Minggu, 14 Agustus 2011

hidup ini terlalu singkat

hidup ini terlalu singkat, kalau kita hanya menghabiskannya untuk membenci orang lain.
hal yang paling mudah dilakukan oleh seorang manusia, membenci orang lain. herankah ? padahal sederhana saja, rasa benci bisa muncul kepada siapa saja bahkan kepada orang yang kita cinta. hal sepelepun bisa menjadi pemicu kebencian, bahkan hal yang seharusnya menjadi introspeksi bagi diri kita.

hidup ini terlalu singkat, untuk kita habiskan dengan mencintai dunia.
siapakah yang yakin bahwa kehidupan dunia ini abadi atau selamanya atau everlasting ? kalau ada yang percaya lantas apa yang kalian pelajari dari sebuah kematian ? setiap kita pasti mati, iya kan ? lalu setelah mati apakah perjalanan kita akan berakhir begitu saja didalam timbunan tanah kuburan ? tidak, karena Tuhan kita sudah menjanjikan hari pembalasan. hari dimana kita harus bertanggung jawab untuk semua hal yang telah kita lakukan semasa hidup di dunia. lantas kenapa kita -dan saya- masih juga mencintai dunia ini begitu besar ? seolah-olah kita akan hidup selamanya. mengapa ibadah adalah suatu selingan, bukankah ALLAH sudah berfirman dalam surat Adz Dzariat ayat 56 *silahkan buka Al Qur'an anda*, jadi bukan ibadah yg menjadi selingan melaikan dunia inilah yang menjadi selingan dalam beribadah.


hidup ini terlalu singkat, jika kita tidak memutuskan untuk menjadi orang yang baik.

orang yang baik itu seperti apa ? tergantung pemikiran kita, siapa dan apa yang menjadi takaran kita menentukan seseorang itu baik atau tidak. kalau saya sih menakarnya dengan Rasulullah, terlalu tinggi memang tapi siapakah yang lebih baik dari beliau dikalangan umat manusia baik dahulu maupun sekarang ?

hidup ini terlalu singkat, jika kita tidak pandai menjadi orang yang bersabar dan bersyukur.
inilah hakikat kehidupan sesungguhnya, sabar dan shalat sebagai penolong dan syukur sebagai penghargaan atas kebaikan Tuhan kita kepada kita. sekecil apapun nikmat. kalian tahu, bahkan sesungguhnya nafas kita ini harus dibayar, dengan apa, uang ? hah, kau pikir Tuhan mu itu miskin ? Dia pemilik alam raya. dengan ibadah. dengan bersyukur saat mendapat nikmat, dan tetap bersyukur saat mendapaan cobaan. dengan bersabar saat diuji dan tetap bersabar saat ujian datang dalam bentuk kenikmatan.

hidup memang singkat, tahu-tahu sudah lulus sma, sudah lulus kuliah, sudah tua, sudah mau mati bahkan. terlambat jika ingin menyesal dialam kubur, takkan pernah kita kembali ke dunia ini. ahh dunia memang hanya persinggahan sementara. hidup ini singkat, dunia ini hanya sekejap mata.

Tidak ada komentar: