Rabu, 10 Agustus 2011

Sebuah Keluhan atau Pengaduan ?

"Bila pada manusia kau berkeluh berkesah, berarti kau adukan Sang Maha Rahiim kepada yang tak punya belas kasih." - Salim A. fillah, NPSP -

Mengeluh. berapa kali dalam sehari kita bisa mengeluh ? berapa banyak katakata keluhan yang keluar dari mulut kita melalui lidah kita ? bisakah kita sehari saja tidak mengeluh dalam menjalani kehidupan kita ? sulit ? iya, memang bagi saya pun begitu. tapi sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan kan ?

bagi saya, setiap katakata yg mencerminkan kelemahan sebagai seorang manusia dihadapan-Nya bukanlah sebuah keluhan tetapi suatu pengaduan, pengaduan kita kepada Rabb Yang Maha Memiliki.

lalu apa bedanya keluhan dan pengaduan ? ya bedalah dari segi tulisannya aja beda *dijitak yang baca*

keluhan itu artinya kita sebenarnya mengadu pada Tuhan kita, akan tetapi ada terselip rasa kecewa pada ketetapan-Nya, meskipun terselip pula rasa sabar di dalamnya, itulah keluhan. sedang pengaduan ? pengaduan adalah sebuah bukti kelemahan kita sebagai seorang hamba, seorang makhluk yang hina dihadapan Tuhan. dalam sebuah pengaduan yang ada hanyalah rasa percaya, yakin, berharap, dan cinta kepada ALLAH. cobageh kalu kita ngadu dengan orang tua apa yang ada dalam pikiran kita ? kita lemah, kita ingin dibela, kita ingin di 'selamatkan' tapi tetap terselip rasa percaya dan berharap kan ? begitulah jika kita mengadu kepada ALLAH. kita lemah dihadapan-Nya maka kita datang mengadu meminta pertolongan, itu jauh lebih baik dibandingkan keluhan yang bahkan jika keluhan tersebut berbalut kesabaran sekalipun.

lebih jelasnya, keluhan itu disampaiakan ke manusia -lewat media apapun, audio atau visual- mungkin agar oranglain mendo'akannya atau ntah sekedar mencari perhatian saja, sedang pengaduan kita menyampaikan ke yang punya kekuatan, kekuasaan yaitu Allah. tidak ada pengaduan selain kepada Rabb yang Maha Besar, itu keluhan, buka mata anda dan perbaiki sikap anda.

jadi berhentilah membuat status facebook, twitter, dan bahkan posting blog yang berisikan keluahan atau bahkan pengaduan. sebab apa ? keluhan artinya kita memiliki rasa kecewa -sekali lagi ditegaskan- meskipun kita membalutnya tetap dengan rasa sabar, contoh :

"hari ini ngeselin banget sih, tapi tetap harus kuat mengahadapi semua ini, yakin akan pertolongan ALLAH"

LOL ! asli, maaf saya pasti ngetawain yang buat status kayak begini, apa coba maksudnya ? dia marahmarah lalu mencoba menyabarkan dirinya ? sabar adalah kondisi pertama yang kita lihat dalam diri orang lain ketika ia tidak mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan keinginannya. meskipun itu sebuah status sekalipun dimata saya orang ini tetap mengeluh dan tidak bisa bersabar sesuai dengan yang dia ucapkan.

ini masalah ? jelas. masalah didalam dirinya. jujur, saya adalah tipe orang yang tidak suka membagi kesusahan dengan orang lain *semoga tidak tertulis riya' didalam buku catatan kehidupan* jadi bagi saya hal tersebut sangatlah aneh. itulah kenapa sebaiknya kita jangan mengeluh dihadapan oranglain, apalagi melalui status jejaring social. hanya akan memperlihatkan bahwa kita orang yang tidak mudah bersyukur.

maka benarlah kata-kata Salim A. Fillah yang saya kutip diawal tulisan ini :

"Bila pada manusia kau berkeluh berkesah, berarti kau adukan Sang Maha Rahiim kepada yang tak punya belas kasih."

Tidak ada komentar: