Jumat, 14 Oktober 2011

istimewanya hari Jum'at

Diriwayatkan oleh Muslim di dalam kitab shahihnya dari Abi Hurairah dan Hudzaifah radhiallahu anhum berkata:
" Allah subhanahu wata'ala telah merahasiakan hari jum’at terhadap umat sebelum kita, maka orang-orang Yahudi memiliki hari sabtu, orang-orang Nashrani hari ahad, maka Allah subhanahu wata'ala mendatangkan umat ini, lalu Dia menunjukan kita hari jum’at ini, maka Dia menjadikan urutannya menjadi jum’at, sabtu ahad, demikian pula mereka akan mengikuti kita pada hari kiamat, kita adalah umat terakhir di dunia ini namun yang pertama di hari kiamat, yang akan diputuskan perkaranya sebelum makhluk yang lain”.
(Shahih Muslim no: 856 dan diriwayatkan oleh Al-Bukhari dengan maknanya dari Abi Hurairah ra no: 876).


dari Abi Hurairah radhhiyallahu a'nhu bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya pada hari jum’at terdapat satu saat tidaklah seorang muslim mendapatkannya dan dia dalam keadaan berdiri shalat dia meminta kepada Allah suatu kebaikan kecuali Allah memberikannya, dan dia menunjukkan dengan tangannya bahwa saat tersebut sangat sedikit. ( HR. Muslim no: 852 dan Al-Bukhari no: 5294)

hari Jum'at itu istimewa, bahkan dikatakan sebagai hari raya nya umat Islam, diluar hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. nah saya jadi penasaran dan mulai mencari-cari kenapa bisa begitu, dan ternyata hari Jum'at memang istimewa. Adam as. diciptakan hari Jum'at, bumi juga diciptakan hari Jum'at, dan kiamat pun kelak terjadi di hari Jum'at.

dan akhirnya saya sadar juga kenapa hari Jum'at itu hari raya umat Islam, selain karena keberkahan yang ada di hari ini, serta shalat Jum'at yang pahalanya gedeeeee banget *bikin saya iri sama para lelaki* tetapi juga karena hari Jum'at itu jatuh setelah hari Kamis !! *digetok yang buat tanggalan* nah tau kan sunnah Rasul setiap hari Senin dan Kamis? Yup, shaum sunnah. coba deh Idul Fitri setelah puasa Ramadhan sebulan, Idul Adhs setelah puasa hari Arafah. nah loh jadi hari jum'at itu setelah puasa sunnah Senin-Kamis.

Subhanallah, Maha Benar Allah !!

Tidak ada komentar: