajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.’’

 Banyak2lah membaca. Maka kita akan tahu banyak hal. Dunia membaca itu menakjubkan.

Membaca itu jika tidak bermanfaat sekarang, esok lusa akan berguna. Maka banyak2 membaca sekarang, esok lusa akan berguna banyak.
Tidak akan menyesal orang2 yg suka membaca.
 

Tentu saja membaca itu tdk hanya membaca buku. Juga bisa membaca sekitar.
Tapi juga tentu saja kitalah sendiri yg tahu persis, memang rajin membaca sekitar atau sekedar sedang mengarang argumen malas membaca.
 

Setahun nyaris berlalu, maka berapakah buku yg telah kita selesai baca?
Lantas berapa ribu jam yg telah kita habiskan utk hal2 mubazir?
 

Tidak banyak buruknya dari banyak membaca. Tapi banyak bicara, banyak komen, aduh itu entahlah.
Selamat menghabiskan waktu dgn membaca.
 

Banyak sekali salah paham, buruk sangka, tuduhan, hinaan, bahkan perang antar umat manusia tdk akan terjadi jika semua memilih membaca dulu drpd bicara dulu.
Betapa menariknya kebiasaan membaca.
 

Orang2 sok tahu, pada umumnya sedikit sekali membaca buku.
Termasuk sok tahu di jejaring sosial, minim sekali membaca buku. Tapi dengan senang hati, maksimal sekali menunjukkan hal tersebut lewat komen2nya.
Selamat mengisi liburan dgn membaca buku.
 

Maka membacalah, adik2 yang masih remaja, sekolah, kuliah, membacalah. Kalian bisa menggapai tepi2 pengetahuan hari ini dengan membaca. Bisa menyentuh pinggir2 kebijaksanaan orang tua dengan membaca. Dan yang lebih menakjubkan lagi, kalian bisa membuka tepi itu, pinggir itu lebih jauh lagi.
Jangan dengarkan orang2 yang terlalu banyak alasan, menyusun argumen semu soal membaca. Biarkan saja kalau teman kalian merasa 'membaca' di jejaring sosial adalah membaca, merasa lebih jago membaca ayat2 Tuhan yg tertulis di atas bumi dan di bawah langit--padahal membaca buku pun berbulan2 tidak. Dan bualan alasan lainnya untuk menutupi kemalasan.
Bacalah buku2 yg baik, tentang agama, pengetahuan, apapun itu bukunya sepanjang baik. Habiskan waktu bersama buku. Kalian akan menjadi orang2 yang beruntung dengan membaca buku2. Tidak akan keliru rumus ini. Bukan karena sangat sederhananya untuk dimengerti, tapi itu dijamin langsung oleh Tuhan dalam kitab suci.
Bacalah.
 

Kenapa kita merasa tersinggung atas seruan membaca? Ajakan membaca?
Entahlah.
Dunia tambah tua. Lama-lama, jangankan diajak memperbaiki diri, orang2 bahkan bisa tersinggung saat diajak justeru berhenti merusak diri.
Aih, malangnya nasib yang tidak suka membaca, page ini sebaliknya akan terus menyerukan soal membaca hingga libur panjang usai.
 

Jaringan perpustakaan nasional Singapura, mengacu data tahun 2007, dikunjungi oleh 37 juta pengunjung, alias 100.000 lebih pengunjung per hari.
Masih mau bertanya kenapa Singapura masuk dalam daftar negara2 maju, bersih, jujur, dan hal2 menakjubkan lainnya?
Itu artinya, dalam setahun, rata2 penduduk Singapura berkunjung ke perpustakaan nasional mereka 7,4x (diluar toko buku, kafe buku, dsbgnya). Nah, kalau kota Jakarta mau menyamai Singapura, kita harus memiliki 74 juta pengunjung di jaringan perpustakaan daerah Jakarta. atau kalau seluruh Indonesia 1,7 milyar pengunjung di jaringan perpustakaan nasional seluruh Indonesia.
Mari didik anak2 kita agar suka membaca. Jangan biarkan, justeru orang lain yang lebih paham betapa pentingnya budaya membaca. Indonesia ini mayoritas muslim, di mana perintah pertama agamanya adalah: bacalah.
*btw, kita juga punya loh bahan utk nyombong, suruh orang Singapura lihat data nge-tweet atau nge-update status. Mereka jangan2 akan terpelongo meneteskan air ludah, menyaksikan betapa dahsyatnya data Indonesia soal ini.
 

Segera tanamkan kebiasaan membaca ke anak2 kita, secepat mungkin. Biasakan mereka dengan buku2, batasi televisi, dan sejenisnya. Jangan biarkan anak2 meniru generasi kita, orang tuanya yang jarang membaca.
Beda antara sebuah bangsa yang mendidik anak2nya untuk suka membaca dengan tidak bisa sebesar: yang satu tumbuh maju mengirim astronot ke luar angkasa; yang satunya lagi, duduk di balai2 bambu di malam dingin, sambil ngopi, berbual cerita hanya menatap luar angkasa.

Omong kosong bila membaca itu butuh uang, apalagi mendaftar argumen: harga buku2 mahal.
Lihatlah sekitar kita:
-- menghabiskan ratusan ribu untuk pulsa setiap bulan no problem
-- sekali makan di kedai fast food puluhan ribu nggak masalah
-- beli gagdet jutaan, beli kosmetik, pakaian, dsbgnya tidak jadi perdebatan
-- dan lebih menakjubkan lagi, sehari merokok 1-2 bungkus, hingga 10rb/hari, lumrah saja di negeri ini.
Membaca hanya butuh niat. Tidak memiliki niat-nya, maka jangan salahkan hal lain. Salahkan diri sendiri.
Adalah kasus satu banding seribu, orang2 yang tidak membaca buku, lebih berpengetahuan dibanding orang2 yang banyak membaca buku.
Kontra argumen ini, kalau itu datang dari orang2 yang tidak membaca buku, maka wajar saja, itu tembok rapuh argumen kesekian dari mereka.

sumber : Darwis Tere Liye Facebook 


yes, we love reading!!


bagi saya, membaca selalu menyenangkan. buku benar-benar teman yang baik dan pintar. tahu banyak hal dan selalu setia.

 

Sabtu, 29 Desember 2012

pets

saya suka binatang. saya punya hewan peliharaan, hewan yang biasa di pelihara di rumah sii.

kucing, hamster, dan umang-umang. ada juga ikan, tapi ikannya di taruh di dalam bak mandi. hkhkhkhk.

yuk, saya kenalin satu-satu dengan mereka semua :)

pertama, jelas my cat!! saya suka sekali dengan hewan satu ini, sejak kecil. di keluarga kami, memelihara kucing sudah hampir menjadi sebuah 'kewajiban', ehm sebenarnya sih karena saya, makasain untuk selalu pelihara kucing. habisnya gimana, mereka lucu, ngegemesin, bulunya lembut, dan menyenangkan.

ga keitung berapa kucing yang sudah saya pelihara, belum anak-anaknya. dulu sih, masih dibolehin pelihara kucing betina, kalau sekarang ibu cuma mengizinkan melihara kucing jantan aja.

sekarang kucing saya cuma satu, tapi yang sering datang ke rumah minta makan sih banyak, kucing pasar. nih penampakan kucing saya, saya beri nama MOMOU.


hkhkhkhk, ini ngambilnya malem-malem, dan dia masih ngantuk. masih muda banget ini kucing, di rumah aja belum ada satu tahun. setelah kematian kucing lama saya, ga lama dia datang. begitulah, keluarga kami memang tidak pernah tidak memelihara kucing. ntah, selalu saja ada yang datang setelah kepergian kucing yang lama.


kedua, TUTU dan JIJI. di mana saya juga ga tau yang mana yang TUTU dan yang mana yang JIJI.



TUTU dan JIJI adalah hamster saya yang lucu, gambarnya kurang jelas yaa, karena mereka kan di kandangain. kalu ga dikandangin ntar pada kabur, trus keinjek. sepertinya mereka berdua berjenis jantan semua, soalnya ga hamil-hamil, sik -______-

saya mendapatkan mereka dari guru LInux saya, Pak Wisnu. ini jenis roborovski, pernah saya post juga di blog. mereka makan biji-bijian, minum air putih, dan mandi dengan pasir mandi. lincah dan berisik.

ketiga, ini yang baru, UMANG.




iya, ini umang-umang -_____________-

ntah deh ini harus masuk list hewan peliharaan atau engga. kemarin tiba-tiba aja ibu bilang, "itu umang-umangnya dikasih makan," gue "O___________O" *mikir sejak kapan punya umang-umang* tapi yaa sudah di rawat aja, semoga ga cepet berlalu, hkhkhk.

kalau ikannya, belum di poto. belum dikasih nama juga.

jadi, inilah hewan-hewan peliharan saya. mana hewan peliharaanmu? :p

nih, dapet salam dari dua ponakan saya ;)

kamilah yang seharusnya berterimakasih padamu

dulu, ketika saya masih memiliki amanah berat untuk membina saya selalu berpikir bahwa kami -para pembina- harus mengazamkan diri kuat-kuat untuk terus berusaha siap dengan kondisi apapun dalam membina. kini, masa-masa itu sudah berlalu. bukan karena tak ingin lagi, tapi bagaimanalah -saya tak mungkin menyalahkan waktu yang tak tercukupi, kan?-

kini, saya 'hanyalah' binaan, bersama beberapa teman. seminggu sekali kami datang ke rumah murrobi untuk mencari ilmu dan bersilaturrahim, sudah satu tahun lebih bersama beliau. kadang kami tidak datang dengan anggota lengkap, pernah hanya dua atau tiga. tapi, insyaAllah tetap berkah, aamiin.

setiap selesai, dan kami berpamitan pulang, umi selalu bilang "afwan yaa. terimakasih sudah datang"

umi, kamilah yang seharusnya berterimakasih kepadamu. sudah 'mengganggu' istirahatmu di hari ahad, sering datang terlambat, membuat rumahmu berantakan.

umi, kamilah yang seharusnya berterimakasih kepadamu. kadang membuat para buah hatimu menangis, tak bisa diam saat asyik ngobrol dengan yang lain, atau mutabaah yang terbengkalai.

sementara kau, dengan bijaksana selalu menerima kehadiran kami, menjamu dengan banyak hal, mengajarkan kami ilmu yang bermanfaat, mengasuh anak, menasehati dengan kasih sayang.

saat ini, kita semua menunggu lahirnya karunia Allah yang ke-4 untuk keluargamu. semoga Allah selalu melindungi dan mencintai, memberkahi serta menjaga keluarga kalian.

Kamis, 27 Desember 2012

serenity perfumed

siapa yang tidak suka jika hidungnya menangkap bau yang harum mewangi?

pasti menyenangkan bukan, ditemani semilir angin dan kita membaui udara yang segar dan eh, wangi.

saya suka parfum

jarang memakai satu perfum untuk jangka waktu yang sangat lama. pernah sih beberapa parfum jadi favorit untuk hampir setahunan mungkin. bukan bosan dengan wanginya, hanya saja ingin yang baru.

ternyata wangi parfum itu bisa menenangkan loh. yaa tentunya jangan pilih parfum yang wanginya menyengat kayak mayat, bukan nenangin malah bikin serem. hkhkhkhk.

saya pernah terbengong dan menoleh ke tempat duduk sebelah saya saat saya ada di dalam bus dan mencium aroma wangi yang sangat menyenangkan dari sebelah saya, dua kali pula. #tepokjidat sebab saya selalu begitu, jika indera penciuman saya membaui sesuatu yang harum mewangi pasti indera penglihatan akan mengikuti dan mencari dari mana wangi itu berasal.

kini, saya punya wangi parfum baru, tenang, ringan, menyenangkan. saya suka memakainya. wanginya benar membuat saya tak berhenti membauinya.

bahagia itu benar sederhana, kan? bahkan hanya satu semprotan parfum mampu mempengaruhi mood baik kita.



Rabu, 26 Desember 2012

headache

tadi saya minum obat, untuk menyembuhkan sakit kepala.

bukan, saya bukan mau pamer atau ng-iklan betapa manjurnya obat ini buat saya. bodrex. yaa, itulah obat yang selalu saja saya minum apapun kondisi sakit saya. demam, yaa bodrex. sakit kepala sebelah ataupun utuh, yaa bodrex. flu, yaa boderx. sampai sakit gigi, maag, sakit perut, yaa minumnya tetap bodrex.

sakit hati? yaa, taubat. hkhkhkhk.

tapi bukan bodrexnya yang akan kita perbacakan -karena bukan perbincangkan-

headache.

apasih headache/sakit kepala itu?

Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala: kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan.

Sakit kepala adalah masalah universal, dengan prevalensi hampir 99%, dan merupakan alasan paling umum untuk rujukan neurologis. Sakit kepala bis memiliki makna klinis sedikit akan tetapi juga mungkin menjadi pertanda adanya penyakit yang mengancam jiwa.(mayo)Rasa sakit pada kepala disebabkan oleh traksi/penarikan, perpindahan, peradangan, spasme dari pembuluh darah, atau distensi dari struktur di kepala atau leher yang sensitif terhadap rasa nyeri.

Salah satu jenis sakit kepala yang juga banyak dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migrain. Serangan sakit kepala migrain terasa lebih menyiksa dan terkadang datang tiba-tiba. Penderita migrain akan merasakan nyeri dan berdenyut seperti dipukuli dan ditarik-tarik dan biasanya disertai dengan gangguan saluran cerna seperti mual dan muntah. Penderitanya pun cenderung menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara dan bau-bauan. Hal itu tentu amat mengganggu dan bisa menghambat segala aktifitas si penderita.

Kata migrain berasal dari bahasa Yunani yaitu hemicrania (hemi = setengah, cranium = tengkorak kepala). Serangan sakit kepala migrain dapat terjadi beberapa kali setahun sampai beberapa kali seminggu, dengan lama serangan biasanya 1-2 jam. Migrain atau sakit kepala sebelah sebenarnya belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, diperkirakan jenis sakit kepala ini disebabkan karena adanya hiperaktifitas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi (luka radang). Ada juga Sakit kepala tipe ketegangan (tension type headache, atau TTH) cirinya adalah kedua sisi kepala seperti diremas dengan kencang, tapi tidak disertai gejala lain (tidak mual, muntah, sensitif cahaya, dan lain-lain).

Sakit kepala sebagian besar bersifat primer yaiatu tanpa ada penyakit yang mendasarinya seperti migrain, cluster, dan tension type headache. Meskipun demikian ada juga sakit kepala yang disebabkan oleh sebuah proses yang mendasari penyakit atau kondisi atau biasa disebut sakit kepala sekunder, dimana kondisi ini harus menjadi fokus awal dalam evaluasi diagnostik sakit kepala. Manifestasi dari penyakit sistemik yang mendasari dapat membantu dalam diagnosis etiologi sakit kepala dan harus selalu dicari. Karena jika sampai terlambat bisa berakibat fatal

lengkapnya, sila mampir ke sumber

beberapa hari belakangan ini sering merasakan rasa sakit di kepala. mulai berpikir, apakah karena di bulan ini saya sering sekali men-dzalimi diri sendiri dengan menerabas hujan -hampir- setiap hari saat pulang beraktifitas? atau kebiasaan membaca saya disembarang tempat? sambil tiduran, guling-guling, jalan, dll dsb?

heuheuheu. sepertinya harus sudah mulai mengatur jadwal agar kesehatan ini tidak menjadi sia-sia, sakit memang menggugurkan dosa, tapi hamba yang tubuhnya sehat sudah jelas lebih disukai-Nya.

senandung rindu

aku bernyanyi di dalam hati
senandung rindu kepadamu, pujaanku
bilakah nanti kau kan mengerti
maksud hatiku untuk saling memiliki

aku ingin rasa indah kan hadir untukku
meluluhkan mimpi-mimpi
tak berhenti jiwa ini menanti dirimu
berjanji setia padamu
dalam setiap detikku

Tuhan tolonglah, buka hatinya
agar ku dapat bahagia bersamanya
tak ku ingkari, dia tak sendiri
tapi ku tahu apa yang telah dia rasakan 

aku bernyanyi, di daalam hati
senandung rindu

**popular by : Tohpati ft Sutha


anjing setia menjaga mayat pasangannya hingga 6 jam


Kita pernah meneteskan air mata pada kisah Hachiko, anjing yang setia menanti kepulangan tuannya yang sudah meninggal. Beberapa hari yang lalu, kisah yang hampir sama terjadi di China. Seekor anjing jantan dengan setia mendampingi tubuh pasangannya yang mati setelah tertabrak mobil. Inilah bukti bahwa hewan juga memiliki bentuk kesetiaan, seperti manusia.

Kisah memilukan ini terjadi pada saat seekor anjing betina tertabrak mobil. Tubuh sang anjing tetap berada di tengah jalan raya, tidak ada orang yang mau berhenti untuk memindahkan mayat anjing malang tersebut. Tidak ada manusia yang peduli pada nasib anjing malang tersebut, pasangannya justru yang paling setia berada di sampingnya.


Berkali-kali anjing jantan tersebut seperti berusaha membangunkan pasangannya. Dia mendorong pelang moncongnya di tubuh sang betina yang sudah meninggal. Apa daya, pasangannya telah meninggal. Mayat anjing betina itu selama berjam-jam ada di tengah jalan. Sang anjing jantan tidak peduli dengan lalu lintas kendaraan yang ramai. Beberapa kali dia menghindar agar tidak tertabrak, tapi dia tidak pernah meninggalkan pasangannya.


Seorang tukang daging bernama Xiao Wu yang berjualan tidak jauh dari lokasi mengatakan pada Dailymail, "Anjing jantan itu terus berada di sampingnya sepanjang hari. Dia menjaga, menjilati dan mendorongnya, seperti berusaha membangunkan. Hal ini sangat menyentuh," ujarnya. Setelah kecelakaan, Xiao Wu melihat sendiri anjing jantan itu langsung berjalan menghampiri sang betina, berusaha memeluknya dengan kaki depan.


Sayangnya, usaha apapun yang dilakukan sang anjing jantan sia-sia. Anjing betina itu telah mati. Walaupun anjing jantan terus menjaganya selama 6 jam, tubuh pasangannya tetap kaku dan tidak bergerak. Sampai akhirnya tubuh sang anjing betina berada di pinggir jalan, sang anjing jantan tetap setia menemaninya.

sumber : vemaledotcom

baca artikel ini bikin kesel, kenapa? kok orang-orang China sana ga kasihan sik ngebiarin anjing yang ditabrak itu tergeletak di tengah jalan? jadi inget kasus anak bayi yang di tabrak dulu, bener-bener ga punya perasaan apa yak. ;;____;;

lupakan tentang mereka yang pada manussiapun tak perduli itu, terlebih lagi pada hewan malang yang menjadi korban tabrak lari.

sungguh, anjing jantan ini benar-benar mengajarkan apa arti kesetiaan. dan tak habis pikir jelas pada manusia yang tak bisa setia pada pasangannya -hanya untuk yang sudah menikah, yang masih pacara-pacaran mending tobat-

bang tere benar, kebahagiaan adalah kesetiaan.

cinta adalah bukti bukan sekedar kata. anjing ini mengajarkannya, mengajarkan arti cinta pada pasangan kita, mengajarkan arti harapan yang selalu ada, bahkan di penghujung pertemuan dengan sang betina ia masih mengharaap sebuah keajaiban ia akan hidup kembali.

semoga Tuhan, kelak mempersatukan kita dengan kesetiaan yang lebih dari ini.

aamiin.

Selasa, 25 Desember 2012

psychological tears


saya pernah membaca salah satu quote, yang katanya siiii berdasarkan fakta psikologi 

nah, itu tuh quotenya,

di situ dijelasin bahwa, kalau air mata pertama yang jatuh saat menangis adalah dari mata sebelah kanan, maka itu adalah air mata kebahagiaan, tapi kalau air mata pertama yang jatuh berasal dari mata sebelah kiri itu artinya kesedihan.

benar, ga?

saya pernah bertanya kepada teman saya, dan apa jawabnya?

"mana mikirin itu air mata jatoh dari mata sebelah mana duluan. keburu mewek"

hkhkhkhkhkhkhk.

iya juga, sik.

oke, sekarang kita bahas tentang air mata.

Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi ( lacrimation atau lachrymation; (dari bahasa Latin lacrima, artinya "air mata") untuk membersihkan dan melumasi mata. Kata lakrimasi juga dapat digunakan merujuk pada menangis. Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kembanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata

ada tiga jenis air mata ;
  • Air mata basal (basal tears) ; Pada mata mamalia yang sehat, kornea selalu dibasahi dan diberi makanan oleh basal tears, yang melumasi dan membantu membersihkannya dari debu. Air mata mengandung air, mucin, lemak, lysozyme, lactoferrin, lipocalin, lacritin, immunoglobulin, glukosa, urea, natrium, dan kalium. Beberapa zat dalam cairan mata (lacrimal fluid) (seperti lysozyme) melawan infeksi bakteri sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh (immune system). Lysozyme bekerja dengan melarutkan lapisan pembungkus luar bakteri tertentu, disebut peptidoglycan. Air mata merupakan cairan tubuh biasa dengan kandungan garam yang mirip dengan plasma darah. Biasanya, dalam waktu 24 jam, disekresi 0,75 sampai 1,1 gram (0,03–0,04 ons avoirdupois) air mata; laju ini menurun dengan pertambahan usia.
  • Air mata refleks (reflex tears) ; Jenis kedua ini dihasilkan dari iritasi mata oleh bahan asing, atau dari kehadiran zat yang mengiritasi misalnya uap bawang, gas air mata, atau spray merica di sekitar mata, termasuk kornea, konjunctiva, atau mukosa hidung (nasal mucosa). Juga muncul dengan cahaya terang atau rasa pedas di lidah dan mulut. Dihubungkan dengan muntah, batuk, dan menguap. Air mata refleks ini berusaha membilas zat pengiritasi yang berkontak dengan mata.
  • Air mata emosi tangisan (crying, weeping atau psychic tears) ; Jenis ketiga yang disebut air mata tangisan merupakan peningkatan lakrimasi karena tekanan emosi yang kuat, kemarahan, penderitaan, kedukaan atau kesakitan tubuh. Biasanya tidak muncul saat otak memberi respons "lawan-atau-lari" (fight-or-flight response) karena sistem syarat simpatetik menghalangi lakrimasi. Keluarnya tidak hanya pada saat emosi negatif, karena banyak orang menangis saat sangat gembira. Pada manusia, "air mata emosi" (emotional tears) dapat diiringi wajah yang memerah dan senggukan (seperti batuk), pernafasan tersengal, kadang melibatkan kekejangan di bagian atas tubuh. Air mata yang keluar karena emosi mempunyai susunan kimia yang berbeda dengan air mata untuk melumasi. Air mata emosi mengandung lebih banyak hormon berbasis protein, yaitu prolactin, hormon adrenokortikotropik, dan leucine enkephalin (penahan sakit alamiah) daripada air mata basal dan refleks. Sistem limbik (limbic system) dilibatkan dalam produksi dorongan emosi dasar, seperti marah, takut, dan sebagainya. Secara spesifik, hipotalamus dari sistem limbik, juga berperanan mengatur sistem otonomik. Cabang parasimpatetik dari sistem syaraf otonom mengatur kelenjar air mata lewat neurotransmiter asetilkolin melalui baik reseptor nikotinik dan muskarinik. Saat reseptor ini diaktifkan, kelenjar air mata dirangsang untuk mengeluarkan air mata.

sumber : wikipedia 

kenapa tiba-tiba bahas air mata? karena tadi pas nonton Habibie & Ainun saya nangis mulu sik ;;____;;

dan air mata saya banyak jatuhnya dari mata kanan, trus keinget deh sama quote di awal tadi,  dan so far so same ternyata, sedih siih filmnya tapi romantisme cinta Habibie & Ainun membuat saya merasa bahagia mengeluarkan banyak air mata.

jadi, benarkah atau hmmm benarkan filosofi jatuhnya air mata itu?

:')

mengucapkan selamat atas perayaan agama lain

Saya akan sampaikan maksud dan tujuan ini dengan cerita saja. Seolah fiksi, tapi bentuk kongkretnya bahkan lebih cemerlang dibanding ini. Amat2 cemerlang malah, ketika akhlak yang sungguh baik, terpancar begitu indah dari seorang muslim, tanpa harus merusak akidah-nya. Karena sejatinya, saat seorang muslim memiliki akhlak tersebut, dia pasti akan membuat nyaman siapapun di sekitarnya.

Kita sebut saja Bambang. Orangnya biasa saja. Rajin shalat ke masjid, bergaul dengan tetangga, suka membantu, dan amat menyantuni fakir miskin serta anak yatim. Dia dikenal oleh banyak orang, satu kampung hafal dengan Pak Bambang ini. Terlebih kampung itu dihuni oleh warga heterogen. Beragam agama, banyak suku bangsa, kebiasaan, tumplek jadi satu.

Saat tetangga sebelah rumahnya, Pak Sihombing, asli Batak, hendak pergi ke gereja di suatu hari Minggu, mobil tetangganya ini malah mogok, tidak bisa dibawa, Pak Bambang dengan senang hati meminjamkan mobilnya, "Silahkan dipakai." Tersenyum tulus. Toh, seharian minggu itu keluarga Pak Bambang hanya kumpul di rumah. Saat tetangga lain rumahnya kena musibah, kebakaran, Pak Bambang tidak perlu dua kali berpikir memberikan bantuan, membuka pintunya untuk menampung, padahak jelas-jelas tetangganya ini Hindu. Pak Bambang menyantuni anak-anak yatim piatu, tidak perlu bertanya ini agamanya apa. Bahkan saat sebuah kampung yg dekat dgn kampung mereka kena musibah, banjir bandang, meskipun sekampung itu Kristen, ada gereja yang rusak, Pak Bambang tidak perlu berpikir dua kali untuk membantu mengirimkan sembako, dsbgnya.

Tapi seumur-umur, tetangganya tahu persis Pak Bambang tidak akan pernah mengucapkan 'selamat natal', 'selamat waisak', dan selamat lainnya kepada tetangganya yang berbeda agama. Tidak akan. Lah, tega sekali pak Bambang ini? Apakah dia ekstrem kanan hingga tidak mau hanya sekadar bilang kalimat itu? Maka tanyakanlah pada tetangganya yang berbeda agama. Tidak terbersit sekalipun mereka menganggap Pak Bambang ini ekstrem. Yang ada, jelas sekali Pak Bambang ini tetangga yang baik, nyaman, dan selalu menghormati mereka.

Kita tanyakan ke Pak Bambang kenapa dia tidak pernah bilang 'selamat natal'? Maka jawabannya sederhana: 'ada batas yang tidak bisa dilanggar dari akidah'. Jawaban simpel yang menjelaskan banyak hal. Itu benar, membantu tetangganya, meminjami mobil, tidak ada sangkut pautnya dengan akidah, keyakinan. Membantu tetangga menumpang, menyantuni anak2 yatim piatu berbeda agama, tidak ada sangkut pautnya dengan akidah, keyakinan. Termasuk membantu satu kampung yang seluruhnya Kristen, mengirimkan makanan karena mereka terkena musibah, itu bukan urusan akidah, melainkan SUNGGUH cerminan ahklak prima dari seorang muslim, dan diajarkan langsung oleh Nabi kita, tidak pandang bulu. Tapi mengucapkan kalimat 'selamat natal', menghadiri acara misa, natalan, dsbgnya, itu jelas ada hubungannya dengan akidah, keyakinan.

Tapi itu kan hanya sepotong kalimat saja? Dari sisi mana itu akan merusak akidah? Kenapa Pak Bambang serius sekali. Maka, duhai orang2 yang masih saja meributkan masalah ini, kalau itu hanya sepotong kalimat saja, kenapa pula kalian ribut? Itu hak mutlak dari Pak Bambang untuk bilang atau tidak, dan kalaupun dia tidak bilang, bukan berarti dia jahat, bukan berarti dia berbahaya, punya paham ekstrem. Lihatlah dengan mata kepala, toleransi yang dimiliki oleh Pak Bambang melebihi hanya sekadar kata2. Karena boleh jadi, orang2 yg ribut dengan kalimat ini, ya hanya ribut pada level kalimat saja. Pernah meminjamkan mobil ke tetangganya? Pernah memberikan rumah sbg tempat menumpang sementara bagi tetangga Hindu? Pernah tidak? Pak Bambang simply meyakini, dia takut kalau dia mengucapkan kalimat tersebut ke tetangganya, maka terbersit di hatinya sesuatu yang bisa merusak akidahnya. Tapi bukankah Pak Bambang bisa memastikan tidak bermaksud demikian? Tidak bermaksud ikut meyakini perayaan hari besar agama lain tsb? Itu benar, tapi demi kehati2an, dia memilih untuk tidak melakukannya. Dan semua orang seharusnya menghormati pilihannya, bukan justeru berpasangka yang tidak-tidak.

Diskusi ini selalu berulang2 setiap tahun. Dan entah hingga kapan akan dipahami banyak orang. Saya pribadi, tidak akan bilang kalimat selamat natal, selamat hari raya agama ke teman2 pemeluk agama lain--karena eh karena, duh, sy saja yang muslim nggak pernah bilang selamat hari ulang tahun Nabi Muhammad, selamat tahun baru hijriyah, selamat isra' mi'raj, atau selamat2 lainnya ke banyak orang, sesama muslim. Saya tidak akan mengada-ada hal baru, dan tidak akan mengikut-ikut trend yg ada. Yang ada dan jelas ada saja saya keteteran menjalankannya. Tetapi  secara pribadi, saya akan meneladani Pak Bambang. Toleransi, menghormati agama lain 'beyond' kata2, kalimat, dan itu lebih kongkret memunculkan rasa nyaman bagi siapapun.

Karena saya yakin, mengeluarkan akhlak prima sebagai seorang muslim, otomatis mengeluarkan toleransi terbaik yang pernah ada di muka bumi ini.

*Saya minta maaf kalau ada yang tidak berkenan dengan pemahaman ini. Dan boleh jadi pendapat saya keliru. Saya sudah berusaha menuliskannya hati2. Nah, jika kalian membutuhkan pondasi yg lebih kokoh, silahkan merujuk pada penjelasan Buya Hamka soal ini, di search, di googling. Beliau adalah ahli tafsir, dan dalam banyak kesempatan, sy mendengarkan penjelasannya.

cc : Darwis Tere Liye Facebook

Senin, 24 Desember 2012

homesick


Homesick is a part of me that will never go away. I still feel homesick at times - Steven Gerrard
dan saya, sama seperti dia -abang, yes, i call him abang, oh poor me, hkhkhkhk- i'm homesick always.


apa itu homesick?

Homesick atau perasaan kangen atau rindu, menurut Cambridge advanced learner's dictionary adalah suatu keadaan dimana kita merasa tidak nyaman karena berada jauh dari rumah dalam jangka waktu yang lama. Definisi lainnya adalah perasaan tidak nyaman atau lemah yang disebabkan oleh terpisahnya seseorang dari sesuatu object, dalam hal ini rumah, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Ternyata banyak faktor yang mempengaruhi apakah seseorang itu akan mudah terjangkiti homesickness atau tidak. Faktor-faktor tersebut antara lain usia, jenis kelamin (gender), budaya, dan ketegaran atau rigidity seseorang.  
 
1. Faktor Usia
Katanya, anak-anak akan lebih mudah terjangkiti penyakit homesick dibandingkan orang dewasa. Sepertinya ini ada benarnya, karena anak-anak biasanya lebih besar ketergantungannya terhadap suatu object, dalam hal ini rumah atau orang tua (ayah dan ibu) sehingga akan lebih mudah terjangkiti homesickness.

2. Faktor Gender
Dari sebuah penelitian tentang homesick yang saya baca, untuk wilayah UK, wanita merasa lebih mudah merasa homesick dibandingkan pria. Penelitian ini membandingkan homesickness dari segi gender di UK dan di Netherlands dikalangan para pelajar. Di Netherlands, tidak ada pengaruh perbedaan gender ini terhadap perasaan homesickness. Konon katanya, dari jurnal yang saya baca ini, di Netherlands jarak antar kota relatif dekat, dan tersedia fasilitas transport gratis untuk pelajar, sehingga mereka biasanya akan pulang ke rumah tiap weekend.

3. Faktor Budaya
Faktor budaya ternyata juga mempengaruhi perasaan homesickness ini. Seorang pelajar Indonesia yang baru pertama kali sekolah di Inggris, tentu akan merasa lebih homesickness dibandingkan dengan pelajar Indonesia yang sudah lama sekolah di Inggris. Perasaan ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain kesulitan dalam menghadapi hal baru, merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang baru dan belum bisa memanfaatkan situasi yang dihadapinya saat ini. 

4. Faktor Rigidity atau Ketegaran
Seberapa kuat ikatan seseorang terhadap suatu object, maka akan mempengaruhi tingkat homesickness-nya. Seseorang yang tidak pernah hidup terpisah dari orangtuanya, mungkin akan merasakan homesickness yang lebih parah dibandingkan dengan seseorang yang sudah terbiasa hidup terpisah dari orangtuanya.
  
sumber


dan yah, seperti itulah saya jika jauh dari tempat yang disepakati oleh seluruh dunia bernama, rumah.

seperti tak ingin pergi, sungguh jika bukan sebab harus bekerja sejak pagi hingga petang, saya tak rela rasanya keluar rumah lebih dari 8 jam, menyesakkan.

mungkin bagi beberapa orang homesick untuk manusia yang bisa dibilang sudah mencapai usia dewasa adalah hal yang sangat lucu, manja, dan tak bisa bertahan dalam keadaan tidak menyenangkan. mungkin benar, kasih sayang 'berlebihan' lah yang membuat saya tak bisa jauh dari rumah. bagaimana tidak, pernah saya pergi satu minggu untuk mengikuti kegiatan dari kampus, dan tidak satu haripun keluarga saya absen menelpon, bertanya sedang apa, sudah makan belum, makannya pakai apa, dll dsb. dan kau tau, itu semua membahagiakan.

dan tahukah kau? rindu dengan rumah bukanlah hal bodoh, sebab tidak semua orang mampu merasakannya. ada yang merasa lebih baik saat tak pulang, ada yang merasa di luar adalah kehidupannya yang sesungguhnya.

jujur saja, saya suka petualangan. suka dengan kegiatan berjalan-jalan, ke tempat baru, tapi saya tak bisa, jika senja sudah mulai menyapa dan kaki tak melangkah menuju rumah.

memang apa enaknya bermalam di rumah orang lain?

apa senangnya pergi jauh dari tempat yang selalu kau lihat setiap pagi?

rumah, kau hanya akan selalu pulang kesana, kan, apapaun yang terjadi?

semenyenangkan apapun kehidupan di luar, rumah akan selalu menjadi tujuanmu.


sebab aku sudah terbiasa,
dengan aroma pagi yang menembus jendela kamar
membiaskan cahaya mentari yang kadang tertutup mendung
dan menyapa embun yang tetap saja memantulkan wajahmu dalam tetesnya

maka aku masih di sini
di rumah yang pernah kau singgahi
meski sementara dan tak ada rasa
namun aku tak mau membuatmu tak menemukanku
jika kelak Tuhan berkenan menyatukan

dan semoga kelak, kau, yang Tuhan takdirkan akan menemaniku, akan kembali selalu ke rumah. rumah yang kelak berisi kau, aku, dan cinta antara kita, tempat di mana semua mimpi bermula, dan berakhir.

Minggu, 23 Desember 2012

reading-writing syndrom

aku tak suka imajinasi.

sayang, menulis adalah anak-anak imajinasi.

dan akhirnya,

terjebak sempurna dalam semua ini.

membaca dan menulis itu satu paket, yang dijual terpisah.

kau selalu bisa membaca tanpa ingin menulis.

tapi kau tak akan pernah bisa menulis tanpa membaca.


saya pernah mengalami hal lucu ketika menulis tentang banyak hal. jujur saja, saya ini over romantic, romantisnya kelewatan, berlebihan, dll dsb.

kalian tahu, terkadang para penulis itu bahkan sedang tidak menceritakan dirinya.

seorang teman malah pernah "menitipkan" saya kepada teman yang lain, karena ia khawatir dengan status-status facebook saya, hkhkhkhk. padahal yaa, temen yang dititipin itu tau banget gimana saya, tau banget gimana sebenarnya saya. tenang, saya masih baik-baik saja, insyaAllah.

seharusnya setiap orang tau, untuk para pencinta kata seperti kami, semua hal bisa menjadi inspirasi. tak harus apa yang kami alami sendiri, bisa jadi itu pengalaman orang lain, atau bahkan sekedar mendengarkan lagu-lagu sendu nan romantis disaat turun hujan.

sama, seperti itu juga saya.

tidak semua yang saya tulis yang melulu tentang cinta itu adalah diri saya, adalah orang yang saya cinta, bahkan terkadang hanya terlintas begitu saja dalam pikiran.

imajinasi. dulu, saya benci sekali.

kini, tanpa imajinasi. maka seharusnya saya ucapkan selamat tinggal pada lebih dari 300 postingan blog ini, hkhkhkhkhk.

membaca dan menulis.

seperti separuh nyawa saja rasanya.

buku-buku itu, kertas-kertas itu.

semua imajinasi itu.

seperti tak ingin lepas saja.

dan seperti tak ingin melepasnya.

luangku memang sedikit kini, namun kata-kata selalu bisa menjadi teman akrab disaat kau terluka atau bahagia.

sungguh, terimakasih banyak, Tuhan.

terimakasih sudah memberikan kesempatan untuk melakukannya. :)


Rabu, 19 Desember 2012

cinta abadi wakil pemimpin negeri

Siapa Hasri Ainun Besari ??, saat ini beliau lebih di kenal sebagai Ainun Habibi. Karena, beliau adalah istri dari mantan presiden kita B.J Habibie. Pertemuan awal mereka sudah terjadi sejak kecil karena rumah tempat tinggal mereka semasa kecil bertetanggaan. Bahkan , mereka berada dalam 1 sekolah yaitu  SMAK Dago, Kota Bandung. Dan sejak di SMAK tersebut lah mulai terbesitlah rasa cinta di dalam diri Habibie dan dikarenakan pada saat itu Ainun senang berenang sehingga membuat kulitnya hitam, Habibi pun memberikan julukan kepada Ainun “Si item gula jawa”.

Betemu lagi dengan “si item gula jawa”

Ketika lulus dari SMA mereka berpisah sangat lama. Habibie melanjutkan kuliah di ITB, namun tidak sempat selesai. Karena, beliau di kirim oleh orang tua-nya ke Jerman untuk memulai kuliahnya. Terhitung sejak 1960, Habibie tidak pulang ke indonesia selama 7 tahun. Hal ini membuat ia kangen terhadap tempat kelahirannya. Terlebih ia sangat ingin mengunjungi makam ayahnya dan terkabulkan ketika ia kembali ke berkesempatan kembali ke Indonesia. Ketika kembali ke Bandung, Habibi bertemu dengan Ainun yang saat itu juga sedang cuti dari pekerjaannya di RSCM jakarta. Lalu disana lah cinta lama bersemi kembali. Dahulu Habibie menjuluki Ainun “si item gula jawa”, pada saat itu sudah berubah menjadi “gula pasir”

Pertemuan mereka pun berlanjut ke Jakarta. Di Jakarta Habibie tinggal bersama kakaknya yang tertua. Karena sama-sama tinggal di jakarta, cinta mereka pun makin lama makin bersemi. Mereka pun berjanji untuk saling bertemu dan merindukan satu dengan yang lainnya. Lalu pada puncaknya tanggal 12 Mei 1962, Habibie secara langsung mempersunting Ainun dan akhirnya menikahlah mereka dan memiliki 2 anak dan 6 cucu.  Namun demikian dalam penganugerahan gelar Doktor kehormatan kepadanya oleh Universitas Indonesia, Habibie mengatakan kalau ia punya cucu ribuan jumlahnya: “Saya mau garis bawahi. Di usia saya yang 74 tahun ini, anak biologis saya cuma dua. Cucu biologis saya hanya enam. Tetapi anak cucu intelektual saya ribuan jumlahnya.” Tentu saja yang dimaksudkan Habibie adalah mahasiswanya yang tersebar di berbagai belahan dunia.


Setelah menikahi Ainun, Habibie memboyong Ainun ke Jerman dan menyelesaikan pendidikan doktoralnya. Disanalah Ilham Akbar dan Thareq Kemal di lahirkan. Dalam mendidik anaknya, Ainun adalah seorang sosok ibu yang sangat bertanggung jawab. Ia membebaskan anak-anak nya untuk berani bertanya tentang segala hal yang tidak di ketahuinya. Dalam memberikan uang jajan Ainun juga memberikan uang jajan yang pas untuk seminggu, sehingga anak-anaknya dapat membeli apapun yang menreka sukai dan mengelolah keuangan mereka sendiri. Selain itu, Habibie dan Ainun juga mengajarkan anak-anaknya untuk bebas mengeluarkan pendapatnya dengan mengajak diskusi di dalam rumahnya. Dan benar saja, dengan cara mendidik seperti itu membuat kedua anaknya menjadi luar biasa. Ilham akbar menyeleasikan pendidiknya di munchen dalam ilmu euronautika dan meraih gelar PdD dengan predikat summa cumlaude melebihi ayahnya. Sementara Thareq Kemal menyelesaikan diploma Inggeneur di Braunsweig, Jerman.

Ainun memang mendampingi Habibie dalam segala hal. Saat mula-mula Habibie menjadi tekhnokrat, ia menjadi sosok yang mengatur Habibie di belakang layar. Misalnya, ia yang selalu mengingatkan Habibie dalam masalah waktu kerja. Ketika jam telah menunjukkan pukul 22.00, Ainun menelpon Habibie dan mengingatkannya agar menjaga kesehatan. Habibie terkadang meminta stafnya menjawab kalau ia sudah di lift hendak pulang. Padahal ia terus duduk di belakang meja kerjanya. Ainun juga menjadi pengingat waktu saat Habibie memberikan kuliah atau ceramah. Kita tahu kalau Habibie yang memberi kuliah ia sering lupa waktu. Memeng secara isi materi tidak ada masalah, sebab semua orang akan senang. Namun hal ini dapat mengganggu jadwal acara yang lain yang mengikutinya. Nah, Ainun dengan cara tertentu akan memberikan isyarat kalau habibie sudah harus berhenti. Setelah melihat Isyarat Ainun, Habibie mengatakan: “Saya akhiri ceramah ini, saya sudah diperingatkan oleh Ainun.” Sungguh, sebuah penghargaan yang jujur dan menyentuh hati.

Perginya “si gula pasir”

 

Sejak Tahun 1998, (Ibu Ainun) perempuan kesayangan Pak Habibie ini mulai mengalami penurunan kesehatan. Uniknya, keduanya diakui Pak Habibie memiliki hubungan telepati yang kuat. Sebagai contoh, ketika kondisi Bu Ainun semakin memburuk, Pak Habibie yang berencana berangkat hari minggu ke Jerman bersama Bu Ainun, tiba – tiba saja memutuskan mempercepat keberangkatannya pada hari Jumat. Rencana masuk ke rumah sakit di Jerman pun dipercepat. Bu Ainun sempat menolak tapi toh akhirnya tetap saja menurut. Ternyata, perhitungan Pak Habibie sangat tepat. Malam hari setelah masuk rumah sakit, kondisi Bu Ainun tiba – tiba saja kritis dan harus segera dioperasi. Bila saja terlambat sekian menit, ada kemungkinan beliau tak akan tertolong. Selain itu, ketika Maret 2010 Bu Ainun mengalami penurunan kesehatan yang cukup memprihatinkan Pak Habibie. Pak Habibie pun mengantar Bu Ainun ke RS Abdi Waluyo dan RS MMC, hasilnya Bu Ainun bebas kanker. Meski kedua rumah sakit memiliki hasil pemeriksaan yang sama, Pak Habibie masih merasa cemas. Pak Habibie mengajak Bu Ainun kembali ke RS Abdi Waluyo keseokan harinya dan meminta tim dokter melakukan pemeriksaan MRI terhadap Bu Ainun. Dan benar saja, hasil pemeriksaan kemudian menemukan kanker ovarium stadium 3-4. Pak Habibie langsung menelpon sekretaris pribadinya, kepala perwakilan maskapai penerbangan Lufthnasa, menelpon Duta Besar Jerman di Indonesia untuk menerbitkan visa bagi 4 pendamping yang akan ikut ke Jerman, dan menelpon Rumah Sakit di Jerman untuk menyiapkan ambulance di bandara ketika mereka tiba di Munchen.

Bu Ainun merasa apa yang dilakukan Pak Habibie berlebihan, dan meminta Pak Habibie membatalkan ambulance tersebut. Pak Habibie tetap pada keyakinannya. Penerbangan selama 13 jam di atas pesawat tak begitu berjalan lancar. Selama 10 jam penerbangan, Bu Ainun sesak nafas, dan 2 tabung oksigen yang ada di pesawat tak begitu membantu. Pesawat pun dipercepat, dan tiba 30 menit lebih awal di bandara. Tim medis dan ambulance dengan segera memberi pertolongan oksigen pada Bu Ainun dan memberikan pertolongan yang terbaik di ambulance.

Setibanya di rumah sakit, Pak Habibie mendaftarkan Bu Ainun dan juga dirinya agar bisa mendapat bed di sebelah Bu Ainun. Selama Bu Ainun di operasi, tiba – tiba saja Pak Habibie menghentikan obrolannya dengan J.E.Habibie dan beberapa rekan. Saat itu pkl.13.00 waktu Jerman, Beliau meminta ijin untuk mendoakan Bu Ainun. Operasi baru selesai pkl.18.30 dan sang dokter mengatakan pada saat pkl.13.00 keadaan Bu Ainun sempat sangat kritis, namun tim dokter berhasil mengatasinya. Pak Habibie bahkan bisa merasakan keadaan Bu Ainun yang kritis meski tak berada di kamar operasi.


Ketika Kakak sulung Bu Ainun bertanya pada Pak Habibie bagaimana bila Bu Ainun meninggal, Pak Habibie tanpa terasa menitikkan air mata, begitu pula ketika tim dokter mengatakan harapan Bu Ainun sangat tipis. Pak Habibie setia mendampingi Bu Ainun berobat dari satu negara ke negara lain di Eropa, menemani Bu Ainun berlayar menggunakan kapal Queen Victoria selama beberapa pekan demi kesembuhan Bu Ainun. Paru – Paru Bu Ainun memerlukan udara laut, dan alergi pada makanan dan udara negara tropis, karena itu keduanya tak bisa tinggal dalam waktu lama di Indonesia. Setiap akan ke Indonesia, Pak Habibie selalu memeriksakan keadaan Bu Ainun pada dokter di Jerman, dan bertanya berapa lama Bu Ainun boleh berada di Indonesia. 

Ketika dokter meminta persetujuan Pak Habibie untuk melakukan operasi pada Bu Ainun yang ke 13 kali dalam 4 minggu, Pak Habibie menolak setelah tim dokter tidak mampu memberi garansi bahwa keadaan Bu Ainun akan lebih baik setelah di operasi. Pak Habibie tidak ingin menambah beban sakit Bu Ainun. Tim dokter pun mendukung keputusan Pak Habibie.

Pak Habibie sempat membisikkan 2 kalimat syahdat di telinga bu Ainun sebelum akhirnya Bu Ainun meninggalkan dunia ini selama – lamanya, kemudian membasuh tubuh Bu Ainun dengan air zam – zam. Baik Pak Habibie maupun Bu Ainun merupakan sosok yang sangat religi, setiap persolan diselesaikan dengan memohon pertolongan Tuhan, setiap ide dikaji dari Al-Quran. Pak Habibie selama 2 bulan di Rumah Sakit tak pernah keluar kamar, dan hanya menemani Bu Ainun sepanjang waktu.

 sumber 

siapapun di negeri ini pasti mengetahui kisah cinta mantan wakil presiden B.J. Habibie dan ibu Ainun.

di hari menginggalnya ibu Ainun, seolah menjadi hari paling kelabu bagi pengagum kesetiaan.

seluruh stasiun televisi menanyangkan bagaiamana kesedian itu menyelimuti sang suami, pak Habibie.

dan hari-hari dipenuhi kisah cinta paling romantis di Indonesia, kisah tentang ke-manunggal-an perasaan seorang suami kepada istrinya. menemani dalam suka dan duka, mencintai sepenuh jiwa.

lalu, sang suami membuatkan  beberapa puisi untuk mendiang sang istri.

semoga tak salah :')

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu.

Karena, aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya, dan kematian adalah sesuatu yang pasti, dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.

Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat, adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang, sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku menjadi nelangsa setengah mati, hatiku seperti tak di tempatnya, dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.

Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang. Pada airmata yang jatuh kali ini, aku selipkan salam perpisahan panjang, pada kesetiaan yang telah kau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada. Aku bukan hendak megeluh, tapi rasanya terlalu sebentar kau disini.

Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang, tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang menjadikan aku kekasih yang baik. Mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.

Selamat jalan, Kau dari-Nya, dan kembali pada-Nya, kau dulu tiada untukku, dan sekarang kembali tiada.

Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku,

Selamat jalan, calon bidadari surgaku ….

Tepat jam sepuluh pagi lima puluh tahun yang lalu 
Dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim saya melangkah 
Bertemu yang dilahirkan untuk saya dan saya untuk Ainun
Alunan budaya Jawa bernafaskan Islam, menjadikan kita suami isteri 
Melalui pasang surut kehidupan, penuh dengan kenangan manis 
Membangun Keluarga Sejahtera, Damai dan Tenteram, Keluarga Sakinah

Tepat jam sepuluh pagi limapuluh tahun kemudian di Taman Makam Pahlawan 
Setelah membacakan Tahlil bersama mereka yang menyayangimu 
Saya panjatkan Do'a untukmu, selalu dalam lindunganNYA dan bimbinganNYA 
Bersyukur pada Allah SWT yang telah melindungi dan mengilhami kita
Mengatasi tantangan badai kehidupan berlayar ke akhirat dalam dimensi apa saja 
Sekarang sudah 50 tahun berlalu, selalu menyatu dan tetap menyatu sampai akhirat

2408 jam yang lalu Ainun diiringi doa telah pindah dengan tenang dan damai dari "Dimensi Alam Dunia" ke "Dimensi Alam Barzah".

Hanya jika kututup kedua mataku, wajah, mata dan senyuman yang selalu memukau dan kurindukan kulihat.

Dengan menutup kedua mataku, dapat kuraba, kupegang tanpa menyentuh Ainun bahkan mendapat senyuman yang selalu kurindukan!

Jikalau mataku kubuka lagi, semuanya serentak hilang lenyap dan meninggalkan kekosongan jiwa, kecewa, sedih, dan perih!

Dengan menutup kedua mataku, kurayu dengan kata dan nada yang kami miliki dan kenal, tetapi tetap membisu, sunyi sepi!

Dimana Ainun? Bagaimana keadaan Ainun? Bagaimana mendapat kepastian mengenai Ainun yang selalu kurindukan sepanjang masa!

haduh haduh, ini kenapa jadi sedih banget begini :'(

ini postingan adalah faktor nonton teaser Habibi & Ainun, yang akan diputar besok 20-12-2012 di bioskop.

dan tebak, soundtracknya astaga romantis banget.

 yang nyiptain Melly Goeslaw, yang nyanyi Bunga Citra Lestari, dan siapa pemeran B.J. Habibienya? Reza Rahardian! super great pastinya :D

sila tengok sini teasernya :



then, lirik lagu soundtracknya, Melly jago banget dah. judulnya Cinta Sejati

makala hati menggeliat mengusik renungan
mengulang kenangan saat cinta menemui cinta
suara sang malam dan siang seakan berlagu
dapat aku dengar rindumu memanggil namaku

saat aku tak lagi di sisimu
ku tunggu kau di keabadian

aku tak pernah pergi, selalu ada di hatimu
kau tak pernah jauh, selalu ada di dalam hatiku
sukmaku berteriak menegaskan ku cinta padamu
terimakasih pada Maha Cinta menyatukan kita

saat aku tak lagi di sisimu
ku tunggu kau di keabadian

cinta kita melukiskan sejarah
menggelarkan cerita penuh suka cita
sehingga siapapun insan Tuhan
pasti tahu, cinta kita sejati

lembah yang berwarna
membentuk melekuk memeluk kita
dua jiwa yang melebur jadi satu
dalam kesucian cinta


ke-manunggal-an perasaan merekalah yang saya kagumi.

tanpa bicarapun sudah saling mengerti.

janji setia meski tak terucap, namun hati mereka satu.

dan kalimat pak Habibie yang paling melekat kuat dalam ingatan adalah,

"Ainun tercipta untuk saya, dan saya tercipta untuk Ainun. saya sangat mencintai Ainun, tapi Tuhan lebih mencintainya, maka saya akan mengikhlaskan kepergiannya"

Selasa, 18 Desember 2012

pisang ; buah lezat yang penuh manfaat

Buah pisang merupakan buah yang sering kita jumpai. Hampir di seluruh wilayah Indonesia, buah ini dengan mudah dapat ditemukan. Buah pisang adalah buah yang enak dikonsumsi baik tanpa olahan ataupun setelah melalui proses olahan, seperti sale dan keripik pisang. Tahukah anda bahwa selain memiliki rasa yang enak juga menyimpan manfaat yang sangat beragam.

Ketika makan buah pisang, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan apa manfaat buah yang mereka makan. Apalagi dalam kehidupan sehari-hari memang buah ini sering dihidangkan sebagai buah pencuci mulut ketika selesai makan besar. Tak heran jika mereka pun tak peduli apa manfaat yang diperoleh dari makanan yang merka konsumsi.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membagikan info mengenai manfaat pisang yang mungkin belum anda ketahui. 


1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Manfaat buah pisang yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi karena kandungan serat yang tinggi sehingga buah ini mampu memperlancar proses pencernaan. Selain itu, buah ini baik dikonsumsi bagi anda yang mengalami susah BAB atau sembelit.
2. Membantu memperlancar peredaran darah
Manfaat pisang yang kedua ini karena kandungan kalium dan potasium yang berada dalam buah ini. Kalium dan potasium menyebabkan peredaran darah menjadi lancar sehigga oksigen mampu diedarkan secara merata hingga ke otak. Selain itu, senyawa kalium juga mampu membantu mengatur denyut jantung, mencegah stroke dan mengatur tekanan darah supaya normal.
3. Sumber tenaga
Kandungan gula pada buah pisang lebih mudah dicerna dan diubah menjadi sumber energi sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang kelelahan. Manfaat buah pisang ini dapat anda peroleh dengan makan buah pisang secara langsung dan tentunya yang sudah masak.
4. Mengurangi nyeri haid
Manfaat buah pisang yang terakhir dikarenakan kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meredakan nyeri haid.

sumber 1

Dilihat dari banyaknya kandungan dalam buah pisang, tentu saja khasiat buah pisang dapat kita dapatkan terutama untuk kesehatan tubuh kita. Dan berikut adalah khasiat buah pisang yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita:
  1. Khasiat buah pisang dapat mengatasi diare dan sembelit, ini karena buah pisang mengandung serat yang dapat membantu fungsi saluran pencernaan. Selain serat, kandungan potasium dalam buah pisang juga sangat baik untuk penderita diare. Buah pisang juga mengandung pektin, pektin adalah salah satu jenis serat yang larut dalam air.
  2. Khasiat buah pisang dapat mencegah anemia, ini karena zat besi yang terkandung dalam buah pisang sangat tinggi. Dan zat besi ini dapat membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.
  3. Khasiat buah pisang dapat mencegah alergi. Tidak seperti makanan lainnya yang mengandung asam amino yang dapat menyebabkan alergi. Buah pisang mengandung asam amino jinak dan dalam banyak kasus asam amino jinak ini tidak menyebabkan alergi.
  4. Khasiat buah pisang dapat mengobati gangguan pada usus. Apabila buah pisang dicampurkan dengan susu cair, maka dapat mengobati penyakit usus dan juga dapat menetralkan asam lambung.
  5. Khasiat buah pisang dapat meningkatkan fungsi ginjal, ini karena buah pisang mengandung potasium dan mempunyai efek baik bagi ginjal. Jadi ketika tubuh kita mendapatkan cukup potasium, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dan urin. Kondisi ini akan membuat ginjal kita tetap berfungsi dengan baik dan juga mengurangi resiko terkena batu ginjal. Buah pisang juga memilki tingkat senyawa antioksidan yang tinggi dan berperan aktif untuk membantu melindungi ginjal.
  6. Khasiat buah pisang dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, ini karena buah pisang adalah sumber kalium yang dapat membantu menjaga tubuh dan keseimbangan elektrolit cairan yang terdapat didalam tubuh dan juga membantu mengontrol tekanan darah, sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke. Penelitian juga menunjukan, bahwa jika kita mengkonsumsi buah pisang secara rutin maka dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke sebesar 40%.
  7. Khasiat buah pisang dapat membantu menambah energi, ini karena buah pisang mengandung fruktosa, glukosa dan sukrosa. Kandungan ini lah yang dapat meningkatkan energi secara instan. Dan ini juga alasan kenapa banyak atlet sering mengkonsumsi buah pisang.
  8. Khasiat buah pisang dapat meningkatkan mood, ini karena buah pisang mengandung tryptophan, salah satu asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin. Serotonin sendiri adalah hormon yang dikenal dapat mengatasi depresi dan meningkatkan mood.
  9. Khasiat buah pisang dapat meningkatkan fungsi otak, ini karena buah pisang mengandung kalium. Dan kalium sendiri adalah sumber yang baik untuk meeningkatkan fungsi otak.
  10. Khasiat buah pisang dapat mebantu memperkuat tulang, ini karena buah pisang mengandung prebiotik yang disebut dengan fructooligosaccharide, dan ini memungkinkan tubuh kita dapat menyerap nutrisi dengan mudah, juga membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga membuat tulang kita tetap kuat. Kandungan potasium dalam buah pisang juga membantu mencegah hilangnya kalsium, dan hal ini dapat membuat kita memiliki resiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.
  11. Khasiat buah pisang dapat menyehatkan penglihatan. Apabila kita mengkonsumsi buah pisang setidaknya tiga buah perhari, maka dapat menurunkan resiko terkena gangguan penglihatan yang berkaitan dengan bertambahnya usia atau degenarasi makula.
sumber 2


hmmm, bermanfaat sekali yaa buah pisang itu.

selain rasanya lezat, pisang juga bisa dibuat berbagai makanan, kolak, puding, cake, dll dsb.

nah, beruntunglah saya menyukai buah ini.
 
:))